Parenting - Lifestyle - Crafting

[Tekno] Spesifikasi Handphone Xiaomi Redmi Note 3 yang Cocok untuk Blogging

| on
Thursday, January 12, 2017

Sudah nggak bisa ditawar lagi, untuk menjadi seorang blogger itu diperlukan banget perangkat yang menunjang aktifitasnya. Yang pertama jelaslah, koneksi internet. Karena kalau kita tidak memiliki koneksi internet, aktifitas blogging tidak akan berjalan dengan baik. Apa iya harus memiliki koneksi internet secara eksklusif di rumah? Kalau saya akan menjawab, nggak perlu juga. Kerena kalau sekadar mencari koneksi internet, bisalah mengandalkan warnet atau wifi gratisan yang sudah ada di mana-mana.

Selain koneksi internet, yang dibutuhkan lainnya adalah perangkat keras. Bisa menggunakan PC, laptop atau bahkan menggunakan handphone untuk blogging. Kalau PC dan laptop, sudah biasa kali ya para blogger dengan dua jenis perangkat itu. Alasannya jelaslah, karena lebih nyaman saja blogging dengan layar yang lebih luas dan tekanan yang terasa di ujung jari saat menekan keypad. Tapi, blogger sekarang juga menggunakan handphone-nya untuk blogging. Alasannya, karena mobilitas para blogger yang tinggi dan mereka nggak melulu berada di depan PC atau laptop, meskipun laptop bisa dibawa kemana-mana.

Sedangkan saya sendiri, sejak laptop mulai menunjukkan gejala error setahun belakangan, aktifitas blogging sering saya lakukan dengan menggunakan handphone. Nggak hanya saat nge-draft saja, tapi juga saat edit foto, share tulisan atau blogwalking. Saya pun makin mahir mengetik draft tulisan di handphone meskipun tombolnya seperti nggak terasa tekanannya. Enaknya buat saya, blogging dengan menggunakan handphone itu bisa dilakukan dengan melakukan aktifitas lain. Misalnya nih, pas lagi menyusui Fatin atau saat mengantri di bank atau rumah sakit. 

Yang saya pakai sekarang ini adalah handphone Xiaomi Redmi Note 3, pemberian suami awal tahun 2016 karena handphone saya yang lama sudah sering hang dan baterai mulai drop. Waktu handphone itu sudah digenggaman, dia bilang, "Memorinya sudah besar lho. Sudah nggak gampang hang lagi."

Saya beri bocoran ya kenapa saya sekarang suka banget sama handphone Xiaomi ini dan merekomendasikan untuk membelinya kalau bingung milih-milih handphone yang cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari, termasuk blogging.



1. RAM 3GB
Handphone saya sebelumnya, RAM-nya hanya 1GB saja. Kalau dipakai untuk menginstal aplikasi, terbatas sekali. Pernah sekali waktu, saya instal aplikasi Blogspot dan hasilnya wassalam. Handphone saya malah ngadat dan draft saya ketika itu hilang karena keasyikan ngetik dan belum sempat save. Kalau dengan handphone Xiaomi Redmi Note 3 ini, Alhamdulillah sampai saat ini belum mengalami yang namanya handphone nge-hang. Saya bebas dan leluasa untuk instal aplikasi yang saya inginkan dan yang menunjang aktifitas blogging saya.

Eh tapi tetap nih, prinsip buat saya sendiri sejak handphone yang terdahulu gampang nge-hang. Saya ngga menginstal aplikasi-aplikasi yang sekiranya nggak saya pakai dalam jangka waktu lama. Seperti misalnya aplikasi editing foto untuk mencerahkan wajah, yang mana saya sendiri jarang sekali selfie. Ini ada hubungannya juga sih dengan kemampuan kamera depan Xiaomi Redmi Note 3 yang memberikan fitur beauty. 


2. Kamera Belakang 13 MP
Memang sih, masih menabung juga untuk beli kamera beneran supaya hasil fotonya bisa maksimal, tapi dengan kamera belakang milik Xiaomi Redmi Note 3 sebesar itu, buat saya cukuplah. Hasil kameranya tajam, warnanya juga imbang dengan kontras yang kuat dan ngga gampang ngeblur. Kalau ingin diedit, nggak perlu banyak-banyak. Paling hanya menaik turunkan kecerahan saja. Sebagai tambahan, saya usahakan sekali saat mengambil foto, benar-benar ngga goyang dan saya aktifkan fitur line gridnya.


3. Layar 5,5 inci Didukung dengan Papan Keypad yang Lebar
Haish, jangan ketawa dulu ya. Beneran lho, papan keypad ini yang lebar ini berguna banget nget nget saat ngedraft pakai handphone. Karena ternyata ngga semua handphone memiliki papan keypad yang lebar meskipun layar handphone-nya lebar. Saya ngga tau, apa ini memang setting-an dari pabriknya atau bagaimana tapi saya bersyukur sekali Xiaomi Redmi Note 3 memiliki kelebihan yang satu ini, yang mana kelebihan ini ngga bisa diketahui saat box-nya masih disegel.


4. USB OTG
Enaknya USB OTG ini karena saya bisa menyimpan copy-an draft saya langsung ke flash disk tanpa harus memindahkan ke laptop terlebih dahulu. Seperti di awal cerita saya, kalau laptop saya itu sudah mulai error karena butuh loading lama saat dipakai dan usianya sudah lebih dari lima tahun. Dengan kondisi laptop seperti itu, nggak praktis sekali kalau ingin memindahkan draft postingan atau menyimpan copy-annya. Saya tinggal siapkan flash disk khusus (yang juga OTG) yang memang saya pakai untuk menyimpan semua draft blogging. Sesekali saat benar-benar longgar, barulah saya copy juga data yang ada di flash disk OTG ke laptop. Dengan begitu, saya punya dua copy-an untuk tulisan saya.


5. Memori Internal 32 GB
Memori sebesar itu berguna sekali untuk menyimpan hasil apa saja yang saya perlukan dalam blogging. Untuk saya, ada dua keuntungan, yaitu diperlukan untuk menyimpan foto atau video dan menyimpan data bawaan dari aplikasi-aplikasi yang saya instal. Karena ukuran kamera belakang yang besar, byte yang dihasilkan juga ikutan besar. Otomatislah, butuh tempat penyimpanan yang banyak juga kan? Dengan 32 GB, cukup besar juga untuk menyimpan ribuan foto. Tapi tetap ya, rajin-rajinlah mem-back up foto-foto yang ada di memori handphone supaya nggak menyesal pas fotonya mendadak hilang.

Jaman sekarang nih, blogger nggak melulu mengutak-atik yang namanya blog saja, tapi juga media sosial. Memori yang besar ini, bisa dipakai untuk menyimpan data bawaan saat saya memakai media sosial itu. Semakin banyak media sosial yang saya instal, otomatis akan semakin banyak data bawaan yang tersimpan di memori internal. Hanya saja, tips dari saya supaya memori internal tidak lekas penuh adalah rajin-rajinlah menghapus data-data yang sekiranya sudah tidak diperlukan.



Aktifitas blogging sekarang memang sifatnya lebih fleksibel, karena makin menjamurnya gadget yang mendukung. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan bisa menggunakam gadget itu dengan tepat. Dengan spesifikasi handphone Xiaomi Redmi Note 3 ini, sudah menjadi kelebihan tersendiri untuk para blogger memilih handphone ini sebagai salah satu perangkat untuk menunjang aktifitas blogging.
15 comments on "[Tekno] Spesifikasi Handphone Xiaomi Redmi Note 3 yang Cocok untuk Blogging"
  1. Saya pake yg Reno 3 Pro. Lumayan ngirit utk harga sesuai spesifikasi dikelasnya

    ReplyDelete
  2. ada nama Note nya, itu ternyata nggak ada stylus nya ya? kayak SG note ?

    btw, pengen tau hasil fotonya nih pake xiaomi, katanya kok hasilnya sadis

    ReplyDelete
  3. Layar 5,5 inch,lumyan buat ngetik mbak Ria. Selma ini beum memanfaatkan smartphone secara maksimal karena kelemahan saya, Typooooo, parah typoo nya. Nunggu, jemari agak langsing

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka banget sama hp dari Xiaomi mbak, cuma Xiaomi Redmi 3 ku layarnya kurang tajam. Rencana mau beli Redmi Note 3 eh kebetulan pas baca postinganmu mbak. :)

    ReplyDelete
  5. Udh lihat punya temen, memang pas banget buat blogging layarnya dan pegangan gripnya pas. Duhh pengen deh beli ini

    ReplyDelete
  6. Xiaomi, suamiku yang pke mbak.. Tapi masih yang seri sebelumnya. Kameranya bagus. Aku pake merk lain.. Spec kameranya sama, tapi hasilnya bagusan punya xiaomi

    ReplyDelete
  7. Enak buat ngedrakor ya mbak rohma?

    *Tebar racun

    ReplyDelete
  8. makin banyak ponsel yang canggih semakin kita bingung ya, makash sharingnya

    ReplyDelete
  9. Rajin2lah menghapus data,makasih zuh dah diingetin hehe

    ReplyDelete
  10. Mbak Riaa, maafkan, saya hampir ngikik di bagian ini:

    aya ngga menginstal aplikasi-aplikasi yang sekiranya nggak saya pakai dalam jangka waktu lama. Seperti misalnya aplikasi editing foto untuk mencerahkan wajah, yang mana saya sendiri jarang sekali selfie.

    Aish ... Mbak Ria, sempat2nya ngelawak :D

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai Xiaomi dan jatuh cinta dengan produk ini, recommended banget buat Blogger

    ReplyDelete
  12. Aku juga pake hp xiaomi redmi note tapi yang 2, sayangnya batre nya lbh cepat habis.. Untuk kualitas kamera emang top.. Aku bikin video di youtube juga pake hp xiaomi.. Karena belum ada dana untuk beli kamera..hehehe nice review dan salam kenal..^^

    Www.beautyskill.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  13. Kebetulan sedang mempertimbangkan ganti hp ni mba

    makasi ya sharingnya :)

    ReplyDelete
  14. Diapa-apain masih nyaman ngeblog pakai leptop. Baruu urusan foto-foto lebih nyaman pakai HP. Jepret, edit, upload, pakai kamera agak ruwet.. :D

    ReplyDelete
  15. makin banyak aja hp yang speknya gahar tapi kalau buat ngeblog si saya tetep pilih pakai pc atau laptop karena lebih nyaman ngetiknya pakai keyboard

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature