Parenting - Lifestyle - Crafting

Mudahnya Transfer Dan Belanja Dengan Menggunakan ATM Jaringan Prima

| on
Tuesday, December 27, 2016

Kemudahan bertransaksi, tentu itu yang sekarang dicari oleh calon nasabah saat akan memilihemilih di manakah dia menyimpan uangnya untuk ditabung. Ditambah lagi, calon nasabah biasanya akan mencari bonus-bonus tambahan seperti syarat yang mudah saat membuka rekening, pelayanan yang memuaskan, potongan bulanan yang rendah dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan saya saat memilih untuk menyimpan uang saya di bank. Dulu, saya ngga begitu paham cara memilih bank yang tepat, asal iya saja saat disuruh membuka rekening baru. Oleh bagian administrasi di tempat saya bekerja, saya disuruh membuka rekening di salah satu bank swasta yang sudah ditentukan supaya memudahkan koordinasi saat gaji atau bonus turun dari pemerintah pusat untuk GTT (Guru Tidak Tetap). Meskipun sampai sekarang masih belum saya tutup rekening itu, saya tetap membutuhkan bank lain untuk menyimpan tabungan yang berasal dari sumber lain.

Apalagi kalau bukan dari blogging dan crafting.

Sengaja memang, saya sendirikan pemasukan dan pengeluaran khusus untuk kegiatan blogging dan crafting. Bukannya kenapa atau sok gaya-gayaan biar dibilang punya rekening di berbagai bank, tapi lebih karena memudahkan untuk monitoring saja. Kan enak gitu ya kalau dilihat catatan keuangannya, berapa saja uang yang tersimpan untuk menabung, uang keluar untuk keperluan sehari-hari atau untuk keperluan blogging dan crafting. Lebih tertata rapi. 

Sama saja dibilangnya saya ini melakukan keuangan untuk urusan bisnis, di mana uang pribadi tidak tercampur dengan uang bisnis.

Karena saya bilangnya ini adalah ‘keuangan bisnis’, tentunya saya akhirnya memilih bank yang mana transaksinya mudah dan jelas report-nya. Seperti yang saya bilang di awal tadi, kemudahan itu bisa dilihat dari berbagai macam hal. Sedangkan kejelasan report itu bisa didapat saat nasabah mengecek saldo dan transaksinya, tertera jelas arah uang yang masuk itu dari dan ke mana. Terutama saat mengecek report-nya secara online.

Bank yang saya percaya mudah dalam bertransaksi dan saya gunakan untuk keluar masuknya keuangan bisnis saya adalah BCA. Belum lama kok saya punya rekening BCA. Itupun awalnya karena terelu-elu dengan promosi kalau BCA memiliki program baru yang dinamakan dengan Tabungan Xpresi, yang mana nasabah hanya diberi sebuah kartu debit yang bisa digunakan sebagai ATM dengan tampilan yang sesuai dengan kepribadian saya, tanpa perlu menyimpan buku tabungan. Sedangkan semua report bisa dicek langsung melalui internet banking.

Dan FYI, sekarang BCA sudah tergabung dalam merupakan Bank Peserta Jaringan PRIMA. Olala, malah enak lagi. Transaksi di mana saja, malah lebih mudah. Apalagi sekedar urusan transfer melalui ATM atau berbelanja kebutuhan sehari-hari. Yang mana kecepatan, kemudahan, dan kenyamanan menjadi alasan nasabah memilih transfer melalui ATM.

Kalau dulu, yang saya tahu adalah kalau kita memiliki rekening di BCA, segala transaksi haruslah dilakukan di ATM BCA. Atau, kalau kita ingin berbelanja, kita harus tanya dulu apakah toko tersebut memiliki mesin EDC khusus untuk BCA. Tapi sekarang nggak lagi. Apalagi kalau bukan karena adanya Jaringan Prima yang ternyata sudah bekerja sama dengan BCA selama kurang lebih 15 tahun.

Jaringan ATM PRIMA sendiri merupakan layanan switching ATM/Debet yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera dan beroperasi sejak Agustus 2000. Pada tahun 2005, PT Rintis Sejahtera melakukan perubahan logo ATM/Debit BCA yang selanjutnya berubah menjadi PRIMA/PRIMA Debit. Sekarang, sudah memiliki anggota sebanyak 60 bank, dengan jumlah jaringan ATM lebih dari 93.000 ATM. Informasi bank peserta PRIMA dapat dilihat di website www.jaringanprima.com 


Berkat Jaringan PRIMA ini, nasabah BCA dapat menggunakan seluruh ATM berlogo PRIMA begitu pula sebaliknya bagi nasabah Bank Peserta PRIMA lainnya dapat menggunakan ATM BCA. Prosesnya pun secara Realtime Online. Artinya, dana yang nasabah transfer langsung sampai saat itu juga. Contohnya saja saat saya melakukan transaksi berupa transfer setelah memesan desain kartu nama dan desain header blog. Karena urusannya adalah tentang blogging, maka saya bertransaksinya menggunakan kartu debit Tahapan Xpresi BCA. Karena ATM yang dekat dengan rumah itu bukanlah ATM BCA melainkan ATM berlogo PRIMA, jadi ya saya transfernya menggunakan mesin ATM itu. 

Selain penggunaannya di mesin ATM, Jaringan PRIMA ini juga menawarkan kemudahan saat berbelanja dengan menggunakan kartu debit. Jaringan PRIMA yang didukung oleh layanan PRIMA Debit memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja bagi seluruh nasabah bank yang menjadi pesertasemua kartu debet yang berlogo PRIMA Debit. Kemudahan belanja dapat dilakukan, melalui dilebih dari 380.000 terminal EDC yang tersebar di berbagai merchant berlogo PRIMA Debit/Debit BCA di Indonesia. Artinya, selain menerima kartu ATM BCA, EDC BCA juga menerima semua ATM bank lain yang mencantumkan logo PRIMA. Begitu pula sebaliknya. Keunggulan lainnya bagi kita sebagai nasabah adalah tidak
dikenakannya biaya oleh merchant (merchant diskon rate = 0%).



Nggak perlu lagi kita bingung tidak membawa uang cash kalau misalnya ada keperluan mendadak yang harus segera dibeli. Tinggal masuk saja ke toko yang menyediakan EDC berlogo PRIMA Debit/Debit BCA. Kenyamanan layanan PRIMA yang satu ini berguna sekali buat saya sebagai pengatur urusan rumah tangga yang harus berbelanja macam-macam kebutuhan yang sifatnya mendadak. Nggak ada lagi ceritanya saya bingung ke mesin ATM untuk tarik tunai sebelum berbelanja. Tinggal gesek saja, beres.

Melihat begitu mudahnya menggunakan Debit BCA yang didukung oleh jaringan PRIMA saat transfer ataupun saat berbelanja, membuat mobilitas saya menjadi lebih efisien dan lebih menghemat waktu. Saya sebagai nasabah pun merasakan kenyamanan yang ditawarkan. 

17 comments on "Mudahnya Transfer Dan Belanja Dengan Menggunakan ATM Jaringan Prima"
  1. saya selama ini selalu menggunakan ATM dlm melakukan transaksi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga. Hihihi.. daripada bawa cash banyak-banyak

      Delete
  2. Gak ada rugina emang transaksi dengan atm prima BCA .^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. segalanya terasa mudah dan nyaman

      Delete
  3. Hidup sekarang bener2 dipermudah ya zuh,g perlu bawa atau simpan uang banyak kl mau jalan2 n shopping,main gesek aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi juga kudu direm sih, Is. Kalau ga gitu, sama aja boong. Bablas angine. Haha

      Delete
  4. Wah, saya baru tau kalau BCA sudah masuk ke jaringan PRIMA. Asyik dong bisa belanja kapanpun di minimarket yang kebanyakan di kota saya ada logo Jaringan PRIMA-nya. Maksih infonya, kak. Eh, tapi untuk minimal belanja berapa ya, kak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung merchan-nya. Ada yg tanpa batas, jd belanja berapapun bisa pakai ATM. Atau, ada juga yg ngasih minimul pembelian 20ribu atau 50ribu.

      Delete
  5. Ngga harus ATM bersama karena jaringan prima pun banyak. Masih ingat dulu BCA belum berteman dengan transfer antar bank memang bikin ribet...sekarang sih udah banyak juga bank yang juga tergabung dengan ATM prima. Makin mudah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp, sekarang udah dipermudah sm BCA. Saya sukaaa sekali :)

      Delete
  6. Saya pengguna BCA dan dari pengalaman, Bank BCA ini termasuk yang paling komplit kalau urusan payment. Seperti bayar cicilan tertentu yang di bank lain gak ada, di BCA malah bisa. Jadi saya gak perlu ngantri lagi di kasir tempat penyedia cicilan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. ini tambahan dari Ipeh.
      Aku termasuk baru pakai BCA, tp skrg gak menyesal pakai BCA

      Delete
  7. Ini udah lama atau baru2 ya mba?
    dulu pernah belanja di salah satu toko & cuma ada edc bca terus kasirnya bilang cuma bisa buat bca :( akhirnya sy bayar tunai aja karena ga punya bca
    Tapi bulan agustus kemaren sy belanja di toko lain & dia juga cuma edc bca tapi bisa gesek pakai kartu kredit mega.

    Udah nemuin 2 toko yg bilang edc bca ga bisa buat gesek selain kartu debit/kredit bca, padahal di toko lain saya lancar2 aja gesek pakai cc mega di edc bca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru, Mas. Tapi ya ga baru-baru amat sih. Mmg ada bebeeapa toko yg pegawainya ngga ngerti kalau bisa transaksi seperti ini dg EDC dr bank lain. Hehe

      Delete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature