Rabu, 20 Juli 2016

Berkenalan Dengan Jenis-Jenis Reksa Dana Panin

Sudah mulai berfikir untuk berinvestasi? Alhamdulillah, saya dan suami sudah mulai memikirkan investasi yang cocok untuk kami. Kemarin-kemarin sih, kami mikirnya masih senang-senang aja, gaji buat beli ini itu, mumpung masih tinggal serumah sama orang tua. Meskipun memang, dana menabung untuk kami berdua dan dua anak kami, sudah disiapkan tiap kami berdua menerima gaji.

Karena bagi kami berdua, menabung di bank itu bukanlah salah satu bentuk investasi, akhirnya kami sempat cari-cari informasi apa saja yang termasuk investasi yang aman untuk masa depan. Salah satunya adalah investasi reksa dana. Apa itu? Yuk, simak dulu.



Sekarang, reksa dana sudah menjadi investasi yang paling diminati. Pernyataan ini pernah tercatat dalam pesta reksa dana beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa pada awal tahun 2016 sudah tercatat sekita 250 ribu investor reksa dana dan akan meningkat menjadi 5 juta investor pada tahun depan. Ngga heran, kalau reksa dana disebut sebagai salah satu jenis investasi yang dminati. 

Selain itu, ada beberapa alasan reksa dana diminati banyak orang. Salah satunya adalah reksa dana bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa menuntut biaya besar. Belum lagi cara pendaftaran yang mudah dan pembayaran dana yang praktis. Serta hal-hal yang akan sangat menguntungkan bagi para investor. 

Sampai saat ini sudah banyak perusahan reksa dana dan salah satunya adalah Panin Asset Management. Panin AM merupakan perusahan reksa dana di mana perusahaan ini bergerak dalam bidang perantara pedagang efek dan penjamin efek. Intinya adalah sebuah perusahan reksa dana yang menyediakan banyak jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan para investor.


Reksa dana Panin sendiri memiliki lebih dari 15 jenis, akan tetapi ada 3 jenis reksa dana Panin yang cukup populer dan memiliki keuntungan masing-masing di setiap jenis, yaitu: 

1. Panin Dana Maksima
Panin dana maksima memperoleh pertumbuhan nilai investasi jangka panjang dan penempatan dana dalam bentuk efek ekuitas dan pasar uang. Sampai saat ini Panin Dana Maksima memiliki banyak perhargaan karena kredibilitasnya terhadap nasabah. Selain itu, Panin Dana Maksima sudah menjadi reksa dana saham terbaik sejak tahun 2002.


2. Panin Dana Ultima 
Panin Dana Ultima merupakan jenis reksa dana dengan prospek investasi jangka panjang. Mungkin bisa juga disebut sebagai reksa dana saham sebab 80% dana akan dialokasikan di instrumen investasi saham. Keuntungan dan resiko di Panin Dana Ultima akan sama besar sesuai dengan efek sifat saham. 


3. Panin Dana Syariah Saham 
Bagi kita yang Muslim dan ingin berinvestasi reksa dana tanpa takut dengan riba, kita dapat memilih Panin Dana Syariah Saham. Panin Dana Syariah Saham memperoleh pertumbuhan nilai investasi jangka panjang yang optimal melalui efek Syariah. Selain itu, penempatan dan pembagian hasil disesuaikan dengan prinsip-prinsip Syariah Islam. 


Sudah paham dengan jenis-jenis reksa dana dari Panin AM bukan? Trus, sudah menetukan jenis investasi mana yang cocok belum? Tampaknya, bereksa dana di Panin AM cukup mudah. Apalagi bisa melakukan pendaftran via online dan melakukan pembayaran dana setiap bulan melalui mesin ATM atau auto debit.

2 komentar:

  1. Ngomongin reksa dana aku keinget kemarin abis nutup polis asuransiku hahaha sakit atiii boook, mana temen sendiri yg jadi agennya.
    Knapaaa gk dari dulj kenal.reksa dana, ishhh.

    BalasHapus
  2. Aku sama suami tadinya bingung Mba mau investasi apa. Terus pada suatu ketika *halah* orangtua nelpon kalau ada tentangga nawarin sawah. Mereka cerita keuntungan kalau invest di sawah. Selain harganya yang terus naik, kita juga bisa menikmati hasil panennya. Akhirnya bismillah deh. Mulai nyicil beli sawah dikit2 :D

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^