Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

3 Produk Skincare Untuk Menjaga Kulit Tampak Awet Muda

| on
Minggu, September 19, 2021
Skincare untuk awet muda

Udah masuk usia 30 tahun, semakin sadar ya kan pentingnya skincare buat jaga kelembapan kulit demi elastisitas yang tidak memudar. Karena dengan begitu, kulit tampak awet muda.

Salah satu cara yang selalu ingin saya coba adalah pakai retinol. Salah satu manfaat retinol adalah meregenerasi kulit sehingga kulit tampak seperti remaja. Tapi setelah mencari tahu manfaat dan efek samping dari retinol, saya jadi ragu untuk memasukkan retinol ke dalam skincare harian.

Lalu, banyak yang menyarankan untuk menggunakan bakuchiol, karena kabarnya bakuchiol memiliki manfaat yang sama dengan retinol, tapi tidak menimbulkan efek samping yang besar ke kulit.

Apa benar seperti itu? Hm, lesgooo yuk bahas 3 produk skincare untuk menjaga kulit tampak awet muda yang sudah saya coba beberapa waktu lalu ^____^

Serum bakuchiol

BAKUCHIOL UNTUK WAJAH TAMPAK AWET MUDA


Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum


Bakuchiol serum dari Somethinc menjadi pilihan karena saya sudah pernah merasakan hyaluronic serum yang memang bagus banget untuk jaga kelembapan kulit wajah. Bakuchiol serum ini termasuk dalam oil serum, yang mana ketika dipakai akan membuat wajah kita tampak berminyak dan terkesan berat di wajah.

Dikemas dalam botol kaca berwarna kuning cerah dengan tutup pipet berwarna putih, sengaja dijadikan daya tarik pertama. Apalagi dipadukan dengan keterangan produk yang lengkap di stiker yang menempel rapi di kemasannya. Dengan begitu, pemakai serum ini lebih mudah membaca kandungan dan manfaatnya tanpa perlu menyimpan kardusnya.

Dari banyak referensi yang saya baca, ada beberapa manfaat bakuchiol, yaitu :
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membuat wajah tampak awet muda
  • Memudarkan bintik hitam
  • Mencegah munculnya keriput dan garis halus
  • Meratakan warna kulit wajah


Manfaat Bakuchiol

Review Setelah Menggunakan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum


Cara menggunakan serum bakuchiol ini adalah dengan meneteskan 3-4 tetes serum di wajah pada malam hari. Saya sengaja hanya menggunakan pada malam hari saja, karena hasil akhirnya oily di wajah. Kalau dimasukkan dalam slot skincare pagi, agak tricky pemakaiannya saat ditimpa dengan skincare lain dan make up.

Dari awal saat saya memutuskan untuk menggunakan bakuchiol, saya sering diingatkan oleh teman rumpian skincare untuk mencari pelembab yang cocok. Karena beberapa review mengatakan kalau bakuchiol bisa membuat kulit kering. Saya iyakan saja, karena pelembab yang saya pakai selama ini, menurut saya pasti bisa men-cover masalah kulit kering ini nanti.

Ternyata, pelembap yang saya pakai saat itu, kurang nampol. Sedih sekali, karena serum ini benar-benar buat wajah saya kering dan ada beberapa spot yang mengelupas kulitnya. Awalnya saya pikir ini efek awal seperti berapa review teman-teman yang menggunakan retinol. Tapi saya tunggu sampai dua minggu, efek kering dan mengelupas ini masih terus berlanjut.

Akhirnya saya hentikan penggunaan serum ini. Dan untuk mengembalikan kondisi kulit, saya menggunakan Snail Truecica Miracle Repair Serum dari Some By Mi. Saya menggunakan tunggal, tanpa saya timpa dengan serum lain. Alhamdulillah, dalam jangka waktu sekitar dua minggu kulit saya kembali halus dan terasa lembab lagi. Review lengkapnya, bisa kalian baca di sini ya!

Tapi rasa penasaran dengan hasil bakuchiol itu masih ada. Belajar dari pengalaman, akhirnya saya mencari skincare lain dengan bahan yang fungsinya :
  • untuk menjaga kelembaban wajah sebelum saya menggunakan bakuchiol
  • mengunci kelembaban wajah setelah menggunakan bakuchiol.

Dua produk dengan dua tujuan yang berbeda. Produk apa yang saya pilih? Cuzzz baca terus ya!


True to Skin Hyaluronic Acid


HYALURONIC ACID UNTUK MENJAGA KELEMBABAN KULIT WAJAH


True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum


Saya memilih menggunakan hyaluronic acid yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit lebih sehat. Saya memilih True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum karena selain mengandung hyaluronic acid, serum ini juga mengandung vitamin B5 yang bisa menenangkan dan melembutkan kulit, juga mengandung allantoin yang bisa melindungi kondisi skin barrier.

Sebetulnya, saya sudah pernah menggunakan Somethinc Hyaluronic B5 dan hasilnya bagus sekali di wajah. Tapi untuk mengimbangi penggunaan bakuchiol, saya memilih True to Skin karena ada kandungan allantonin yang bisa saya jadikan senjata untuk menjaga kondisi skin barrier saya yang sudah sehat setelah diperbaiki dengan Snail Truecica Miracle Repair Serum dari Some By Mi.


Serum True to Skin

Review Setelah Menggunakan True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum


Sebelum menggunakan bakuchiol, saya menggunakan serum hyaluronic acid ini terlebih dahulu. Karena water based, saya menggunakan True to Skin sebanyak 3-4 tetes untuk diratakan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa menit supaya serum menyerap ke dalam kulit, baru setelahnya menggunakan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

Selama menggunakan True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum ini, saya merasa kulit saya lebih siap untuk ditimpa bakuchiol karena kulit saya sudah berada dalam kondisi lembab dan sehat. Kondisi kulit yang sehat ini membuat saya enggak ragu untuk menggunakan bakuchiol setiap hari. Seolah sudah menemukan senjata utama sebelum kulit saya terpapar bakuchiol.

Penggunaan hydrating serum ini setiap hari, pada saat pagi dan malam hari. Sebenarnya dipakai malam saja sudah cukup, tapi karena ruang kerja saya ber-AC, pemakaian serum ini sangat berguna sekali membantu supaya kulit saya tetap lembab.

Jadi, saya dapat dua manfaat dari True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum ini. Manfaat yang pertama untuk mengimbangi penggunaan bakuchiol, dan yang kedua untuk menjaga kelembaban kulit.


Mouisturizer Dear Me Beauty


CENTELLA UNTUK MEMPERLAMBAT TANDA PENUAAN PADA WAJAH


Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream


Di awal saya cerita kalau pelembab yang saya pakai selama ini ternyata tidak bisa membantu mengatasi kulit kering setelah menggunakan bakuchiol. Jadi, mau tidak mau saya harus mencari pelembab lain yang bisa mengunci kelembaban kulit.

Pilihan saya jatuh di Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. Setelah membaca detail produk dan kandungan yang ada di dalam pelembab ini, saya merasa bahwa pilihan saya tepat. Karena produk ini mengandung hyaluronic acid dan beberapa bahan dasar yang mampu mengimbangi penggunaan bakuchiol.

Selain hyaluronic acid, dalam satu pot pelembab ini mengandung :
  • centella yang bermanfaat untuk mencegah peradangan kulit dan memperlambat tanda penuaan pada wajah
  • ceramide yang bermanfaat untuk mengunci kelembaban kulit, serta menguatkan fungsi pada permukaan kulit
  • watermelon extract yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, paparan UV dan hal lain yang menyebabkan stres pada kulit yang disebabkan oleh kondisi lingkungan
  • adenosine yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, menjaga elastitas kulit sehingga bisa mengurangi garis kerutan di wajah
  • niacinamide yang bermanfaat sebagai anti oksidan yang sangat kuat

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream


Review Setelah Menggunakan Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream


Pelembab ini dikemas dalam sebuah pot berwarna merah dengan berat 30 gram, dan disediakan spatula untuk menjaga supaya pelembab ini tetap bersih dari bakteri yang ada di jari kita. Saya tinggal mencoleknya sedikit dengan spatula, kemudian meletakkan di punggung tangan dan secepatnya saya ratakan di wajah.

Karena water based, pelembab ini cepat terserap di dalam wajah dan tidak menimbulkan kesan oily sama sekali. Yang bikin saya senang, wajah saya terasa dingin sehingga menimbulkan perasaan rileks. Setelah saya ingat-ingat, pantas saja saya merasakan dingin menangkan di wajah karena ada kandungan adenosine-nya.

Dan Alhamdulillah, pelembab ini benar-benar efektif untuk mengunci kelembaban kulit setelah menggunakan bakuchiol. Sama sekali tidak ada efek samping saat menggunakan pelembab ini. Yang ada malah saya merasa kalau kulit terasa semakin lembab dan lebih kenyal. Sesuka itu saya sama pelembab ini!


MENJAGA KULIT TAMPAK AWET MUDA


Ternyata, memasukkan bakuchiol ke dalam skincare harian itu tidak semudah yang dibicarakan orang-orang. Saya harus merasakan kulit yang sangat kering dan mengelupas dahulu setelah menggunakan bahan ini. Setelah menemukan langkah-langkah menggunakan bakuchiol yang tepat, akhirnya saya merasakan manfaat bahan ini.

Untuk menjaga kulit tampak awet muda, langkahnya adalah :
  1. Gunakan terlebih dahulu serum yang memiliki manfaat melembabkan kulit. Salah satunya adalah serum dengan bahan utama hyaluronic acid
  2. Lalu gunakan bakuchiol
  3. Lalu pakai pelembab yang fungsinya mengunci kelembaban kulit

Dalam rangkaian skincare ini, saya menggunakan True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum terlebih dahulu, lalu menggunakan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum, dan tahap akhir saya menggunakan Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream.

Hasilnya, saya suka sekali. Klaim ketiga bahan ini benar-benar menunjukkan hasil yang bikin hati bahagia dan rasanya pengen terus-terusan menowel-nowel wajah sendiri saking kenyalnya.
32 komentar on "3 Produk Skincare Untuk Menjaga Kulit Tampak Awet Muda"
  1. Banyak juga urutan produknya ya Mbak. Tapi untuk perawatan kecantikan,memang harus. Aku baru tahu kalau ada urutannya. Baru tahu juga pelembab bisa buat mengunci serum. Nice info.

    BalasHapus
  2. aku maunya juga begini. tetapi yang malam suka skip karena keburu ngantuk. hehehehe... fotonya cantik2, deh.

    BalasHapus
  3. Kayaknya aku ga bisa deh pake bakuchiol ini kalo harus mencari pelembab yg extra. Soalnya kalo pake toner atau pelembab yg ada kandungan hyaluronic acid dipastikan kulitku breakout mba, secara alergi Ama HA . Blaaasss ga bisa :(.

    Produk2 somethinc ini yg aku pake dan cocok baru yg salmon dna dan youth elixir. Eh sama sunscreen ya yg baru :D. Memang ya kalo ngeliat produk2 mereka lgs kayak laper mata, banyaaak bgt . Tapi alergi terhadap bbrp bahan tertentu, bikin aku bisa mengontrol diri jadinya biar ga kalap nyobain semua hahahah

    BalasHapus
  4. Aku pake juga loh yg bakuchiol, cepet banget terlihat hasilnya, jadi jatuh cinta banget

    BalasHapus
  5. Menjaga kulit itu sangat penting tidak hanya untuk perempuan tapi laki-laki juga sangat penting. Sejauh ini saya belum pernah juga menggunakan serum paling pembersih wajah. Biar glowing begitu deh hihihih

    BalasHapus
  6. Memang kudu membaca dengan teliti kalau menggunakan produk skincare ya mba. Niat awal untuk merawat kulit, jika kurang cocok justru jadi bermasalah. Retinol bagi sebagian orang cocok, yang lain enggak. Ternyata bakuchiol juga sama ya. Etapi, skincare emang cocok-cocok an sih ya.

    BalasHapus
  7. Emang ya makin bertambah usia perawatan mesti makin pas. Beberapa kali aku nyoba juga belum nemu yang pas. Ragu-ragu juga ya kalau pakai serum tuh. Takut salah malah jadi boomerang ya.

    BalasHapus
  8. Bahan hyaluronic acid memang bagus untuk skin care kak. Lagi nyari rangkaian skin care yang bagus. Semoga bisa mencoba

    BalasHapus
  9. Uwwh....cakep banget Ria reviewnya.
    Sejujurnya, aku gak paham bahan aktif dari sebuah skincare. Yang aku yakini selama ini hanya penggunaan untuk range usia, maka fixed aku beli.
    Dan rata-rata tau laa...aku belinya Natrep, hahaha...karena dapet PC NCT.
    Ini alesan absurd banget.

    Tapi aku jatuh cinta dengan penjelasan produk Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. Ini mirip produk inceranku yang diiklanin sama lead female Red Sky, Ri..
    Lebih memperbaiki ke barier kulit dulu.

    BalasHapus
  10. somethinc ini salah satu produk skincare yang banyak direkomendasiin sama beauty blogger dan influencer nih, udah dari kapan tau sih pengen nyobain juga, pas banget nih skincareku sudah pada mau habis, jadi markicob, mari kita coba

    BalasHapus
  11. Kulitku sensitif maka masih maju mundur pakai bakuchiol ke dalam skincare harian.
    Itu dia khawatirku kulit jadi kering dan mengelupas setelahnya.
    Mesti diperhatikan ini langkah-langkah menggunakan bakuchiol yang tepat, biar manfaatnya dapat.

    BalasHapus
  12. banyak ingredients bagus yang dipakai dalam produk ini ya mba. Aku tapi belum pernah coba langsung sih

    BalasHapus
  13. Memang harus rajin-rajin mencari informasi mengenai kandungan kosmetik yang akan kita gunakan ya Mbak. Salah-salah bukan kulit remaja yang didapat tapi kulit bermasalah. Untung lah ya sekarang sudah dapat produk yang sesuai

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah nyoba yg bakuchiol nih mba. Somethinc ada yg varian lain 😁 Duh dambaan banget klo kenyal2 gitu kan hihi. Aku ada coba2 serum juga. Tapi emang cocok2an ya di kulit. Noted listnyaa ini...

    BalasHapus
  15. Aku tertarik sama reviewnya Dear Me Beauty water cream ini. Packagingnya cukup eye catching, gemezzz. And kandungannya jg pas nih buat suamiku yg kulit kering.
    Masuk wishlist aku nih buat bulan depan.
    Tfa mba :)

    BalasHapus
  16. Harus t ahu persis kebutuhankulit ya.
    Kalau kebutuhannya untuk menjaga kelembaban wajah maka cocoknya menggunakan yang ada bakuchiol-nya.

    BalasHapus
  17. Harus aku catet nih. Aku baru aja nyobain serum Somethinc ma, beda sih sama yang di sini, tapi rencananya aku akan ganti ke serum salmon DNA karena memang mau fokus di anti aging.

    BalasHapus
  18. Kalau tahapan pakai skincarenya bener, hasilnya juga akan maksimal ya, Mbak. Bahagia banget deh kalau muka itu kenyal, lembut dan halus. Bener, pengen nowel-nowel terus.

    BalasHapus
  19. Ternyata nggak gampang juga ya mbak mencoba memakai bakuchiol untuk mengganti skincare yang biasa di pakai, bikin kulit kering bahkan ngelupas. untung segera nemu pelembab buat mengimbanginya ya

    BalasHapus
  20. Iya nih dengan True to Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum dari DEAR ME ini nyata banget perubahan kulit wajahnya!

    BalasHapus
  21. Bahan centella ini lagi hits ya, aku baca beberapa review Blogger soal skincare pake bahan ini. Kayaknya bagusnya, akun pun mulai keracunan serum nih, hehehe

    BalasHapus
  22. Mau bilang kalau fotonya keren banget, Ri..
    Tampak dramatically strogest impression.
    Ternyata memang sebagus itu efeknya di kulit yaa, Ri..

    Skincare yang aku pake tuh kadang tidak menunjukkan tanda-tanda perubahan yang dramatis. Jadi aku jarang repurchased. Senengnya berpetualang dari satu merk ke merk lain.

    BalasHapus
  23. Kepingin coba Juga deh mba...Bakuchiol serum dari Somethinc yg jadi pilihan karena bnyak org krn hyaluronic serum yang memang bagus banget..

    BalasHapus
  24. wah iya, klo mau kulit nampak lebih muda, emang harus dirawat dgn rangkaian produk skincare yg tepat ya mbak
    aku juga mulai rutin pakai serum

    BalasHapus
  25. Bakuchiol tuh oil serum tapi kok malah bikin kulit kering ya mbaaa... pengin nyobain juga tapi takut, soalnya tipe kulitku ini termasuk yang supeeerr kering gitu.

    BalasHapus
  26. Aduuuh, racun. Aku lemah Kalo liat skincare. Apalagi dengan serumnya. Jadi kepengen nyoba. Mana claimnya bikin menggoda. Penasaraaaan 🤭

    BalasHapus
  27. wah saya belum nyoba semua produk di atas nih. tapi ada teman yang pakai true to skin dan dia juga cocok banget sama produknya.

    BalasHapus
  28. Aku tuh masih bingung urutannya kalau pakai skinker saking banyaknya sekarang hihi yang Dear Me kayaknya enak di wajah ya bikin lembut dan dingin kulitnya

    BalasHapus
  29. Saya jarang mendapatkan produk pelembab yang menyediakan spatula, jadinya jari deh yang mencolek-colek pelembabnya. Bagus deh, kalau begini jadi produk scinkare kita tetap aman, sehat dan terjaga kebersihannya.

    BalasHapus
  30. Banyak banget ya macam serum mbak, saya belum pernah memakai ketiga produk ini. karena prinsip saya kalau udah cocok sama satu serum ya bakal balik lagi alias repuchase. sesetia itu sama produk hehe tapi saya penasaran sama si dear me beuty water cream nih

    BalasHapus
  31. Ini brand baru ya mba, saya baru nih baca reviewnya. Produknya udah ada ya di Dandan atau marketplace

    BalasHapus
  32. untuk awet muda memang butuh perawtn ekstra ya. Saya juga pemakai dan penyuka serum. Tapi belum pernah nyoba skin care yang direview di artikel ini. Pernah sih memakai skin care yang ada Hyaluronic acidnya. Efek melembabkannya memang sangat terasa

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature