Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

Cara Meningkatkan Kualitas SDM Karyawan Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

| on
Rabu, September 01, 2021
Pelatihan Karyawan

Sebagai seorang guru Bimbingan Konseling, saya paham betul, bahwa setiap manusia memiliki keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimilikinya. Poin ini, selalu saya tanamkan ke siswa-siswa saya sejak mereka pertama kali masuk ke lingkungan sekolah dimana saya mengajar.

Kenapa begitu?
Pemikirannya sederhana. Bahwa di zaman sekarang, yang bersaing bukan hanya antar perusahaan saja, tapi juga karyawannya.

Untuk sebuah perusahaan yang stabil, mereka membutuhkan sumber daya manusia yang memahami keinginan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain. Di sinilah dibutuhkan SDM yang berkualitas dan mampu memahami perkembangan zaman dengan cepat.

Sedangkan untuk karyawan, dibutuhkan keahlian yang mampu ‘dijual’ di pasaran, yang mana keahlian ini diharapkan bisa menjadi nilai plus untuk bisa bersaing dengan yang lainnya.

Melihat persaingan yang semakin ketat antara perusahaan satu dengan perusahaan lain atau karyawan satu dengan karyawan lainnya, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan sebuah perusahaan. Tujuannya, supaya perusahaan memiliki SDM untuk meningkatkan ilmu pengetahuan pun perlu dilakukan yang bisa dikatakan baik kualitasnya. Ke depannya, dengan SDM yang berkualitas, maka perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan dan mempertahankan keberlangsungan bisnisnya.

Workshop Pegawai


Sebenarnya, bukan hanya karyawan-karyawan yang ada di perusahaan saja yang membutuhkan pelatihan. Para siswa dan mahasiswa, para pencari kerja, wirausahawan, bahkan pekerja-pekerja di bidang jasa seperti saya pun, juga membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Tapi, paragraf ini sebenarnya hanya uneg-uneg pribadi saja.

Kembali lagi pada pembahasan sebuah perusahaan dan kebutuhan akan SDM yang berkualitas.

Pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum juga mereda menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM secara offline atau tatap muka. Pembatasan interaksi antar individu secara langsung serta adanya pengetatan untuk mengadakan acara dengan jumlah peserta dengan skala besar, menjadi salah satu kendalanya.

Saya jadi ingat, saat awal-awal pandemi di tahun 2020 kemarin, seorang teman gagal ikut pelatihan secara offline karena korona sudah masuk ke Indonesia dan segala kegiatan offline dibatasi oleh pemerintah. Kegiatan dibatalkan dan uang pendaftaran di-refund sebagian karena penyelenggara belum menemukan formula yang tepat untuk menggantikan pelatihan offline saat itu.

Ah, itu cerita dari seorang teman yang kala itu dia sedang mencari pekerjaan dan ingin meningkatkan kemampuannya supaya menjadi nilai plus.

Lantas untuk sebuah perusahaan, bagaimana langkah yang tepat supaya tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM yang sudah ada?

Pelatihan online


Pelatihan online adalah jawaban atas pertanyaan di atas. Pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital. Apalagi, jaman semakin berkembang. Dukungan teknologi memudahkan setiap individu atau kelompok untuk melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung,

Saya rasa, kalian pernah mendengar Learning Management System (LMS). Sekarang, LMS menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.

Salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah Ruangkerja by Ruangguru.

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.


ruangkerja


Apalagi Ruangkerja menggunakan teknologi mobile learning, yang mana menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel. Jadi, para peserta bisa melaksanakan pelatihan di mana saja dan kapan saja, terutama saat karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Apakah pelatihan online dengan LSM ini efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh Ruangkerja lho! Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan menjalani pelatihan dan belajar hal-hal baru secara terstruktur dan sistematis, sehingga mereka tidak kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Sistem pelatihan seperti ini tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Pelatihan Ruangkerja


Kemudian terdapat pula yang namanya fitur learning plan untuk karyawan. Fitur ini didesain untuk memberikan materi sesuai dengan kebutuhan karyawan. Fitur ini memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan untuk karyawannya secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan saat pelatihan berlangsung, pada aplikasi Ruangkerja, desain dibuat dengan baik agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Hal ini juga untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan bagi peserta pelatihan.

Selain yang sudah tertulis di atas, ada pula hal menarik lainnya dari salah satu fitur yang diberikan oleh Ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Sederhananya, Ruangkerja membuat sebuah forum diskusi yang dapat dimanfaatkan oleh para peserta. Tujuannya, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Melalui fitur ini juga, peserta juga dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari.

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar.

Salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa Ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Teknisnya, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan, setelah peserta menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah dilaksanakan. Setelah semua proses pelatihan dijalani dengan baik, mereka akan dapat sertifikat. Semua itu bisa dikontrol dengan baik tanpa perlu khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.

Sertifikat Pelatihan


LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Mengapa demikian? Karena para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop. Seperti yang sudah disebutkan di awal, sehingga peserta bisa mengakses materi dimana dan kapan pun mereka mau.

Lalu bagaimana terkait harga? Apakah Ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan?

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud Ruangkerja, akan menghemat investasi hingga milyaran rupiah dibandingkan perusahaan membangun sistem cloud sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat yaitu hanya membutuhkan waktu 2 minggu saja untuk dapat go live. Ditambah lagi adanya SSL Security sehingga konten dan data perusahaan akan aman dan terlindungi di cloud Ruangkerja.

Melihat kelebihan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Ruangkerja, inilah saatnya membantu para karyawan kalian untuk tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan proses pelatihan karyawan melalui Ruangkerja, perusahaan kalian akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju untuk bersaing dengan perusahaan lain, dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.
1 komentar on "Cara Meningkatkan Kualitas SDM Karyawan Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan"
  1. ruang guru sekarang gak hanya buat anak sekolah karena sekarang juga ada ruang kerja yang bisa membantu anak sekolah untuk kerja setelah lulus keren sih

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature