Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

5 Cara Mengajarkan Anak Menjadi Pemberani

| on
Kamis, Oktober 07, 2021
5 Cara Mengajarkan Anak Menjadi Pemberani - Seperti yang kita lihat, tantangan yang dihadapi oleh anak-anak generasi Alpha nantinya tidak semudah yang kita pikirkan. Sudah tidak bisa lagi dibandingkan dengan tantangan yang kita (sebagai orang tua) hadapi sekarang. Jamannya sudah berubah, tantangannya juga sudah berubah.

Saya pribadi melihat, tantangan mereka bukan lagi berhubungan dengan fisik, tapi lebih pada mental. Contohnya, semakin kompleksnya jenis bully, persaingan masuk dunia sekolah dan kerja, konflik sosial yang melibatkan teknologi, dan masih banyak lagi. Sehingga tantangan yang diberikan bukan lagi bersinggungan dengan kesehatan fisik, tapi lebih kompleks, yaitu kesehatan mental yang bisa berpengaruh besar pada kesehatan fisik.

Karakter generasi alpha

Tapi satu yang pasti, menjadi pemberani adalah salah satu karakter yang harus ditanamkan pada generasi Alpha jika ingin mereka berhasil menghadapi tantangan-tantangan dalam hidupnya. Hanya saja, untuk menjadi pribadi yang berani, mereka juga perlu diajak untuk melibatkan karakter lainnya, seperti kemandirian, mahir dalam penggunaan teknologi, dan kemahiran mengatur ambisi.

Kembali pada bagaimana mengajarkan anak menjadi pemberani nih. Ada beberapa cara untuk menanamkan sikap pemberani pada generasi Alpha, check this out, Bapak Ibu!


Hadapkan Anak Pada Tantangan


Sikap pemberani akan tampak pada diri anak saat orang-orang di sekitar dia memberikan sebuah tantangan yang harus dia pecahkan atau lalui. Namun, tidak serta-merta kita memberikan tantangan yang sama rata antara satu anak dengan anak yang lainnya. Karena kita harus melihat pula usia dan kemampuan mereka.

Ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan saat memberikan tantangan pada anak, yaitu :
  • Memberi tantangan pada anak tetap memperhatikan usianya
  • Tingkat kesulitan sebuah tantangan melihat kemampuan anak, dan tidak dapat dibandingkan antara anak satu dengan lainnya
  • Beri tantangan yang menyenangkan dan tidak membuat anak jenuh
  • Beri motivasi pada anak sebelum memulai untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh orang tua
  • Beri tantangan yang bervariasi sehingga kemampuan anak bisa semakin terasah

Melatih anak pemberani


Beri Pelukan dan Pujian Pada Anak


Untuk meningkatkan semangat anak dalam menyelesaikan tantangan yang sudah kita berikan, kita harus memberikan reward kepada anak. Mengapa? Karena pemberian reward akan membuat anak merasa dihargai atas usaha yang sudah dia lakukan. Selain itu, reward bisa sebagai penanda bahwa kita sebagai orang tua sangatlah sayang padanya.

Reward paling sederhana yang bisa diberikan kepada anak adalah pelukan dan pujian. Ada baiknya, kita membiasakan pada anak untuk tidak selalu diberi reward berupa materi. Mulailah dengan memberikan pelukan yang erat dan pujian yang bernilai positif, dibarengi dengan senyuman selepas anak menyelesaikan tantangan yang kita berikan.

Karakter anak


Beri Feedback Positif Pada Anak


Tidak hanya memberikan tantangan saja pada anak, kita sebagai orang tua haruslah memberikan feedback positif kepada mereka. Dengan memberikan feedback yang baik, akan terjadi recall kejadian apa saja yang mereka alami, sehingga kita dengan mudah bisa memberikan kritik dan saran yang bersifat positif kepada mereka.

Selain itu, dengan adanya feedback yang baik, akan ada ruang diskusi yang menyenangkan antara orang tua dan anak. Diskusi yang sehat akan membentuk kemampuan menyampaikan pendapat dengan sopan pada diri anak.

Pemberian feedback positif ini, bisa dengan menanyakan proses penyelesaian tantangan serta sejauh mana progress yang sudah mereka selesaikan. Pancing terus mereka dengan kalimat tanya yang tidak ribet tapi mampu memancing anak untuk mau bercerita sedetail mungkin. Tentunya, jangan lupa dibarengi dengan ekspresi wajah yang ceria supaya kita tidak terlalu dianggap sebagai orang tua yang kepo dengan kegiatan anak.

Karakter Hoala & Koala


Tetap Memotivasi Anak Saat Gagal Menyelesaikan Sebuah Tantangan


Tidak semua anak bisa menyelesaikan semua tantangan yang diberikan oleh orang tuanya, meskipun tantangan yang diberikan oleh orang tuanya sudah melihat usia dan tingkat kemampuan anak. Beberapa anak akan mengalami kegagalan, dan beberapa anak akan mengalami kekecewaan karena merasa tidak berguna. Pada saat seperti ini, orang tua juga memiliki peran yang penting lho.

Tetap beri anak pelukan dan kalimat positif, bahwa dia sudah melakukan yang terbaik yang bisa dia lakukan. Dan sampaikan kepadanya, bahwa tidak apa-apa gagal menyelesaikan tantangan yang diberikan padanya. Tapi, juga motivasi anak untuk kembali bangkit menyelesaikan tantangan berikutnya dan bantu anak untuk memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan tantangan yang belum terselesaikan tersebut, atau untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya.

Saat anak bisa melewati fase ini, tanpa mereka sadari, kita juga mengajarkan anak menjadi pemberani.


Hoala & Koala

Motivasi Anak dengan Tayangan Positif


Memberi motivasi pada anak, bisa juga dengan memberikan tayangan-tayangan yang bersifat positif dan memberikan dampak yang baik bagi tumbuh kembang anak. Berhubung generasi Alpha sangat dekat sekali dengan teknologi, kita sebagai orang tua bisa memanfaatkannya untuk tujuan mengajarkan anak menjadi pemberani. Salah satunya, adalah melalui lagu anak-anak.

Lagu anak yang ceria, kalimat yang mudah dicerna, serta tampilan grafis yang menarik, tentu akan sangat membantu anak untuk memunculkan motivasi internal mereka. Dengan bantuan YouTube, orang tua bisa memilih lagu-lagu apa saja yang cocok untuk ditonton dan didengarkan oleh anak. Salah satu channel YouTube yang menayangkan lagu-lagu anak yang saya rekomendasikan adalah Hoala & Koala.

Ada lebih dari 45 lagu anak yang bisa ditonton oleh anak dengan tetap didampingi oleh orang tua. Selain banyaknya lagu yang ditawarkan oleh Hoala & Koala, ada juga beberapa karakter yang bisa mengajak anak-anak kita untuk ikut bernyanyi, seperti tokoh Hoala, Koala, Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan beberapa karakter lainnya. Dengan begitu, anak akan semangat ikut bernyanyi karena karaternya ada banyak dan variatif.

Lagu Hoala dan Koala


Saya juga memberi tahu channel Hoala & Koala ini ke Fatin dan Arya. Meskipun usia Arya sudah 9 tahun, tapi dia antusias melihat video-video yang ada di channel ini. Alhamdulillah, kedua anak saya ini belum terpapar lagu-lagu kekinian yang sering wira-wiri di media sosial atau YouTube. Jadi saat saya memberikan tontonan yang sesuai dengan umur mereka, mereka masih antusian menonton. Beberapa lagu anak di channel Hoala & Koala yang bisa membantu pembetukan karakter anak menjadi lebih berani adalah Terus Belajar, Naik Delman, Lagu Anak Kuman Hoala Koala, dan Kembali Bersekolah. Selain lagu-lagu ini, ada banyak lagu lain yang bisa menjadi pilihan orang tua untuk membentuk karakter lain generasi Alpha.
28 komentar on "5 Cara Mengajarkan Anak Menjadi Pemberani"
  1. Ikutan seneng dengan hadirnya Hoala & Koala ini, sekarang anak kecil aja tontonannya kadang tontonan orang gede
    Adanya hoala & koala juga jadi hiburan buat anak anak dengan tayangan yang positif

    BalasHapus
  2. Wah si kecil keren banget bisa manjat gitu, Panji wanita ini mah. Nah, ini hoala koala emang cocok buat si kecil

    BalasHapus
  3. Memberikan anak pujian, pelukan setelah berhasil menyelesaikan tantangan, aku juga yakin berefek positif ke mereka, untuk bisa lebih percaya diri menghadapi tantangan lainnya :). Walo kadang aku memang lebih srg juga kasih reward materi, tapi itu khusus utk tantangan yg memang besar kok. Supaya makin semangat.

    Lagu2 di hoala koala ini fav anak2ku juga mba. Sejak tahu kalo di YT sekarang ada lagi2 anak yg bagus, aku wajib-in anakku yg TK tiap pagi nonton ini :). Dan karena lagu2nya bagus, dia seneng, dan ga pake ngeluh.

    BalasHapus
  4. Betul banget maak, mulai kecil sudah kita filter dulu tontonan anak supaya anak tidak ikut2an hal negatif. Jadi keinget anak2 masih kecil dulu saya suka download film2 maupun lagu yang memgandung unsur edukatif.

    BalasHapus
  5. Betul mbak, memberikan reward kepada anak2 kita itu harus, apapun bentuknya. Bisa dengan pujian atau pelukan. Nah senangnya zaman now ada Hoala Koala yang memberikan anak2 hiburan edukatif, lagu2nya beneran lagu anak2 bukan ala dewasa. Jadi kita sebagai orangtua juga lebih tenang ya.

    BalasHapus
  6. Senangnya ada banyak pilihan di Hoala & Koala yang bisa menjadi pilihan orang tua untuk membentuk karakter lain generasi Alpha.Yang akan membantu orangtua menanamkan nilai kebaikan pada anak termasuk mengajarkan anak keberanian

    BalasHapus
  7. Pokoke tut wuri handayani ama bu guruuuuu :D
    Karena mendidik anak jaman now super duper challenging ya mba
    ortu memang kudu bijak, kreatif dan memanfaatkan hal2 baik utk didik anak

    BalasHapus
  8. Setuju banget mba. Latih anak keberanian ama disertai dengan kemandirian dan skill yang lain ya. Ini akan membantu anak semakin berani dan percaya diri kalau dia bisa ya. Dan jangan lupa dikasih apresiasi juga ya seperti pelukan dan kata kata yang positif

    BalasHapus
  9. Waah, seru nih ada referensi baru untuk tontonan anak. Berbicara soal pemberani, menurut saya penting juga buat orangtuanya agar berani melepas anak anak juga, karena kadang anak udah mau nyoba ortu masih khawatir aja

    BalasHapus
  10. Zaman dulu kalau anaka gak bisa ya diomelin. Sekarang karena tahu itu gak ngenalin, sama Keponakan juga bikin sesuatu supaya dia lebih berani. Motivasi dan pujian tuh emang penting ya. Dan karena sekarang serba teknologi, belajar dari video juga bisa kaya di Hoala Koala ini

    BalasHapus
  11. Anak harus timbul rasa percaya dirinya supaya menjadi pemberani. Dan katanya sih anak yang percaya diri memang tidak mudah dibully. Setuju dengan semua poin membuat anak jadi pemberani

    BalasHapus
  12. Memberikan pujian dan pelukan itu memang dampaknya bagus sekali untuk anak. Mereka jadi merasa nyaman dan biasanya mudah untuk diarahkan selanjutnya.
    Untungnya sekarang ada Hoala Koala yang bisa bantu orang tua dalam mendidik anak ya...

    BalasHapus
  13. Benar ma, tingkat bully sekarang makin kompleks yan, dan entah kadang anak2 ni belajarnya dari mana. Saya seahri, bahkan hampir puluhan kali memberikan ucapan pujian dna pelukan buat anak, kadang sesama anak aja mereka juga saling bully, hahaha. Meski cuma omongan, si kakak komen ke adeknya atau sebaliknya

    BalasHapus
  14. Reward sederhana tapi bikin anak bahagia setelah menyelesaikan tantangan itu salah satunya pelukan dan pujian ya, apalagi setelah di puji ekspresi anak sumringah, bahagia kita sebagai orangtua lihatnya juga lega, terharu gitu.

    BalasHapus
  15. Thank you mbak sharingnya. Anakku alhamdulillah yang pertama sudah berani, tapi udah mulai malu malu nih hihihi udah masuk usia sekolah. Jadi tips ini bagus banget, apalagi yang bagian feedback positif.

    BalasHapus
  16. Ini ponakanku umur 1 tahun tiap hari dititip di rumah karena ibunya kerja, terus anaknya selalu anteng kalau dikasih tontonan lagu-lagu di Youtube. Boleh nih besok aku cobain dia liat Hoala & Koala.

    BalasHapus
  17. Ini tayangan yang edukatif. Adanya hoala & koala jadi hiburan nih buat anak anak dengan tayangan yang positif.

    BalasHapus
  18. Jadi ingat waktu anak-anak masih kecil sedikit pemalu, aku cari cara mengajarkan anak jadi pemberani, eh pas ada acara rajaban, aku kasih tantang buat naik ke panggung baca surat pendek. Alhamdulillah bisa juga, akhirnya sekarang makin berani juga.

    BalasHapus
  19. Anakku ngajakin sepupu-sepupunya buat nonton hoala & koala ini. dan sekarang mereka semua suka nonton bareng sambil niruin nyanyinya. seneng deh ada konten yang mendidik seperti ini

    BalasHapus
  20. Jadi catatan banget mba tips nya. Pas banget ponakan ku baru aja sekolah tatap muka tapi tiap hari nangis kalau mau sekolah karena takut nggak mau jauh-jauh dari mamanya. Kemungkinan ini karena kelamaan di rumah jadi begitu ketemu orang dan teman-temannya jadi nggak nyaman :(

    BalasHapus
  21. wah mbak, tontotanan anaknya samaan nih tontonannya dengan Saki. Suka banget dia hola koala. benar mbak mengajarkan anak pemberani salah satunya dengan tayangan positif ya mbak, efektif juga membuat anak menjadi pemberani

    BalasHapus
  22. Wah, senangnya..
    Ada channel khusus anak-anak.
    Sungguh membantu sekali bagi ananda untuk belajar banyak hal. Mengapresiasi setiap keberhasilan anak ini adalah hal yang harus menjadi sebuah kebiasaan dari orangtua, agar semakin bertumbuh kepercayaan dirinya.

    BalasHapus
  23. Pernah sekali waktu aku ditegur karena memuji anak karena saya puji anaknya, bukan perbuatannya. Hahaha. Kalau ingat aku masih agak gimana gitu soalnya pas ditegur di tempat umum.

    BalasHapus
  24. Seneng banget sama Koala aku mba. Dulu itu jadi temen main anak aku loh. Apalagu kalo ke anak anak ya mbak. Kita justru lebih seringnya harus membuat dia besar hatinya dengan menanamkan rasa percaya diri ny

    BalasHapus
  25. Aku baru tahu ada youtube channel ini. Hehehe.. Tapi mengajarkan anak untuk berani itu emang PR yaa.. Dulu anakku juga penakut dan pemalu. Tapi, pelan2 dengan melakukan beberapa hal yang udah disebutin di atas, lama2 dia jadi lebih berani. Emang pasti ada prosesnya kok..

    BalasHapus
  26. Bener mbak, lewat lagu akan lebih mudah menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak juga. Tayangan yang nenghibur tapi edukatif hoala koala ini..

    BalasHapus
  27. Setuju semua point mbak terutama point ke2. Pelukan dan kata2 positif itu wajib jangan terlewat pokoknya

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature