Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

Bergabung Dalam SEO MOMS COMMUNITY, Sebuah Upaya Menebar Manfaat

| on
Sabtu, Oktober 30, 2021
SEO Moms Community merupakan sebuah wadah belajar SEO secara gratis dan mudah yang diprakarsai oleh M. Sahlan (selanjutnya saya akan menyebut Bank Q) sebagai foundernya. Berawal dari Bank Q yang ingin mengamalkan ilmu yang dia miliki secara otodidak kepada orang lain, sebagai wujud baktinya pada Ibunda, Mudiyah binti Sanggaran.

SEO Moms Community


Blogger perempuan Indonesia menjadi pilihan target pengamalan ilmu yang Bank Q miliki. Tujuan blogger Pontianak ini adalah supaya para blogger perempuan mampu mengelola blog yang dimiliki dengan struktur tulisan yang mampu dibaca oleh mesin pencari. Saya membacanya, Bank Q melihat potensi yang besar pada blogger perempuan untuk lebih banyak menebar manfaat melalui tulisan-tulisan mereka. Saat tulisan mereka terbaca dengan baik oleh mesin pencari, maka kebaikan-kebaikan ini akan semakin meluas.

SEO Moms Community (SEMOC) sendiri resmi berdiri sejak 25 Januari 2020, dan sudah memiliki lima grup wilayah utama untuk memudahkan koordinasi anggota sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Setiap wilayah memiliki satu koordinator, yang bertanggung jawab saat ada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan SEO dan dunia kepenulisan di blog.


Belajar SEO bersama SEO Moms Community


Sebagai blogger lawas yang progres blognya begitu-begitu saja, sedikit banyak saya mengikuti perkembangan di dunia blog. Dengan dalih memiliki pekerjaan utama di dunia nyata, masih jarang artikel yang saya sisipi SEO. Bagi saya, kalau ingin menulis, ya tinggal tulis saja. Itu lebih baik daripada tidak menulis sama sekali.

Tapi, semakin ke sini, saya merasa bahwa saya perlu memberi tahu ke orang lain apa saja yang sudah saya praktekkan. Dengan harapan, orang lain yang membaca tulisan saya bisa mengambil manfaatnya. Dan untuk bisa menjaring pembaca, tentu butuh tulisan itu terbaca oleh mesin pencari. Itulah mengapa, saya akhirnya memutuskan untuk belajar SEO bersama SEO Moms Community dan blogger perempuan Indonesia lainnya.

Dan Bang Q pernah berkata, bahwa melalui SEO Moms Community, kita akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan InsyaAllah mudah untuk dipraktekkan.

Ada dua ilmu besar SEO yang kami pelajari di sini, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Yang mana kami belajar dua ilmu besar ini dengan cara memahami dan mempraktekkan ilmu SEO berdasarkan pedoman webmaster dari Google.


Pengalaman Belajar di SEO Moms Community


Saat saya memutuskan untuk bergabung dalam SEO Moms Community, saya tidak memiliki ekspektasi yang tinggi. Previlage yang tinggi bagi saya sebenarnya untuk belajar tentang SEO di sela-sela aktifitas saya mengajar di sekolah dan aktifitas lainnya. Alhamdulillah, sejauh beberapa minggu saya belajar SEO bersama Bang Q dan SEO Moms Community, saya merasakan beberapa hal yang menarik. Apa saja? Check this out ya! Semoga menarik perhatian kalian untuk nanti mau belajar bersama Bang Q.


Penyampaian Materi SEO Yang Mudah Dipahami


Jika kalian menganggap setiap hari kami belajar melalui aplikasi untuk meeting, kalian salah besar. Kami hanya belajar melalui grup Whatsapp. Namun, materi yang disampaikan oleh Bang Q sangatlah mudah dipahami bagi kami para blogger perempuan Indonesia.

Cara penyampaian Bang Q yang tidak berbelit-belit, on the point, dan menggunakan bahasa sederhana, sangatlah memudahkan kami untuk memahami pengertian dari SEO, sejarah SEO, dan seluk beluk SEO.

Sesekali, Bang Q dan admin mengajak kami melakukan meeting melalui Zoom. Karena ada beberapa materi yang memang tidak bisa hanya disampaikan di grup Whatsapp saja. Perlu praktek secara langsung supaya kami paham. Melalui Zoom juga, Bang Q akan membantu kami melalui kesulitan-kesulitan dengan menampilkan langsung blog kami dan memberikan arahan supaya kami tidak bingung.


Bisa Belajar SEO Kapan Saja


Di awal pembelajaran, admin SEO Moms Community memberikan kami pilihan kapan kami belajar. Di grup saya, kami setuju untuk belajar selepas makan siang. Sekitar pukul satu siang.

Tetapi, namanya saja kami memiliki banyak kesibukan di dunia nyata yang juga harus kami kejar, seringkali materi baru dibaca saat kami lebih santai. Saya saja, baru bisa membaca materinya sore hari, dan merangkum dalam satu buku khusus malam harinya. Sengaja saya sediakan buku khusus supaya saya mudah membaca ulang dan tidak bingung dengan hanya mengandalkan scrolling materi yang ada di grup.


Mempraktekkan Ilmu SEO Secara Langsung


Saya adalah orang dengan tipe belajar yang langsung dipraktekkan. Dan cara belajar seperti ini, saya temukan di SEO Moms Community. Selain menjelaskan materi SEO dengan cara yang mudah dipahami, beliau juga menjelaskan langsung dengan contohnya, kemudian mempersilakan kami untuk langsung mempraktekkannya pada hari itu juga. Bagi saya, cara belajar seperti ini benar-benar memudahkan.

Selain mempraktekkan ilmu SEO secara langsung, Bang Q juga memberikan tugas-tugas khusus sebagai penilaian keseriusan kami untuk mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Tentunya, ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kami para blogger perempuan Indonesia untuk mengasah kemampuan setelah mendapatkan materi.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature