Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Perhatikan 3 Hal Berikut Saat Menyiapkan Kamar Tidur Untuk Anak

| on
Saturday, December 05, 2020
Kamar Tidur Anak


Beberapa hari yang lalu, Fatin, anak kedua saya yang berusia empat tahun, menanyakan perihal keinginannya untuk punya kamar sendiri. Sepertinya, dia ingin memiliki kamar sendiri karena melihat Arya yang bebas meletakkan apapun di kamarnya.

Arya yang usianya sudah sembilan tahun, memang sejak usia tujuh tahun sudah menempati kamarnya sendiri. Tidur di kamar berukuran 3x3 meter dan kasur berukuran 160x120 cm, Alhamdulillah dia merasa nyaman karena dia bebas meletakkan mainan kesayangan dia di dalam lemari. Ditambah lagi, masih banyak space kosong yang bisa dia pakai untuk bermain dengan adik dan sepupu-sepupunya.

Fatin iri. Tapi bagi saya tidak masalah. Karena saya dan suami sudah menduga kalau momen ini akan datang. Hanya saja, kami tidak menduga datangnya secepat ini, dikala usia Fatin masih empat tahun.

Karena Fatin sudah bertanya perihal kepemilikan kamar sendiri, saya dan suami jadi menimang-nimang apakah perlu diberi kamar sendiri secepat itu? Dan andaikan direalisaikan, apa saja yang akan kami pertimbangkan saat memberi kamar sendiri untuk Fatin?

Setelah membaca beberapa sumber dan bertukar pikiran dengan beberapa teman yang memiliki anak dengan usia lebih besar daripada Arya dan Fatin, akhirnya saya dan suami menimbang beberapa hal yang perlu dipikirkan saat akan memberi kamar sendiri untuk anak-anak:


Perhatikan Usia Masing-Masing Anak


Ada beberapa acuan saat mempersiapkan anak untuk tidur di kamar yang terpisah dengan orang tua. Usia anak adalah salah satu yang berhubungan dengan kesiapan anak untuk berpisah dengan orang tua.

Dalam tumbuh kembang anak, kehadiran orang tua itu penting. Tetapi, orang tua juga harus mempersiapkan anak untuk berpisah dengan orang tua. Karena ke depannya, anak akan menjalankan kehidupannya sendiri sebagai bentuk kemandirian.

Kemandirian Anak

Salah satu cara untuk melatih kemandirian sejak dini adalah melatih anak untuk tidur di kamar yang terpisah dengan orang tua. Namun, tidak serta merta anak dilepas begitu saja untuk tidur sendiri, tapi melalui beberapa proses yang tentunya akan berbeda antara satu anak dengan anak yang lain.

Arya saja, yang usianya sudah sembilan tahun, tidak serta merta siap untuk tidur sendiri. Sebelum tidur, dia minta ditemani dulu sampai dia terlelap. Sebenarnya, momen seperti ini adalah salah satu cara supaya bonding kami lebih kuat, karena sering kali kami bercerita dulu sebelum tidur dan saya menyisipkan beberapa nasehat atau cerita.

Tapi melihat usia dia yang sekarang sudah semakin besar, saya dan suami lagi-lagi menyusun strategi supaya dia benar-benar siap untuk tidur di kamarnya sendiri dengan proses yang lebih sempurna dan tanpa baper berkepanjangan.

Sedangkan untuk Fatin, kami masih belum menyusun strategi apa-apa. Selain kamarnya belum siap, kami juga belajar dari proses ‘tidur sendiri’ yang Arya alami. Intinya, kami masih mencari cara supaya Fatin betul-betul siap menjalani proses ‘perpisahan’ ini.


Pisahkan Kamar Anak Laki dan Perempuan


Sebagai orang tua, memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan harus dipikirkan baik-baik. Ada beberapa alasan mengapa orang tua memberikan kamar yang berbeda untuk anak-anaknya yang berbeda jenis kelamin, yaitu:
  • Setiap anak membutuhkan ruang privasi sendiri-sendiri
  • Melatih anak untuk hidup mandiri
  • Menghindarkan anak dari kejadian yang bersifat agresif dalam hal seksualitas 

Beri Anak Kebebasan Menyampaikan Keinginan


Meskipun kamar untuk anak kita yang menyediakan, ada baiknya orang tua mendengarkan keinginan anak untuk ‘mengisi’ kamarnya. Ada beberapa hal yang akan dipelajari anak saat menyampaikan pendapatnya, yaitu:
  • Anak berlatih untuk menyampaikan ide dan pendapatnya dengan cara yang baik
  • Anak berlatih untuk menggambarkan secara lisan apa saja keinginan dan imajinasinya 
  • Anak belajar bernegosiasi dengan orang tua tentang apakah keinginannya itu dipenuhi atau tidak 
  • Anak belajar menerima penolakan andaikan orang tua tidak menyetujui keinginannya 

Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan Saat Mendesain Kamar


Supaya anak semangat menjalani proses pindah ke kamarnya sendiri, orang tua juga perlu memikirkan desain yang menarik untuk kamar anak. Biasanya, desain kamar anak laki-laki dan perempuan itu berbeda. Anak perempuan cenderung suka warna-warna yang cerah, sedangkan anak laki-laki cenderung menyukai warna-warna yang lebih gelap.

Salah satu pendukung kesukaan anak dalam menata kamarnya adalah cat tembok. Karena nantinya si anak akan banyak menghabiskan waktu di kamarnya sendiri, orang tua perlu memilih cat tembok yang aman untuk anak.

Untuk rencana mengecat ulang tembok kamar Arya yang sudah mulai memudar warnanya, juga mengecat kamar Fatin jika nanti dia benar-benar mulai dilatih untuk tidur sendiri, saya dan suami memilih cat tembok Avian Brand dengan Produk Cat Seri Disney.

Avian Seri Disney


Avian Brand Produk Cat Seri Disney


Mengetahui kalau Avian Brand mengeluarkan #ProdukCatDisney, malah membuat saya bersemangat karena memikirkan bagaimana nantinya anak-anak akan ikutan semangat karena cat tembok yang nantinya akan dipakai, mengeluarkan seri Disney.

Karena mereka berdua suka sekali dengan karakter-karakter dan cerita-cerita dari Disney!

Saat mencari tahu perihal cat yang cocok untuk anak, saya tertarik dengan Produk Cat seri Disney ini karena menggambarkan banyak hal baik dalam produknya. Yang mana, hal baik ini ternyata bisa mendukung kesehatan dan kreatifitas anak.


Keunggulan Produk Cat Seri Disney dari Avian Brand


Keunggulan yang saya lihat dari Produk Cat Seri Disney dari Avian Brand adalah produk ini berusaha memberikan perlindungan maksimal pada anak dan bayi, karena berusaha menghadirkan produk yang aman bagi mereka. 

Produk Cat Seri Disney


Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk ini adalah:
  • Memiliki warna-warna yang menarik dan cocok dengan selera anak-anak
  • Semua produk Cat Seri Disney merupakan produk yang ramah lingkungan 
  • Aman digunakan oleh keluarga di rumah karena tidak mengandung zat berbahaya ( tanpa merkuri, formaldehyde) 
  • Kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang sangat rendah 
  • Seluruh produk Cat Seri Disney memiliki sertifikat Green Label Singapore 

Varian Produk Cat Seri Disney dari Avian Brand


Untuk terus menjaga kesehatan dan mendukung kreatifitas anak, Produk Cat Seri Disney memiliki beberapa varian yang bisa dipilih saat mendesain kamar anak. Apa saja varian dan keunggulannya? Check this out, Parents

Cat Tembok Interior Avitex 4Kids

Cat Tembok Interior Avitex 4Kids

Varian dari Avian Brand ini, memiliki 170 warna yang bisa dipilih oleh orang tua saat ingin menghadirkan suasana yang cerah, ceria serta menyenangkan di dalam kamar anak.

Yang membuat saya tertarik untuk nanti menggunakan varian ini adalah, cat interior ini dilengkapi dengan formula anti bakteri, anti jamur, anti lumut dan mampu menutup ketidaksempurnaan saat proses mengecat dimulai. Keunggulan ini membuat saya tenang karena tetap menjaga kamar anak supaya tetap bersih dan sehat. 

Cat Tembok Interior Everglo Kids Care

Cat Tembok Interior Everglo Kids Care

Yang membuat saya tertarik dengan varian ini adalah anak diijinkan berkreasi sebanyak mungkin karena cat tembok ini mudah dibersihkan. Ketika anak-anak kita mencoret-coret tembok, orang tua akan dengan mudah menghapus coretannya sehingga bisa dipergunakan lagi oleh anak-anak kita saat berkreasi.

Rencana saya dan suami, saya akan memilih beberapa warna dari 888 warna yang tersedia, kemudian mengaplikasikannya di salah satu sisi tembok, dan menjadikan sisi itu sebagai ‘area kreatif anak’. Dan anak-anak dipersilahkan berkreasi sebebas mungkin di area kreatif itu, tanpa mencoret sisi tembok yang lain. 
Cat Efek Spesial HomeDeco Glow In The Dark

Cat Efek Spesial HomeDeco Glow In The Dark

Melatih anak tidur sendiri tapi si anak masih takut dengan gelap? Oh, tenang saja. Varian dari Avian Brand ini akan membantu anak mengatasi ketakutan akan kegelapan, karena cat berbahan dasar air ini bisa berpendar dalam gelap. Menarik bukan seri #CatGlowInTheDark ini?

Orang tua bisa memilih karakter kesukaan anak yang tersedia dalam bentuk stensil yang bisa diundur di website Avian Brand. Dengan begitu, anak jadi terlatih berani dalam gelap dan proses untuk tidur di kamar sendiri jadi lebih mudah. 
Cat Efek Spesial Home Deco Magnetic

Cat Efek Spesial Home Deco Magnetic

Anak-anak saya suka berkreasi dengan kertas lalu menempelnya di kulkas, karena selama ini saya dan suami tidak memberikan area khusus untuk menempelkan kreasi mereka. Saat membaca keunggulan dari Cat Efek Spesial Home Deco Magnetic ini, saya jadi merasa bahagia karena cat ini bisa membantu anak-anak untuk tetap bebas berkreasi dan memajang karyanya tanpa mengganggu kerapian ruangan yang lain.

Dengan mengaplikasikan #CatMagnetic sebanyak 3-4 layer, magnet akan bisa menempel dengan baik di tembok. Setelah kering, bisa digunakan sebagai salah satu ‘area kreatif anak’ untuk memajang hasil karya mereka. Menghadirkan #KeajaibanDisetiapRuangan anak, tidak lagi menjadi hal yang sulit bukan? 
Cat Spesial Efek HomeDeco Glitz

Cat Spesial Efek HomeDeco Glitz

Ingin membuat anak lebih betah lagi di kamar? Varian Cat Spesial Efek HomeDeco Glitz bisa membantu orang tua untuk membuat anak jadi mudah melalui proses tidur di kamarnya sendiri.

Ada dua warna #CatGlitter, yaitu glod dan silver, yang bisa memberikan kesan mewah dan menarik karena tercampur dengan glitter yang menawan. Meskipun begitu, orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan kesehatan anak saat menggunakan cat glitter ini, karena varian ini bebas dari timbal dan merkuri, tahan lama serta ramah lingkungan.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature