Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah ala Sari Widiarti

| on
Sunday, March 07, 2021
Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Sekarang ini, tampaknya perempuan-perempuan Indonesia sudah mulai melek skincare alias sudah menyadari pentingnya peduli pada kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Tapi apakah menjaga kesehatan kulit wajah itu saklek hanya untuk perempuan?

Jawabannya adalah tidak. Laki-laki juga perlu menjaga kesehatan kulitnya, karena masalah kesehatan kulit itu tidak hanya menyerang perempuan saja. Logikanya sih, sama-sama punya kulit di wajah. Jadi ya, baik perempuan atau laki-laki, punya keharusan untuk menjaga kesehatan tubuhnya, salah satunya ya kesehatan kulit wajah. Benar tidak sih?

Saya sendiri, secara pribadi, terbilang sedikit terlambat untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah. Meskipun penggunaan basic skincare sudah saya lakukan sejak saya remaja, tapi untuk penggunaan produk perawatan wajah yang sesuai dengan masalah kulit, baru beberapa tahun ini rutin saya lakukan.

Mengenal step by step menjaga kesehatan kulit tuh, tidak hanya saya lakukan dengan hanya search informasi di Google saja. Tapi juga sharing pengalaman dengan penggiat produk skincare lainnya. Salah satunya adalah Sari Widiarti, blogger cantik asal Sidoarjo.

Sari Widiarti


Perempuan tinggi nan manis tapi masih jomblo ini (yok pepetin yok!), sering share produk-produk skincare yang dia pakai secara rutin di blognya, www.mentionsari.com. Di sela-sela ulasan dia tentang produk yang dia pakai, dia juga menyelipkan tips-tips menjaga kesehatan kulit wajah yang tepat itu bagaimana.

Beberapa tips menjaga kesehatan kulit wajah ala Sari, yang bisa dilakukan oleh siapa saja (perempuan dan laki-laki), saya rangkum di bawah ini ya:

1. Kenali dulu jenis kulit wajah kalian


Sebelum menentukan akan menggunakan produk skincare yang mana, sebaiknya kenali dulu jenis kulit wajah kalian apa. Dalam salah satu artikelnya tentang salah satu klinik kecantikan di Sidoarjo, Sari menyebutkan ada beberapa jenis kulit. Yaitu normal, normal cenderung kering, berminyak, dan sensitif.

Dengan mengetahui jenis kulit, maka kalian tidak akan salah dalam memilih produk skincare yang akan dipakai. Karena, tiap jenis kulit membutuhkan kandungan yang berbeda-beda supaya hasilnya bisa maksimal.

Tips dari Sari untuk kalian yang bingung menentukan jenis kulit adalah dengan mendatangi dokter spesialis kulit. Berkonsultasi dengan dokter spesialis akan membantu kalian mengetahui jenis kulit secara mudah karena dokter menggunakan teknik-teknik khusus.


2. Gunakan produk skincare sesuai dengan masalah kulit kalian


Selain mengetahui jenis kulit, penting juga lho buat kalian mengetahui masalah kulit yang kalian alami. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Sari jadi tahu kalau di kulitnya sudah timbul bintik-bintik hitam karena paparan sinar matahari, dan juga sudah mulai muncul banyak komedo.

Dengan mengetahui masalah kulit, kalian bisa memilih produk yang tepat dengan melihat ingredient (bahan) yang tercantum di kemasan. Andalkan Google kalau kalian belum paham betul manfaat tiap-tiap ingredient supaya masalah kulit kalian bisa teratasi dengan baik.


Baca juga:


3. Jangan mudah percaya dengan mitos tentang skincare


Sebagai beauty blogger yang mengulas produk skincare dan kecantikan, Sari menekankan, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos yang beredar seputar skincare. Kita harus crosscheck dulu dengan informasi dari berbagai sumber, dan jangan kunyah mentah-mentah informasi yang berdasar dari sumber ‘katanya’. Dengan mengetahui informasi yang benar, kalian tidak akan ragu untuk menggunakan bahan-bahan tertentu yang bisa membantu mengatasi masalah kulit kalian.


Basic Skincare Routine


4. Lakukan basic skincare routine setiap hari


Sebelum menggunakan berbagai macam produk skincare, sebaiknya kalian menggunakan basic skincare  (perawatan wajah  dasar) secara rutin alias digunakan setiap hari.

Ada tiga tahapan paling dasar dalam penggunaan basic skincare, yaitu: bersihkan, lembabkan, lindungi. Apa saja sih jenis produk yang bisa kalian pakai untuk basic skincare ini?
  • Sabun wajah/lotion pembersih wajah/micellar water
  • Pelembab/moisturizer/krim pagi atau krim malam yang mengandung pelembab
  • Sunscreen/suncblock

Kalau kalian sudah paham tentang basic skincare, lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik ya!
  • Sempurnakan dulu basic sckincare kalian dengan cara melakukan dan menggunakannya setiap hari
  • Cari produk basic skincare yang benar-benar kandungannya cocok untuk jenis dan masalah kulit kalian
  • Perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada kulit kalian untuk melihat efek lanjutan dari penggunaan basic skincare
  • Jika dirasa sudah aman dan cocok dengan produk basic skincare kalian, silakan menambah produk skincare lainnya jika dirasa kalian benar-benar membutuhkannya


Toko Skincare Terpercaya

5. Pilih klinik dan toko penyedia produk skincare yang terpercaya


Sari menambahkan, pilihlah klinik atau toko yang sudah dipercaya menyediakan dan menjual produk-produk skincare yang berkualitas, asli dan mendapatkan review terbaik dari pelanggannya. Apalagi saat kalian membeli produknya secara online. Jangan mudah terlena hanya karena klinik dan toko itu menjual produk dengan harga murah.

Tips tambahan dari saya nih buat kalian yang bingung mau beli produk skincare di mana kalau belinya online:
  • Cari produk yang ingredient-nya (bahannya) sesuai dengan jenis dan masalah kulit kalian
  • Search dulu di Google kisaran harganya. Biasanya, saya pakai kisaran harga dari beberapa website penyedia review produk skincare dan kecantikan, seperti Sociolla, Soco by Femaledaily, Storie.id, dan masih banyak lagi
  • Saatnya belanja skincare! Cari produk yang kalian cari. Semakin rinci kata kunci yang sesuai dengan produk yang kalian cari, semakin mudah pula kalian menemukan toko yang terpercaya
  • Baca detail produk di kotak deskripsi produk ya. Seller yang terpercaya, dia akan mencantumkan deskripsi produknya secara detail, termasuk kapan produk tersebut expired
  • Tanyakan kapan produk itu expired melalui ‘kolom message’ jika seller tidak mencantumkanya di kotak deskripsi produk
  • Jangan langsung check out! Bandingkan informasi yang kalian dapatkan dan harga produknya dengan toko lain
  • Masih bingung? Tanya teman yok! Jangan malu, biar tidak menyesal
1 comment on "Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah ala Sari Widiarti"
  1. Bener banget nih Mbak, kadang memang kebanyakan orang terlalu percaya aja apa yang mereka baca, terutama tentang kulit, padahal kan tidak semua jenis kulit itu sama, pun juga skincare itu macam jodoh, cocok-cocokan :D

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature