Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Workshop Menggambar dengan Crayon

| on
Sunday, December 01, 2019
Hasil workshop menggambar dengan crayon

Saat ada share e-flayer acara Soft Pastel Art Workshop oleh Faber Castell di Whatsapp group Ning Bloger Suroboyo, saya semangat daftar. Apalagi, acara ini diperbolehkan membawa anak karena temanya memang menggambar. Hanya dengan pancingan kalimat “Mama hari Minggu besok mau ada acara menggambar. Siapa mau ikut?”, Arya dan Fatin sudah berebut untuk ikut.

Awalnya galau mau bawa satu atau dua anak karena takut nggak diperbolehkan panitia, tapi ternyata panitia workshop menggambar dengan crayon baik semua. Kedua anak saya diijinkan masuk ke area pameran dan workshop. Bahkan saat acara berlangsung, mereka berdua dibebaskan sebebas mungkin untuk berkreasi dengan produk baru dari Faber Castell.

Ruang pameran yang ada di lantai 5

Acara yang berlangsung pada tanggal 24 November 2019 di jalan Raya Tenggilis Blok R24 no. 55, yang merupakan kantor cabang Faber Castell Surabaya, adalah acara soft launching produk terbaru Faber Castell, yaitu Soft Pastel Starter Kit.

Teknik yang dipakai adalah finger painting atau mewarnai dengan jari. Bisa dibayangkan seantusias apa dua anak kecil ini saat mereka tahu akan praktek menggambar dengan teknik yang jarang mereka praktekkan di rumah? Saya saja sampai bolak-balik menenangkan mereka karena mereka berisik sekali >.<


Menggambar dengan Crayon Produk dari Faber Castell


Peralatan menggambar Fabel Castell terdiri dari tiga line, yaitu red, green dan blue. Sasaran pemakainya, red line disasarkan bagi mereka yang ingin/baru mengenal dunia menggambar dan mewarnai. Lebih tepatnya, sasarannya adalah para beginner. Sedangkan untuk green dan blue line, disasarkan untuk pengguna yang sudah profesional.


Perbedaannya adalah, produk-produk red line memiliki pigmented yang ngga terlalu deep dibandingkan dengan green dan blue line. Selain itu, produk-produk green dan blue line, hasilnya akan stay lebih lama di kertas untuk bertahun-tahun ke depan dibandingkan red line. Itulah kenapa, pelukis-pelukis profesional lebih memilih produk-produk green atau blue line untuk mendalami kemampuan dan menjual hasilnya.


Produk Baru Menggambar dengan Crayon dari Faber Castell: Soft Pastel Art


Lalu, Soft Pastel Art masuk di line yang mana?

Produk Soft Pastel Art ini termasuk produk green line. Yang mana memang produk ini dipakai untuk pendalaman seni profesional.

Tapi tunggu, kok yang diundang ke workshop ini rata-rata mengaku belum profesional menggambar ya? Gimana itu penjelasannya?

Serius sekali dia simak penjelasan seputar menggambar dengan crayon

Menariknya, Soft Pastel Art starter kit yang dibagikan kepada kami ini, bisa dipakai untuk para beginner lho! Karena alat-alat yang memudahkan pemakaiannya. Dari penjelasan yang disampaikan pihak Faber Castell, akhirnya saya mengerti kenapa anak sekecil Fatin yang baru berusia tiga tahun, tetap diijinkan untuk ikut workshop.


Isi Produk Soft Pastel Art Starter Kit dari Faber Castell


isi dari Soft Pastel Starter Kit

1. Soft Pastel set isi 24 batang

Pikir saya, karena namanya soft pastel, pastilah warna batangannya masuk di pastel chart. Ternyata nggak! Ada banyak warna-warna dark, seperti hitam, coklat tua, merah tua, ungu tua, dan beberapa warna dark lainnya.

2. Perfectionis eraser pensil with brush

Peralatan ini bentuknya pensil panjang dengan mata pensil berwarna putih, dengan sisi ujung yang lain berupa brush. Pensilnya dipakai untuk menghapus goresan warna yang sulit terjangkau sudutnya. Misalnya, ketika kita ingin menghapus di ujung gambar bintang atau bulan sabit.

Sedangkan brush, dipakai untuk membersihkan sisa-sisa menggambar dengan crayon yang tersebar di kertas. Penggunaannya sedikit tricky, karena nggak bisa dipakai dengan cara terlalu di tekan, karena malah akan membuat goresan warna baru.

Salah satu cara menggunakan perfectionist eraser pencil with brush

3. Kneadeble eraser/knetgummi art eraser

Bentuknya kotak kecil ukuran 6x6 cm. Kalau dilihat sekilas, seperti penghapus karet. Tapi penggunaannya nggak sama dengan penghapus karet pada umumnya. Kalau ingin menghapus goresan warna di area-area kecil, ambil sedikit kneadeble eraser, lalu tap tap di goresan warna yang ingin kita hapus. Gitu aja? Iya! Dan jeng jeng, goresan warnanya hilang dan kembali putih kertasnya. Bagi saya, kneadeble eraser ini adalah peralatan paling ajaib di Soft Pastel Starter Kit :D

4. Eraser combi with refill

Ini adalah peralatan 2 in 1. Penghapus dan rautan yang di-set dalam satu alat. Penghapusnya berbentuk bulat, panjang dan kecil, dan diletakkan di ujung alatnya. Penghapus ini digunakan untuk menghapus warna saat membuat bentuk baru dengan bantuan stencil. Sedangkan ujung alat yang lain, adalah rautan. Yang nantinya bisa dipakai untuk menajamkan perfectionis eraser pensil with brush.

Disediakan juga refill untuk penghapusnya. Namanya juga emak-emak ya, jadi harus memikirkan tentang refill karet penghapusnya karena ukurannya yang kecil dan mudah hilang. Penghapus ini bisa digantikan dengan karet penghapus lainnya. Tapi, kita sedikit usaha untuk melancipkan penghapusnya (setidaknya ujungnya mirip dengan eraser combi ini), supaya mudah saat proses menghapus ketika menggambar dengan crayon. Dan satu lagi, kalau ingin mengganti dengan karet penghapus biasa, lebih disarankan menggunakan produk milik Faber Castell.

5. Stencil

Bagi saya, stencil ini sudah nggak asing lagi. Karena saat masih aktif di dunia paper craft, stensil sering saya pakai untuk membuat gambar berbagai bentuk di cover notes yang sering saya produksi. Dan memang itulah fungsinya stensil dalam Soft Pastel starter kit ini. Membuat gambar baru di atas goresan warna yang ada di kertas. Penggunaannya, dibarengkan dengan eraser combi atau perfectionis eraser pensil with brush.

6. Pastel art paper

Ada 2 sizes @ 8 pieces, yaitu 15 x 15 cm dan 5,7 x 15 cm. Saat workshop kemarin, kami menggunakan ukuran 15 x 15 cm. Ukuran ini juga lebih mudah dipakai oleh Arya karena lebih bebas untuk menuangkan warna di bidang yang lebih luas.


Selengkap itu lho isi Soft Pastel Starter Kit yang dibandrol dengan harga +/- IDR 300.000. Apakah worth it beli peralatan semahal itu untuk sekadar menggambar dengan crayon? Gini aja deh, simak dulu cara mudah menggambar dengan menggunakan Soft Pastel Starter Kit, baru kalian bisa memutuskan worth it tidak membeli dengan harga segitu.


Workshop Menggambar dengan Crayon Menggunakan Soft Pastel Starter Kit


Menggambar dengan crayon dari Soft Pastel Starter Kit dengan cara dkerik dulu

Kemarin, saya dan peserta workshop lainnya diajari bagaimana menggunakan starter kit dengan cara yang paling sederhana dan mudah. Kami diajak untuk menggambar padang rumput, lengkap dengan domba dan pohon, beserta bulan dan bintang.

Pertama nih, tempelkan art paper ukuran 15x15 cm di meja dengan menggunakan isolasi kertas supaya kertas tidak ‘berlarian’ saat diberi warna. Kemudian, siapkan kertas lain yang digunakan untuk wadah crayon yang sudah dikerik.

Jadi, pemakaian crayon ini nggak langsung di apply di art paper, tapi dikerik dulu (bisa dengan bantuan pinggiran stensil). Nggak perlu banyak-banyak, sedikit saja untuk satu warna, dan mengeriknya juga nggak yang kasar banget sampai bikin crayon cepat habis. Hasil kerikannya, diletakkan di atas kertas dan siap untuk di-apply.


Teknik Menggambar dengan Crayon Faber Castell 


Teknik yang dipakai adalah finger painting. Caranya, tempelkan ujung jari kalian ke hasil kerikan untuk mengambil butiran crayon. Kemudian, gesekkan di atas kertas untuk menghasilkan sebuah background gambar. Kami kemarin diajari bagaimana menggambar padang rumput terlebih dahulu, kemudian dilengkapi dengan langit.

Lalu, cara menggambar domba di tengah padang rumput bagaimana?

Ambil stensil, carilah bentuk oval dan lingkaran. Letakkan di tengah background padang rumput. Ambil eraser combi, dan hapus di tengah-tengah oval itu tadi. Lengkapnya, lihat gambar di bawah ini ya.


Kemudian beri kepala, kaki dan telinga dengan menggoreskan sedikiiiit saja crayon warna hitam. Begitu juga kalau kalian ingin menggambar bulan, matahari, bintang jatuh, dll. Tinggal mencari bentuk dasarnya saja di stencil, lalu gunakan eraser combi.

Kalau ada hasil warna yang menurut kalian nggak sempurna atau tercoret saat menggambar dengan crayon, dan ingin mengembalikan ke warna asli art paper-nya, pakai kneadeble eraser. Ambil sedikiiiit saja, kemudian tap tap tap sampai hasil coretan tadi memudar.

Gimana? Mudah sekali bukan?

Ini hasil menggambar dengan crayon milik saya :D

Nggak heran, kalau starter kit ini bisa dipakai untuk para beginner seperti saya. Belum lagi nih ya, kalau kalian benar-benar berkonsentrasi, kegiatan menggambar ini bisa jadi self healing lho.

Coba yuk menggambar dengan crayon menggunakan Soft Pastel Starter Kit dari Faber Castell. Mulai dulu saja dengan gambar yang mudah. Contoh-contohnya kalian bisa googling atau cari di Youtube.





Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature