Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Cara Menyamarkan Bekas Luka dengan Bio Oil

| on
Thursday, November 14, 2019
Cara Menyamarkan Bekas Luka - Bulan Juli lalu, tiga hari sebelum hari pertama sekolah di semester pertama, kening Arya secara nggak sengaja terbentur kunci yang menggantung di pintu masjid, karena didorong dari belakang oleh salah satu temannya. Saya kaget, tapi berusaha tetap tenang meskipun darah mengucur hebat dari keningnya, bahkan sampai mengenai baju dan celana.

Saat itu sholat Isya sudah selesai. Ketika melewati masjid yang sehari-hari Arya sholat berjamaah di sana, saya diberhentikan paksa oleh tetangga yang bergerombol di depan rumah. Ketika itu, saya dari rumah ibu dan hendak pulang ke rumah. Saat akan sampai di rumah, di depan pagar rumah tetangga, ada ibu yang sedang memegang kening Arya dengan menggunakan kapas, dan kapasnya sudah penuh dengan darah.

Setelah menurunkan Fatin dari motor, saya cek kening Arya. Ternyata lukanya tidak terlalu lebar tapi dalam. Harus dibawa ke klinik ini, batin saya. Ibu sudah gelisah, tapi saya minta untuk tetap tenang. Setelah menitipkan Fatin ke ibu, bergegas saya membonceng Arya menuju IGD di klinik yang dekat dengan rumah.

Sesuai dugaan, keningnya harus dijahit karena lukanya cukup dalam. Dia menerima tiga jahitan kecil dengan dua kali bius lokal. Meskipun hanya tiga jahitan kecil, tapi kemungkinan besar akan ada bekas luka di keningnya.

Bekas luka di kening Arya setelah dua minggu dilepas jahitannya. Maaf ya kalau hasil fotonya nggak bagus

Seminggu kemudian, Alhamdulillah jahitan di kening Arya dilepas. Saya bangga dengan Arya, karena dia berhasil mengatasi ketakutannya sendiri saat keningnya dijahit dan saat proses jahitan dilepas. FYI, Arya ini sama seperti saya, nggak tahan dengan rasa sakit atau luka. Mudah merengek dan menangis kalau sakit sedikit saja.

Selang beberapa hari kemudian, perban sudah bisa dilepas karena sudah sembuh. Melihat bekas luka di keningnya, suami menyuruh saya mencari minyak atau salep yang bisa dipakai untuk menyamarkan bekas luka.


MENYAMARKAN BEKAS LUKA


Untungnya, belum sempat saya beli produk-produk penyamar luka yang direkomendasikan beberapa teman, saya teringat kalau saya punya Bio Oil ukuran 25 ml di atas meja rias. Dulu membeli Bio Oil ini karena testimoni seorang teman blogger Jakarta yang bilang kalau produk ini bagus buat hilangkan bekas sayatan di perut karena bekas operasi.

Sengaja nggak beli ukuran besar karena takut nggak cocok. Saat itu ada flash sale di salah satu marketplace online, harga Bio Oil ukuran 25 ml hanya Rp. 50.000,- saja. Tapi, karena nggak telaten pakainya, produk ini akhirnya hanya jadi pajangan saja di atas meja rias.

Kok ya ndilalah, ada kejadian Arya ini. Saya lihat kadaluarsanya dulu, dan Alhamdulillah masih lama. Tapi sebelum saya pakaikan di kulit Arya, saya cari informasi dulu, apakah Bio Oil ini aman untuk kulit anak-anak. Seperti gayung bersambut, ternyata Bio Oil aman untuk kulit anak-anak.



CARA MENYAMARKAN BEKAS LUKA


Obat Alami Untuk Menyamarkan Bekas Luka


Saat saya mencari info, ternyata banyak obat alami untuk menyamarkan bekas luka. Seperti: banyak konsumsi vitamin E baik dari sayur atau biji-bijian, mengoleskan lidah buaya di bekas luka, mengoleskan madu, membuat tumbukan salep yang terbuat dari kencur, menutup bekas luka dengan tumbukan daun mint, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi obat alami yang bisa saya pakai sebagai cara untuk menyamarkan bekas luka di kening Arya. Sayangnya, Arya ogah pakai karena dia risih harus pakai bahan-bahan yang biasa dia makan untuk ditempelin di kening.

Untungnya, ada Bio Oil. Awalnya memang agak drama saat pertama kali pengolesan Bio Oil, karena Arya masih trauma dengan luka di keningnya. Dengan bujuk rayu dan banyak pengertian, Alhamdulillah dia akhirnya mau. Makin ke sini, dia malah yang sering ingatkan saya untuk mengoleskan Bio Oil kalau saya lupa.



Bio Oil Untuk Menyamarkan Bekas Luka


Manfaat Bio Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Di website resminya mengatakan, kalau Bio Oil sendiri tidak sepenuhnya bisa menghilangkan bekas luka, tapi produk ini bisa menyamarkan bekas luka, baik bekas luka lama maupun bekas luka baru. Begitu pula untuk menangani stretch mark yang sering jadi problem untuk ibu-ibu setelah melahirkan atau setelah melewati proses diet. Jadi, kalau pakai Bio Oil ini, stretch mark bisa berkurang, tapi nggak bisa hilang sepenuhnya.

Ini terbukti di kulit kening Arya ya. Setelah lukanya sembuh, saya tunggu sekitar satu minggu kemudian untuk pengaplikasian pertama. Bekas luka yang awalnya kelihatan banget baretnya, sekarang sudah mulai tersamarkan. Ini pemakaian selama kurang lebih tiga bulan.


Selain untuk menyamarkan bekas luka dan stretch mark, Bio Oil ini juga bisa masuk ke dalam produk skin care harian. Banyak manfaatnya ya, seperti: mengatasi warna kulit yang nggak merata, mengembalikan elastisitas kulit untuk menyamarkan kerutan di wajah, dan menjaga kelembaban kulit.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu, di pipi Arya sebelah kiri itu keluar bintik-bintik kecil berwarna putih yang jumlahnya lumayan banyak. Awalnya saya biarkan, karena saya pikir dianya saja mandinya kurang bersih. Tapi makin lama kok makin banyak. Iseng-iseng saya beri Bio Oil, kok ya berhasil berkurang jumlah bintiknya. Senanglah saya, keisengan malah kasih hasil yang bagus.

Sama seperti bekas luka di kening, bintik kecil ini juga masih dalam proses penyembuhan.


Kandungan dalam Bio Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Namanya juga oil, bahan dasarnya pasti terbuat dari minyak. Beberapa minyak alami yang ada di dalam Bio Oil yang bisa membantu menyamarkan bekas luka adalah minyak kalendula, minyak lavender, minyak rosemary dan minyak chamomile.

Minyak kalendula, ternyata bisa membantu menghidrasi kulit. Juga ampuh sekali untuk menyamarkan bekas luka. Sedangkan minyak lavender yang memiliki sifat antimikroba, sudah dikenal ribuan tahun lalu dipakai untuk mempercepat penyembuhan luka bakar, luka, dan goresan.


Lalu ada minyak rosemary yang berguna sekali untuk memperbaiki sel-sel kulit. Nggak hanya itu saja sih, minyak rosemary juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah kita ini terlihat kusam.

Dan yang terakhir, minyak chamomile. Kalau dengar kata chamomile, otak ini langsung menuju ke teh chamomile yang diminum untuk menenangkan pikiran. Tapi untuk kesehatan kulit, ternyata minyak chamomile ini mengandung beberapa bahan aktif yang berguna untuk mengatasi peradangan kulit, membantu terapi luka dan luka bakar.

Selain itu, ada kandungan vitamin A dan vitamin E. Pembentukan kolagen di kulit penting sekali kan, karena tugas kolagen adalah menjaga elastisitas kulit juga menjaga warna kulit tetap rata. Dan fungsi ini, ada di dalam vitamin A. Sedangkan vitamin E, bertugas untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kadar air di lapisan epidermis kulit sehingga membuat kulit selalu lembut.

Setelah pemakaian selama kira-kira tiga bulan. Mulai tersamarkan, meskipun nggak sepenuhnya bekas luka hilang.

Menyamarkan Bekas Luka dengan Menggunakan Bio Oil

Tekstur Bio Oil yang cair ini, nyaman dipakai kapan saja sebenarnya. Apalagi produk kecantikan kulit ini mudah sekali diserap oleh tubuh meskipun banyak mengandung minyak. Untuk menyamarkan bekas luka di kening Arya, saya mengoleskan sedikit Bio Oil di kulit Arya dua kali sehari. Saya pilih setelah mandi, ketika kulit sedang dalam kondisi bersih setelah dibilas air dan sabun.

Berdasarkan cara pemakaian yang ada di botol, pemberian Bio Oil hanya dua kali dalam sehari. Dan tidak ada aturan harus digunakan kapan saja. Hanya saja, untuk penyerapan yang maksimal, saya lebih menyarankan pemberian Bio Oil setelah kulit dibersihkan.



30 comments on "Cara Menyamarkan Bekas Luka dengan Bio Oil"
  1. Bagus nih. Kebetulan pny anak cwe yang superaktif. khawatir akan sering luka.

    ReplyDelete
  2. Bekas luka memang sangat menganggu Mbak, jadi tidakpecaya diri.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak untuk informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    ReplyDelete
  4. Wah, rekomendasi banget ya Mbak, jadi ingin nyobain juga nih.

    ReplyDelete
  5. Saya juga memiliki bekas luka nih Mbak, wajib coba deh hehe.

    ReplyDelete
  6. Wah bisa untuk tumit yang pecah-pecah juga ya Mbak.

    ReplyDelete
  7. Wajib dicoba nih ya hehe, terimakasih banyak Mbak informasinya hehe.

    ReplyDelete
  8. Arya anak sholeh, anak hebat, anak muliaaaaa
    ya Allah, aku mencelos mba.... baca paragraf yg tentang Arya berdarah2
    alhamdulillah kalo solusinya jitu bgt yaaa. kapan2 aku juga mau beli Bio oil. banyak yg rekomen, euyyy
    semoga Arya sehaaaaatt dan makin sholeh aamiiin

    ReplyDelete
  9. aku ada bekas luka nih. ga gede n ga ganggu. tapi perasaan gimana gitu liatnya hihihi.
    ternyata bisa yaa disamarkan denan bio oil. mau coba juga ahh

    ReplyDelete
  10. Anakku ada bekas luka di alisnya karena terbentur pinggiran pintu. Waktu itu nggak dijahit saking bingungnya, dan ke dokter udah beberapa jam setelah kejadian. Lukanya meninggalkan bekas sekarang. Mau coba kupakaikan bio oil ini, semoga saja bisa lebih tersamarkan bekas lukanya.

    ReplyDelete
  11. Wah catatan penting ini. Bisa untuk anak-anak soalnya Bio Oil ini. Harus ada di kotak P3K sebenarnya.

    Arya hebat, semoga sehat selalu ya Arya.

    ReplyDelete
  12. makasih mba Ria infonya, baru tau bio oil bisa menyamarkan luka. Luka hati bisakah ? hehe

    ReplyDelete
  13. Aku juga ada bekas luka nih mba dan kayaknya mau nyoba ini mba. Belum pernah punya bio oil ini tapi sudah banyak yang rekomendasikan bagus

    ReplyDelete
  14. Pasti mencelos banget ya hatinya pas liat kening anak berdarah karena terbentur. Syukurlah sekarang sudah pulih bekas lukanya pake bio oil

    ReplyDelete
  15. Hai Mbak, aku kira duly bio oil ini nggak bisa dipakai dengan cara dicampur ke skincare harian untuk menyamarkan bekas luka. Kan aku merasa ribet kalau pake skincare terus bio oil😅 eh ternyata bisa ya.

    ReplyDelete
  16. Rasanya kepengen juga nih cobain Bio Oil. Soalnya saya punya banyak bekas luka.Bakalan cepat hilang ya bekas lukanya ... eh samar ...

    ReplyDelete
  17. aku pakai Bio Oil buat menyamarkan stretchmarks, hoho ... enak nih gampang dipakai tinggal oles aja 2x sehari.

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah coba bio oil nih, padahal multifungsi banget ya...

    ReplyDelete
  19. Bio Oil ini bisa juga buat bekas luka toh? Baru tau setau saya sih buat samarin strecthmark hehe, keren emang nih Bio OIl.

    ReplyDelete
  20. Bio oil memang terkenal banyak manfaatnya ya, selain bisa buat ngobatin luka, bisa juga sebagai makeup remover dan pelembab ya. aku suka kemasan kecil gini, gampang dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
  21. Duh Arya..

    Pemakaian Bio Oil secara teratur bis menghilangkan bekas luka. Untung aja ada bio oil yang bisa dioleskan kening Arya yang bekas luka itu.

    ReplyDelete
  22. Andalan aku banget ini bio oil buat kulit. Waktu itu wajahnya pascal ada bintik2 kay ajerawat kecil gitu. Rutin dipakein jadi hilang Allhamdulillah

    ReplyDelete
  23. Ooo jadi bio oil ini juga boleh buat anak2 ya mbak, tadinya kupikir buat org dewasa. Dan ternyata serba guna jg utk menghilangkan/ menyamarkan segala bekas luka. Saya belum pernah nyoba tapi sering baca review positif ttg produk ini. Bagus buat kesehatan kulit juga kan ya :D

    ReplyDelete
  24. Wah dengan Bio Oil jadi lebih praktis saat menyamarkan bekas luka ya...
    Gak perlu repot-repot menumbuh tanaman lagi

    ReplyDelete
  25. Sama banget deh timingnya sama kejadian anak saya, Mak. Seminggu sebelum bersekolah si kecil jatuh dari tempat tidur dan dagunya robek, harus dijahit. Sekarang masih ada bekas lukanya sedikit, belum saya kasih Bio Oil. Bisa hilang kali ya kalau pakai? Harganya juga terjangkau banget. Beli dulu, ah.

    ReplyDelete
  26. Bio oil memnag juara babget yaa mba..bisa samar yaa bekas luka

    ReplyDelete
  27. Juara lah bio oil buat menyamarkan bekas luka, baik luka yang masih aktif ataupun sudah lama kering

    ReplyDelete
  28. Aryaa...
    Hebat banget siik, sholiih...mashaAllah~
    Sungguh punya anak itu ujiannya ada pada kesabaran yaa, Ria.
    Semoga sehat terus, handsome!

    Ajaib yaa...bio-oil bisa menyamarkan bekas luka.
    Jadi mulus, Ri..tinggal dikasih poni dikit ala Suho. Ahhooii~

    ReplyDelete
  29. Wah mau deh coba bio oil nih. Secara perutku pasca melahirkan anak pertama seperti digaruk macan. Oadahal selama hamil ga pernah digaruk.. huhuhu

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature