Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Mencegah Psoriasis dengan Menggunakan Sabun Mandi yang Melembabkan Kulit

| on
Kamis, Maret 21, 2019
Masih ingat berita Kim Kardashian yang terserang penyakit kulit, bahkan penyakitnya sudah menyerang di daerah wajah? Penyakit yang sedang dihadapi istri Kanye West ini bernama psoriasis. Apa sih psoriasis itu?

Menurut beberapa artikel yang saya baca, psoriasis adalah penyakit kulit menahun yang menyerang beberapa daerah di tubuh, dengan ciri-ciri kulit menebal, bersisik, dan terasa kering. Bahayanya, kulit yang berubah menjadi keperakan ini akan berdarah, saking keringnya kulit yang terserang. Lebih parah lagi, akan menyebabkan sendi-sendi terasa kaku dan bengkak.

Saya ini termasuk pengidap alergi suhu dingin dan debu, kadang kala alergi saya menyerang kulit juga. Kalau sudah alergi menyerang, seolah segala cara menjaga kulit sehat itu sia-sia. Kulit saya seperti keluar bintik-bintik kecil halus dan gatal. Begitu saja, saya sering kali mengeluh nggak nyaman. Jadi nggak kebayang kan kalau artis sekelas Kim Kardashian harus berjuang melawan penyakit ini bertahun-tahun? 

Kalau melihat penyakit psoriasis seserius itu, bisa enggak sih penyakit ini dicegah? Menurut beberapa sumber, bisa dicegah dengan tetap menjaga kelembaban kulit supaya kulit enggak kering dan mengelupas. Rajin mandi dua kali sehari dengan sabun mandi yang melembabkan kulit dan setelahnya gunakan pelembab atau body lotion, tentunya yang juga mengandung moisturizer. 

Apalagi ketika pergantian musim sudah tiba, saya sering mengalami dehidrasi kulit. Jadi, pemilihan sabun mandi, body lotion, bahkan skin care untuk wajah pun saya jadi agak selektif. Dan tentang sabun mandi, ada tiga merk sabun mandi yang sering saya sebagai cara menjaga kelembaban kulit tubuh. Semuanya saya pilih karena harganya lumayanlah untuk membuat kulit tubuh tetap sehat.

Baca juga :


Shinzui Kirei Body Cleanser

sumber

Sabun mandi cair melembabkan tubuh ini masuk dalam daftar pilihan saya nomer satu kalau lagi belanja bulanan. Dengan harga sekitar IDR 45.000 untuk 500ml, saya acungi jempol untuk sabun cair ini. Kandungan herba matsu oil dalam sabun inilah yang menjadi keunggulan tersendiri dalam sabun cair ini, karena bahan ini dipercaya bisa mengubah warna pigmen kulit dari gelap menjadi lebih terang. Selain sebagai salah satu cara menjaga kelembaban kulit, sabun cair ini jika rajin dipakai dalam jangka waktu panjang, akan membuat kulit terasa tetap kenyal karena mengandung ekstrak bunga sakura.

Dikemas di botol berwarna putih dengan gambar bunga sakura, terlihat manis sekali ketika pertama kali saya memilih sabun mandi ini. Teksturnya agak kental, tetapi tidak menghasilkan banyak busa. Dipakai sedikit saja, sudah bisa dipakai untuk meratakan ke seluruh tubuh. 


Dove Deep Nourishing Body Wash

sumber

Saya pertama kali menggunakan sabun cair dari Dove ini ketika saya mendaftarkan diri untuk mencoba sampelnya. Meskipun tekstur cairannya nggak terlalu kental, tapi dia juga awet dipakai. Hampir sama dengan Shinzui Kirei Body Cleanser, sabun cair ini juga mampu melembabkan kulit tubuh dan menghaluskan kulit sejak pertama kali pakai. Ditambah lagi, sabun ini mengandung Natrium Moisture yang merupakan kombinasi unik dari pelembab dan penutrisi kulit. Harganya juga relatif murah, kisarannya adalah IDR 38.000.


Cussons Imperial Leather Body Wash Softly

sumber

Hidup sehat saja nggak cukup bukan? Ingin mandi dengan sabun yang finish-nya beraroma parfum bunga? Coba deh Cussons Imperial Leather Body Wash Softly. Enggak hanya aromanya saja yang lembut, tapi sabun cair ini juga memberikan kelembutan di kulit. Sayangnya, sabun ini terlalu cair bagi saya. Artinya apa? Bakalan cepat habis dong, sekalipun pakai shower puff. Kalian bisa beli sabun cair ini dengan harga sekitar IDR 34.000 untuk ukuran 400ml.
33 komentar on "Mencegah Psoriasis dengan Menggunakan Sabun Mandi yang Melembabkan Kulit"
  1. aku pake Dove juga buat mandi. bahkan pake Dove yang batangan itu udah belasan tahun hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh.. udah lama ya ternyata mbak?
      aku baru-baru ajah pakai sih. biasanya pakai shinzui', tapi beberapa kali juga udah coba pakai Dove

      Hapus
  2. Wah bagus banget nih ya produknya. Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu nih penyakit ini psoriasis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama. dan ngertinya, ternyata sampai menyerang sendi segala.

      Hapus
  4. Cussons Imperial Leather Body Wash Softly bagus banget lho ini

    BalasHapus
  5. Selain bagus untuk kulit Cussons Imperial Leather Body Wash Softly juga harganya murah ups

    BalasHapus
  6. Bagus banget nih Dove Deep Nourishing Body Wash. Aku jadi pingin ini juga

    BalasHapus
  7. Duh serem juga ya psoriasis itu. Itu penyakit menular bukan ya?

    Btw 3 sabun di atas untuk efek melembapkan nya bagus ya, tapi harga nya tetep ramah di kantong. Aku sering nya beli yang shinzui hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau shinzui lagi diskonan, nggak pikir panjang deh, langsung beli

      Hapus
  8. Waduh penyakit psoriasis itu bisa diderita siapa saja? terus apa pencetusnya ya? semoga semuanya sehat-sehat saja ya. Itulah kenapa saya bener-bener teliti sebelum membeli kosmetika, termasuk sabun mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak,
      harus teliti ya ketika membeli barang-barang kosmetik atau apapun yang langsung bersentuhan dengan kulit

      Hapus
  9. Iya kita kudu banget jaga kelembababan kulit. Lumayan sering bersisik tuh kalau musim panas tapi udara dingin. Boleh juga tuh coba pakai sabun cair di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nih Jiah,
      kalau pas musim panas suka bersisik kulitku.
      pas pergantian musim begini, bisa keringgggg banget. cenderung dehidrasi kulit malah

      Hapus
  10. Waduh cukup ngeri juga yaa penyakit kulit karena kulit kering ini.. ternyata pemilihan sabun juga penting ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak, mulai sekarang harus jeli pilih sabun :)

      Hapus
  11. wah kalau sekelas Kim Kadarsih aja kena yang pasti udah top banget menjaga kulitnya gimana nasib kita ya mbak hiks.

    Soalnya aku bermasalah juga kalau lagi traveling di musim dingin. Pasti pecah-pecah parah. Jadi takut sendiri dengan psoriasis

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, sama kaya aku mbak. pas musim dingin dan pergantian musim, aku warpada sekali sama kulit tubuh dan wajahku. karena gampang pecah dan dehidrasi

      Hapus
  12. wah kim kena psoriasis? baru tau mbak (hahaha, padahal emang ga apdet gosip ttg kim). ada temen fb yang kena psoriasis parah. pernah dia posting bla bla bla ttg kena prnyakit ini. tapi karena ga lihat langsung, jd cuma sekedar tahu kalau ini juga prnyakit serius. bisa jg ya dicegah dg sabun yg tepat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan Kim nggak malu sama penyakitnya ya.
      biar orang lain tahu juga, seberapa parah penyakit kulit ini, supaya pencegahannya dan penanganannya tepat

      Hapus
  13. Serem ya membayangkan kulit bersisik dan tebal, kesannya kulit itu tidak terjaga kesehatannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrrrr banget mbak Rita. seolah kita ini, hm.. gimana ya, jorok dan nggak peduli sama kulit sendiri.

      Hapus
  14. Aku suka pakai sinzui.. Enak wanginya.. Dan emang aku jg suka sabun cair daripada sabun batang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabun batang nih kurang efektif di waktu. hehehe..

      Hapus
  15. Aku suka Shinzui ini karena aromanya wangi banget dan seperti mengandung aroma terapi gitu menenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iyaaaa..
      inilah yang bikin aku bertahan juga pakai Shinzui. Apalagi kalau pas diskonan. haha

      Hapus
  16. Aku suka pake cussons itu. Wanginya enak. Kebetulan kulitku cenderung normal sih mba. Kalo kulit kering mmg kudu picky ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kalau sabunnya nggak cocok, malah bikin si kulit kering makin kering dan pecah-pecah

      Hapus
  17. Nah aku baru tahu tentang psoriasis ini mba. Jadi kita harus hati-hati ya pilih sabun atau skincare apapun. Dove sama imperial aku juga pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain hati-hati, juga pahami sih penyebab penyakit ini muncul kenapa

      Hapus
  18. Btw sabun-sabun tersebut bisa mengurangi gatal akibat psoriasis enggak mba? Memang, untuk kulit sensitif harus menggunakan sabun yang aada moisturisernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun nggak berkulit sensitif, aku juga pakai yang ada kandungan moisturizernya, mbak. supaya lebih terjaga kelembabannya ajah

      Hapus
  19. Pengguna setia Dove hadir di sini ehe ehe. Tapi, daku juga kadang selingan ganti sama Shinzui soalnya wanginya itu loh beda dari yang lain

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature