Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Manfaat Refleksi Diri Bagi Remaja

| on
Sabtu, Januari 13, 2024

Refleksi Diri Pada Remaja
pixabay.com/johnhain


Kita sudah hampir melewati setengah Januari di tahun 2024. Apakah kita sudah mengajak anak-anak kita yang sudah memasuki masa remaja untuk melakukan refleksi diri secara mandiri? Apakah kita sudah mengajak mereka untuk melihat apa saja yang sudah mereka lalui selama satu tahun kemarin? Apakah kita sudah mengajak mereka untuk mengamati perubahan pada diri mereka pada tahun lalu?


Manfaat refleksi diri bagi remaja itu banyak sekali. Jika dilakukan dengan benar, dengan didampingi oleh orang tua, saya yakin anak-anak kita akan mengetahui manfaatnya dan akan berusaha menjadi lebih baik lagi di tahun 2024 ini. 



Peran Orang Tua dalam Aktifitas Refleksi Diri Bagi Remaja

Meskipun kalimat yang saya sampaikan adalah remaja melakukan refleksi diri secara mandiri, tapi untuk aktifitas ini tentunya mereka masih butuh pendampingan orang tua. Tidak banyak dari mereka yang memahami bagaimana cara mengevaluasi diri, bagaimana melihat apa saja yang sudah terjadi pada mereka selama satu tahun, atau apa saja yang sudah mereka lakukan selama satu tahun.


Itulah mengapa, penting bagi orang tua untuk mendampingi proses refleksi diri remaja. Peran orang tua dalam aktifitas ini adalah:

  1. Sebagai pemberi arahan apa saja yang perlu untuk direfleksi
  2. Sebagai tempat bertanya hal-hal yang berhubungan dengan refleksi diri
  3. Sebagai penguat jika mereka lupa dengan kejadian-kejadian yang sudah mereka lalui pada tahun sebelumnya
  4. Sebagai pendamping jika mereka salah dalam memaknai poin-poin dalam refleksi diri
  5. Sebagai tempat ‘berpulang’ ketika remaja merasa sedih dengan hasil refleksi diri


Beberapa kunci keberhasilan dalam mendampingi untuk mendapatkan manfaat refleksi diri bagi remaja adalah, sampaikan pada mereka manfaat dari aktifitas ini sebelum dimulai. Sampaikan pula pada mereka, bahwa mereka tidak perlu takut menyampaikan isi hatinya. Dan yakinkan pada mereka bahwa kita sebagai orang dewasa, akan mendampingi mereka saat aktifitas ini berlangsung.


Manfaat Refleksi Diri pada Remaja
pixabay.com/RosZie


Manfaat Refleksi Diri Bagi Remaja

Sebagai guru BK di SMP, saya mengajak para siswa untuk melakukan aktifitas refleksi diri saat saya melakukan bimbingan klasikal. Meskipun hampir diantara mereka semua tidak pernah melakukan refleksi diri sebelumnya, ternyata mereka menyukai aktifitas ini. Jawaban yang mereka sampaikan apa adanya, meskipun beberapa dari mereka mengatakan kalau mereka malu atas jawabannya sendiri.


Remaja mengetahui pencapaian diri

Dengan sering melakukan refleksi diri, remaja akan mengetahui apa saja yang sudah mereka capai dalam satu tahun. Pencapaian ini berupa apa saja yang sudah mereka rencanakan sejak awal tahun. 

Melalui refleksi diri, remaja juga akan mengetahui apakah yang mereka rencanakan bisa tercapai semua, maish tercapai sebagian, atau belum tercapai semuanya. Dengan begitu mereka bisa berfikir ulang, apakah yang sudah mereka rencanakan di tahun sebelumnya akan mereka lanjutkan di tahun berikutnya atau tidak.


Remaja memahami perkembangan dirinya

Melalui refleksi diri, remaja akan mengetahui apakah dia mengalami perkembangan menuju ke arah yang positif atau tidak. Perkembangan diri ini bisa berupa sifat, sikap, dan cara berfikir. Mereka perlu mengetahui bahwa mereka berkembang menjadi lebih baik atau tidak, supaya mereka tidak lagi menyia-nyiakan waktu yang sudah mereka jalani.


Emosi remaja akan lebih stabil

Melalui refleksi diri, remaja akan mengetahui penyebab munculnya emosi yang sedang mereka hadapi. Mereka juga mengetahui bagaimana dampak dari emosi yang mereka miliki. Selain itu, mereka akan mencari tahu cara mengendalikan emosinya, terutama emosi negatif yang seringkali menganggu aktifitas sehari-hari. Selain itu 


Remaja belajar menerima dirinya sendiri

Manfaat refleksi diri bagi remaja yang lainnya adalah remaja belajar untuk menerima dirinya sendiri, bahkan ketika mereka mengetahui bahwa mereka tidak sempurna. Saat menyadari ada target yang tidak bisa mereka raih, atau ketika mereka tidak mengalami perubahan menjadi lebih baik, mereka akan belajar menerima itu semua meskipun rasanya mungkin menyakitkan. 


Remaja mengetahui solusi untuk masalah yang sudah dia alami

Dengan melakukan refleksi diri, remaja akan mengetahui masalah apa saja yang sudah dia alami, serta mengingat kembali solusi apa yang mereka pilih supaya masalah itu terselesaikan. Kondisi ini akan membantu remaja dikemudian hari jika mereka mengalami masalah yang sama. Atau, membantu orang lain jika orang itu mengalami masalah yang sama dengan yang sudah dia alami. 



Remaja merupakan masa-masa di mana mereka mencari jati dirinya. Mereka memiliki banyak keraguan tentang dirinya sendiri. Itulah mengapa refleksi diri diperlukan, supaya membantu mereka menemukan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka mau.

Dengan mengetahui manfaat refleksi diri bagi remaja, kita sebagai orang tua bisa memberikan harapan baik kepada mereka. Salah satunya adalah menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya. 










Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature