Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Cara Melakukan Refleksi Diri dan 10 Pertanyaan untuk Membantu Aktifitas Refleksi Diri (Free Printable)

| on
Minggu, Januari 14, 2024

Cara Melakukan Refleksi Diri
pixabay.com/RosZie


Refleksi diri biasanya dilakukan pada akhir bulan atau akhir tahun, untuk melihat kembali ke dalam diri apa yang sudah terjadi pada hari-hari sebelumnya. Ada beberapa manfaat refleksi diri yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik oleh remaja maupun orang dewasa. Jika remaja ingin melakukan refleksi diri, bisa minta bantuan orang tua untuk mendampingi.


Melalui refleksi diri, kalian bisa melihat lebih dalam tentang banyak hal yang sudah terjadi. Dengan begitu, kalian bisa lebih menerima kelebihan dan kekurangan diri, dan kemudian bisa lebih mencintai diri kalian apa adanya. 



Cara Melakukan Refleksi Diri


Journaling

Salah satu cara menyimpan hasil refleksi diri adalah melalui journaling. Karena melalui journaling, kalian bisa menulis dengan leluasa hasil refleksi dan menyimpannya untuk dibaca sewaktu-waktu. Dengan begitu, hasil refleksi ini bisa kalian jadikan acuan di kemudian hari jika membutuhkannya lagi.


Meditasi

Sambil duduk diam dalam posisi yang nyaman, meditasi bisa menjadi salah satu cara melakukan refleksi diri. Dengan nafas yang tenang, otak akan ikut tenang dan siap untuk diajak berfikir tentang hari-hari yang sudah kalian jalani sebelumnya.


Berdiam diri atau menyepi

Kalian bisa mencari tempat yang nyaman untuk berdiam diri dan menjauh dari orang lain. Bisa juga berdiam diri di kamar, atau di café yang nyaman. Sambil membuka buku jurnal atau mendengarkan musik yang menenangkan, kalian bisa memulai sesi refleksi diri.


Jalan sendirian

Beberapa orang menyarankan, ketika banyak yang sedang dipikirkan, keluarlah dari rumah dan hiruplah udara bebas. Hal ini bisa juga kalian lakukan jika ingin melakukan refleksi diri. Jalan kaki atau naik kendaraan, bisa menjadi pilihan.


Menikmati alam

Alam memang diciptakan untuk menenangkan isi hati yang sedang berantakan karena alam menyediakan angin yang semilir, suasana yang menenangkan, atau warna alam yang menyejukkan. Itulah mengapa saat menikmati alam, kalian juga bisa melakukan refleksi diri.


Pertanyaan Refleksi Diri
pixaba.com/GoldenViolinist


10 Pertanyaan untuk Membantu Aktifitas Refleksi Diri

Ada 10 pertanyaan yang bisa menjadi acuan untuk melakukan refleksi diri akhir tahun. Pertanyaan ini bisa kalian kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Oh iya, di akhir artikel akan saya lampirkan juga template refleksi diri yang bisa disimpan di jurnal.

  1. Tujuan terpenting apa yang berhasil aku capai pada tahun ini?
  2. Hal-hal apa yang selama satu tahun ini membuatku tertarik dan mengapa?
  3. Kelemahanku selama satu tahun ini apa saja?
  4. Kemampuan baru yang sedang dan berhasil aku pelajari dalam satu tahun apa saja?
  5. Dalam satu tahun, aku suka menghabiskan waktu dengan siapa dan apa?
  6. Hal-hal apa saja yang membuat bersyukur selama satu tahun ini?
  7. Apakah pada tahun ini aku lebih dekat dengan Tuhan? Apa saja yang sudah aku lakukan untuk itu?
  8. Pada tahun ini, apa saja yang membuatku merasa sangat tertantang untuk melakukannya? Dan apakah akan aku lanjutkan di tahun selanjutnya?
  9. Pelajaran terbaik apa yang aku dapatkan pada tahun ini? Dan dari manakah aku dapatkan pelajaran itu?
  10. Apa yang aku inginkan tahun depan? Dan bagaimana aku akan mewujudkannya?


Printable Refleksi Diri


Untuk template refleksi diri akhir tahun, bisa kalian download di sini secara gratis ya!


Melakukan refleksi diri pada akhir bulan atau akhir tahun merupakan hal yang bisa kita lakukan secara rutin karena manfaatnya banyak sekali. Refleksi diri juga membuat kita semakin siap menghadapi hari-hari berikutnya karena kita sudah berhasil mengetahui sisi terbaik dalam diri kita.

Salam sehat!


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature