Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Supaya Laptop Tidak Mudah Overheat, Simak 5 Tips Ini!

| on
Thursday, May 14, 2020

Pekerjaan yang sudah menumpuk atau deadline yang makin dekat kerap membuat lupa waktu saat bekerja. Tubuh mungkin kuat untuk diajak bekerja terus menerus, namun bagaimana dengan laptop yang kalian pakai? Laptop yang dipakai terus menerus hingga berjam-jam akan membuat laptop menjadi overheat. Hal ini wajar, tapi jangan sampai diabaikan begitu saja. Karena bisa membuat laptop menjadi nge-lag, atau bahkan membuat prosesor laptop mati *saya sudah pernah soalnya *kraiiii.

Supaya laptop kalian tidak overheat, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Simak selengkapnya yuk!


Bersihkan Cooling Fan Pada Laptop 


Banyaknya debu yang hinggap di cooling fan internal laptop bisa membuat debu masuk ke komponen laptop lainnya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa membuat laptop kalian jadi kepanasan karena aliran udara jadi tidak lancar. 


Usahakan untuk membersihkan bagian cooling fan pada laptop supaya laptop tidak mengalami overheat. Vakum mini atau cotton bud bisa kalian pakai untuk membersihkan cooling fan. Karena saya tidak berani bongkar laptop sendiri, saya minta bantuan tukang servis laptop.


Hindari Meletakkan Laptop Diatas Bantal dan Kasur 


Hayo, siapa yang sering melakukan ini? Meletakkan laptop di atas bantal atau kasur sering dilakukan oleh banyak orang. Padahal meletakkan laptop diatas bantal atau kasur bisa menyebabkan laptop menjadi overheat. Ini terjadi karena dua benda ini dapat menyerap hawa panas dari laptop. Sirkulasi udara pada laptop juga jadi tidak lancar karena menggunakan bantal dan kasur sebagai alas.


Saat saya kuliah dulu, sering banget seperti ini. Karena mager mau kerjakan tugas di meja, jadinya seharian di atas kasur. Tidak hanya sehari dua hari, berhari-hari seperti ini. Dan, boom!! Laptop mati! Untungnya sempat simpan file di flash disk.


Gunakan Cooling Pad 

Cooling pad adalah alat yang bisa mengurangi terjadinya overheat pada perangkat laptop. Alat satu ini mampu menurunkan atau mengurangi hawa panas laptop dengan mengalirkan udara yang segar lewat bagian bawah laptop. Dengan begitu sirkulasi udaranya pun jadi lancar. 


Tapi, pastikan cooling pad yang kalian gunakan tidak dalam kondisi kotor ya. Karena debu yang kotor akan masuk ke dalam laptop. Jadi ya, tetap rajin-rajin bersihkan cooling pad kalian. Saya biasanya bersihkannya pakai kuas kecil saja sudah cukup, yang penting rutin. Merk cooling pad dari Cooler Master atau Havit mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantu mengurangi overheat pada laptop.


Pastikan Layar Pada LCD Laptop Tidak Begitu Terang 


Supaya laptop kalian tidak cepat panas, usahakanlah untuk tidak menggunakan pencahayaan layar yang terlalu terang, tapi jangan begitu redup juga. Sesuaikanlah pencahayaan layar LCD dengan kenyamanan mata kalian. Jadi, setting pencahayaannya dengan tepat. 


Beri Waktu Untuk Istirahatkan Laptop 


Penggunaan laptop yang hampir berjam-jam dan dipakai terus menerus, bisa membuat laptop milik kalian mengalami overheat. Bukan cuma manusia saja yang membutuhkan istirahat, perangkat gadget seperti laptop juga perlu istirahat setelah bekerja dalam waktu yang lama. Jadi, berilah waktu istirahat untuk laptop milik kalian sebelum digunakan kembali. Istirahat yang dimaksud adalah dimatikan secara total ya. Bukan hanya dimode sleep
.
.

Demikian ya, 5 cara untuk menghindari laptop supaya tidak overheat. Jangan lupa share ke teman atau kerabat dekat kalian yang memiliki masalah laptop cepat panas ya!









Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature