Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Supaya Laptop Tidak Mudah Overheat, Simak 5 Tips Ini!

| on
Thursday, May 14, 2020

Pekerjaan yang sudah menumpuk atau deadline yang makin dekat kerap membuat lupa waktu saat bekerja. Tubuh mungkin kuat untuk diajak bekerja terus menerus, namun bagaimana dengan laptop yang kalian pakai? Laptop yang dipakai terus menerus hingga berjam-jam akan membuat laptop menjadi overheat. Hal ini wajar, tapi jangan sampai diabaikan begitu saja. Karena bisa membuat laptop menjadi nge-lag, atau bahkan membuat prosesor laptop mati *saya sudah pernah soalnya *kraiiii.

Supaya laptop kalian tidak overheat, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Simak selengkapnya yuk!


Bersihkan Cooling Fan Pada Laptop 


Banyaknya debu yang hinggap di cooling fan internal laptop bisa membuat debu masuk ke komponen laptop lainnya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa membuat laptop kalian jadi kepanasan karena aliran udara jadi tidak lancar. 


Usahakan untuk membersihkan bagian cooling fan pada laptop supaya laptop tidak mengalami overheat. Vakum mini atau cotton bud bisa kalian pakai untuk membersihkan cooling fan. Karena saya tidak berani bongkar laptop sendiri, saya minta bantuan tukang servis laptop.


Hindari Meletakkan Laptop Diatas Bantal dan Kasur 


Hayo, siapa yang sering melakukan ini? Meletakkan laptop di atas bantal atau kasur sering dilakukan oleh banyak orang. Padahal meletakkan laptop diatas bantal atau kasur bisa menyebabkan laptop menjadi overheat. Ini terjadi karena dua benda ini dapat menyerap hawa panas dari laptop. Sirkulasi udara pada laptop juga jadi tidak lancar karena menggunakan bantal dan kasur sebagai alas.


Saat saya kuliah dulu, sering banget seperti ini. Karena mager mau kerjakan tugas di meja, jadinya seharian di atas kasur. Tidak hanya sehari dua hari, berhari-hari seperti ini. Dan, boom!! Laptop mati! Untungnya sempat simpan file di flash disk.


Gunakan Cooling Pad 

Cooling pad adalah alat yang bisa mengurangi terjadinya overheat pada perangkat laptop. Alat satu ini mampu menurunkan atau mengurangi hawa panas laptop dengan mengalirkan udara yang segar lewat bagian bawah laptop. Dengan begitu sirkulasi udaranya pun jadi lancar. 


Tapi, pastikan cooling pad yang kalian gunakan tidak dalam kondisi kotor ya. Karena debu yang kotor akan masuk ke dalam laptop. Jadi ya, tetap rajin-rajin bersihkan cooling pad kalian. Saya biasanya bersihkannya pakai kuas kecil saja sudah cukup, yang penting rutin. Merk cooling pad dari Cooler Master atau Havit mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantu mengurangi overheat pada laptop.


Pastikan Layar Pada LCD Laptop Tidak Begitu Terang 


Supaya laptop kalian tidak cepat panas, usahakanlah untuk tidak menggunakan pencahayaan layar yang terlalu terang, tapi jangan begitu redup juga. Sesuaikanlah pencahayaan layar LCD dengan kenyamanan mata kalian. Jadi, setting pencahayaannya dengan tepat. 


Beri Waktu Untuk Istirahatkan Laptop 


Penggunaan laptop yang hampir berjam-jam dan dipakai terus menerus, bisa membuat laptop milik kalian mengalami overheat. Bukan cuma manusia saja yang membutuhkan istirahat, perangkat gadget seperti laptop juga perlu istirahat setelah bekerja dalam waktu yang lama. Jadi, berilah waktu istirahat untuk laptop milik kalian sebelum digunakan kembali. Istirahat yang dimaksud adalah dimatikan secara total ya. Bukan hanya dimode sleep
.
.

Demikian ya, 5 cara untuk menghindari laptop supaya tidak overheat. Jangan lupa share ke teman atau kerabat dekat kalian yang memiliki masalah laptop cepat panas ya!









17 comments on "Supaya Laptop Tidak Mudah Overheat, Simak 5 Tips Ini!"
  1. Nah ini setuju, matikan laptop saat tidak digunakan, dicabut dari stop kontak juga membantu usia panjang laptop ya, kalau cooling pada aku baru berasa diingetin lagi ini, Ria. Oke abis ini pesan by online shop deh

    ReplyDelete
  2. Ya, laptop juga perlu waktu ya mbak, selama wfh aku lebih sering menggunakan, hampir 8-10 jam. Kebiasaan tuh suka meletakan di bantal, ternyata nggak boleh ya.

    ReplyDelete
  3. Itu bersihkan cooling fan berapa bulan sekali ya? Apa tiap minggu? Iya juga ya mau beli cooling fan dah. Baru tercerahkan pas baca ini.

    ReplyDelete
  4. Widyanti YuliandariMay 22, 2020 at 9:16 PM

    Naruh lepi di atas bantal emang engak bgt ya. Aku dulu sering kena imel paksu gara2 hal ini.

    ReplyDelete
  5. Iya nih, benar semua. Saya suka gemas sama anak2 yang hanya sleep-kan laptop dan pencahayaannya disetel terang banget. Harus lebih tegas lagi nih ke mereka.

    ReplyDelete
  6. Iya nih cooling fan aku kayaknya ga bersihin deh. Pakai laptop ya pakai begitu aja. Kurang memperhatikan perawatannya. Paling dilap aja hehehe. Betul3x aku hindari pemakaian laptop di atas kasur sih.

    ReplyDelete
  7. Riaa...
    kamu tau banget. Aku kemarin sempet mandeg nulis karena laptop mendadak jadi super lemot. Ternyata yaa...jangan dipakein bau terus.
    Selama ini, aku kasih tas laptop gitu loo..
    Karena kalo mo pergi-pergi kan simpel, tinggal tutup terus cuuss~

    ReplyDelete
  8. Saya pernah tuh pakai laptop di atas bantal dan kasur. Untungnya langsung diingetin suami. Abis itu gak pernah lagi

    ReplyDelete
  9. akau kalau layar terangnya ngga pas mataku malah ngga enak hehehe. Tapi pakai cooling pad membantu ya mba

    ReplyDelete
  10. aku dulu seringnya ditaro di bantal/bed cover karena emang ga punya meja khusus yg kecil gitu kalo kerja di kamar.

    Trus ga pernah bersihin kipasnya juga huhu.. sekarang ga pake laptop karena mati semua laptopku :(

    ReplyDelete
  11. Wah, terima kasih sarannya jadi lebih berhati-hati dan telaten merawat laptop biar awet, baru tahu nggak boleh di atas kasur...

    ReplyDelete
  12. Nah kadang aku lupa nih keasyikan ngelaptop sembari gegoleran di kasur. Walhasil jadi panas deeeh... Bisa cepet rusak kalau kayak gini.

    ReplyDelete
  13. Saya banget itu pakai laptop di atas kasur karena malas bergerak, tapi itu dulu... sekarang enggak berani lagi dah, hahaha. Laptop lama saya udah gak bisa dinyalakan tanpa kabel jadi ya harus sambil dicas terus deh. Makasih tipsnya Mama

    ReplyDelete
  14. Ini yang saya kadang masih khilaf, keasyikan beraktifitas dengan laptop, ketak-ketik dan BWan dan lupa kalau LCD laptop masih belum dikurangi.

    ReplyDelete
  15. So far, aku masih suka bandel, kerja sambil di atas kasur atau bantal, nih. Tapu pernah kejadian sekali, laptopku tiba2 fan-nya bunyi kenceng. Abis itu disayang2 lagi, disimpan pada tempatnya. Daripada makin rusak nantinya 😁

    ReplyDelete
  16. Pantes aja laptop ipar aq biasa overhead karena makenya kadang di atas kasur atau bantal

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature