Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

4 Tips Mengatasi Stres Saat #dirumahaja Selama Menghadapi Pandemi Covid-19

| on
Thursday, April 30, 2020
From Pixabay

Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan PSBB sebagai upaya menurunkan tingkat penularan virus Corona Covid-19. Salah satunya, Gresik. Kota yang saya tinggali sejak saya lahir. Kota yang berbatasan langsung dengan Surabaya, yang mana Surabaya menjadi kota di Jawa Timur dengan jumlah positif Covid-19 terbanyak.

Saat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajukan ke Kementrian Kesehatan perihal penerapan PSBB di tiga kota di Jawa Timur (Surabaya, Gresik dan Sidoarjo), saya mulai stres. Banyak yang saya pikirkan, termasuk salah satunya adalah kemungkinan pemeriksaan dengan menggunakan rapid test. Hanya saja, karena satu bulan sebelumnya sudah menerapkan #dirumahaja, stres itu tidak sampai pada level mengkhawatirkan.


From Liputan6.com

Tetapi saya butuh lebih banyak relaksasi supaya saya tidak mudah stres di situasi yang tidak menentu ini. Alhamdulillah, suami, anak-anak dan ibu saya membantu proses relaksasi ini. Saya harus merasa sehat, supaya aktivitas isolasi diri ini bisa berjalan dengan baik. Karena bersama saya, ada keluarga saya yang juga ingin tetap sehat dan waras.

Ada beberapa kegiatan yang membantu saya supaya tetap rileks dan mengurangi kecemasan selama masa PSBB. Hanya perlu dilakukan di dalam rumah, dan tidak butuh banyak tenaga dan keringat.


MENINGKATKAN KUANTITAS BERIBADAH


Alhamdulillah, keputusan PSBB di Gresik ini bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Kami berpuasa dengan suasana tidak seperti Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Memang kondisinya sulit, tapi saya mengambil sisi positifnya. Bahwa PSBB membantu kami untuk lebih meningkatkan kuantitas beribadah di rumah.

Meskipun tidak ada terawih di masjid, kami harus ikhlas untuk terawih di rumah. Meskipun tidak banyak terdengar suara orang tadarus di masjid, tapi kami gencarkan tadarus di rumah. Meskipun tidak banyak undangan buka puasa bersama di luar rumah, kami ganti dengan buka puasa bersama keluarga di rumah.

Dengan demikian, semoga hati saya dan keluarga saya, menjadi lebih tenang.


HAND LATTERING


Mungkin untuk beberapa orang, hand lattering sedikit susah karena butuh ketelatenan. Beberapa teman malah mengeluh tidak sanggup belajar hand lattering karena mereka merasa kurang sabar. 

Padahal hand lattering malah menjadi salah satu cara supaya saya bisa menurunkan kadar stres. Saya jadi lebih fokus, lebih sabar dan teliti. Dengan hand lattering, saya juga jadi lebih tenang karena saya tidak lagi memikirkan hal-hal yang membuat saya cemas.


MEMBACA KOMIK ONLINE


Membaca komik secara online, seperti mengulang masa-masa menyenangkan saat masih kecil dulu. Saat dimana merasakan sensasi tidak sabar menunggu terbitan terbaru dari buku komik kesayangan, dan merasakan sensasi bahagia saat membaca.

From zoneblog123.blogspot.com

Membaca komik secara online berbeda dengan membaca buku. Gambar-gambar yang ada di setiap panel komik, menarik untuk selalu diikuti. Paduan warnanya juga membuat perasaan jadi lebih tenang. Tips dari saya, jika ingin mendapat manfaat lebih dari komik secara online jika kita membaca, pilihlah komik yang bertema sosial.


MENGAMBIL FOTO ANAK-ANAK SAAT DI RUMAH


Kegiatan ini awalnya hanya sekadar pengalihan saja karena tidak ada kesempatan untuk mengambil foto tema street photography di luar rumah. Saya suka mengambil potret yang berhubungan dengan manusia dan alam. Karena adanya pandemi Covid-19 ini, ruang gerak dalam melatil skill street photography jadi terbatasi.


Akhirnya mengalihkan kegiatan dengan mengambil foto anak-anak di rumah. 

Yang menarik dari kegiatan ini adalah saya jadi lebih memperhatikan ekspresi anak-anak saya saat melakukan sesuatu di rumah. Ekspresi yang kadang terlewat karena saya lebih sering memerhatikan apa yang sedang mereka lakukan.

Memerhatikan ekspresi anak, ternyata semenyenangkan itu!

.

Kegiatan di atas bisa jadi alternatif supaya kalian tidak terlalu stres menghadapi pandemi Covid-19. Tetapi kalau sudah melakukan keempat kegiatan itu atau kegiatan lainnya, tapi tetap saja stres bagaimana? Lalu bagaimana kalau stres kalian sampai mempengaruhi kesehatan fisik?

Bisa jadi kalian butuh bantuan dokter untuk konsultasi kesehatan. Salah satunya bisa dengan bantuan Halodoc.


Halodoc adalah platform yang berbasis website dan aplikasi untuk mencari informasi kesehatan dan konsultasi dengan dokter. Ada banyak dokter dengan spesialisasi yang berbeda, yang bisa jadi pilihan untuk kalian berkonsultasi. Didukung juga dengan artikel-artikel kesehatan yang lengkap, sebagai tambahan informasi yang kalian butuhkan. Dan yang memudahkan, karena sudah ada aplikasi untuk ponsel, Halodoc bisa membantu kalian di mana pun kalian berada.

Tetap semangat ya, Teman. Disaat pandemi seperti ini, kita harus pandai-pandai mencari cara supaya tidak mudah stres. Juga lekas mencari bantuan ketika kecemasan kalian sudah menganggu aktivitas kalian sehari-hari.



59 comments on "4 Tips Mengatasi Stres Saat #dirumahaja Selama Menghadapi Pandemi Covid-19"
  1. Betul banget mba Ria.
    Kita kudu berdamai dgn stres dan berupaya mengatasinya
    semoga covid-19 segera berakhir ya

    ReplyDelete
  2. Kami juga masih setia dan patuh nih buat di rumah aja. Sesekali anak-anak bilang sih rindu makan-makan di luar. Kadang kami pesan online, nanti dimakan rame-rame di rumah. Tetap seru juga, kok.

    Sengaja lebih sering masak sendiri supaya lebih sehat. Hari gini jangan sampai sakit. Aku khawatir kalau mesti konsul ketemu dokter. Alhamdulillah, kalau ada keluhan ringan, biasanya konsul aja di Halodoc. Bisa sekalian pesan obat juga, tuh.

    ReplyDelete
  3. Hand lattering itu apa mba? Dan kayak apa? Aduh aku baru denger. Allhamdulillah di tengah pandemi gini ada Halodoc ya, jadi kita bisa manfaatin aplikasi ini untuk konsultasi pada ahlinya. Bair nggak usah terburu-buru ke rumah sakit. Serem soalnya ya

    ReplyDelete
  4. Pandemi begini waktu yg tepat utk beruzlah, instrospeksi & kontempelasi diri. Dengan ini, ibadah pun bisa jadi lebih khusyuk dari sebelumnya. Kita juga jadi punya banyak waktu dg keluarga.
    Dan aplikasi halodoc juga sangat membantu di kala pandemi begini.

    ReplyDelete
  5. Saya aja yang orang rumahan kanget banget jalan pake helm, padahal biasanya y biasa aja. Mungkin karena kita ditekankan buat dirumah aja makanya pengen jalan jalan , coba gak ada yg nglarang, ya biasa aja haha

    ReplyDelete
  6. wah pas banget nih aku mempir di tulisan ini, saat di rumah aja seperti sekarang memang di butuhkan cara mengurangi tingkat stress, aku pilih baca comik online. seru juga tuh

    ReplyDelete
  7. Halo Maaak Riaa, apa kabar? Lama ga mampiir sini akutu. Semoga sehat selalu yaaak.
    Asiknya yang menghilangkan cemas dengan Lettering, suka bangeet, jadi tambah asik ya.
    Insyaallah tetep semangat dan semangat juga buat semuanya apalagi ada app halodoc makin ga cemas lagi kalo ada hal2 yang perlu dikonsultasiikan.

    ReplyDelete
  8. Ihh aku berasa lama banget gak mampir kesini.. hahaha... Beneran deh selama WFH ini kalo kita gak pinter2 menyikapi bikin stress.. padahal stress bikin imun turun ya.. Aku sih bersyukur nih bisa banget tetep santuy.. meningkatkan ibadah sprtinya memang yg paling mujarab biar selalu santuy.

    ReplyDelete
  9. Iya bener melihat expresi anak2 itu menghibur jg, kdg kita ikut tertawa melihat kepolosan mereka 😊

    ReplyDelete
  10. senang banget ya ada Halodoc, solutif banget

    Sehingga masyarakat ngga kebingungan

    Sebelumnya kan sedikit sedikit ke dokter atau puskesmas

    sementara di saat pandemi, potensi ketularan disana emnjadi semakin besar

    ReplyDelete
  11. Oh iya, Gresik termasuk area PSBB sama Sidoarjo dan Surabaya ya Mbak. Semoga wabahnya cepat berlalu dan kehidupan sosial ekonomi balik lagi. Kalau aku banyakin ngeblog, apa lagi Mbak, hehe. Sama baca buku deh juga main sama nak-anak. Kalau Halodoc emang tepercaya banget sih, kalau browsing urusan kesehatan artikel Halodoc muncul dan sering diakses. Informasinya valid dan lengkap, termasuk ada aplikasi janjian dan konsultasi dokter ya, to banget!

    ReplyDelete
  12. Sebenanrnya banyak yang bisa kita di rumah yang bisa membuat kita bahagia dan terhidar dari stress ya mbak. Kalau aku lebih memilih menonton dibanding membaca komik online.

    ReplyDelete
  13. Tiap orang punya cara dan minat sendiri-sendiri buat menangkal stres ya. Aku termasuk yang nggak bisa menikmati hand lettering, jadi memilih kegiatan lain aja :)

    ReplyDelete
  14. Bener seh ya stress di covid ini emak ga bisa bobok nyenyakπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Karena anak selalu ada. Perlu healing sejenak emang

    ReplyDelete
  15. Wah seru juga jika kita mau mengulik hal-hal menarik di rumah ya mbak.. tentang aplikasinya, aku juga udah coba tuh . Ternyata stay at home banyak juga sisi positifnya

    ReplyDelete
  16. iya mbak, memang harus menyibukkan diri mencari kegiatan, biar nggak banyak waktu terbuang dengan duduk diam termangu aja.

    ReplyDelete
  17. Meningkatkan kuantitas beribadah memang penting banget ya.
    Ku ngerasa banget sejak baca Alquran beserta artinya, hati terasa adem dan ikhlas ngejalanin ini semua.
    Semoga pandemi segera berlalu ya.

    ReplyDelete
  18. Bener banget, ya, Mbak, kalau nulis itu bisa sebagai healing. Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan buat diri sendiri bahagia. Bagus juga ada layanan Halodoc, bisa membantu kalau lagi cari info tentang kesehatan. Bisa buat daftar ke RS juga ya?

    ReplyDelete
  19. Halodoc aplikasi yang lumayan dibutuhkan untuk saat ini. Bisa konsul masalah yang menimpa fisik maupun psikis.

    ReplyDelete
  20. Halodoc ini keren ya,
    Bisa menjadi solusi bagi kita semua.

    Kemudahan dalam mengakses juga berpengaruh pada kecepatan dalam penanganan.
    Mantab

    ReplyDelete
  21. Saya juga suka baca komik online mbak lumayan bisa ngakak-ngakak sebentar biar nggak spaneng ngadepin kerjaan kantor dan anak-anak yang berantem

    ReplyDelete
  22. Baguss banget handlatteringnya mbaak 😍😍 harus balance emang yaa mbak saat kondisi pandemic begini, pun harus pandai memanajemen pikiraan dan makan/minuman bergizi biar sehat-sehat terus 😁 salam kenal ya mbak ria, udah saya follow juga blognya ☺️

    ReplyDelete
  23. Rasanya enak banget ramadhan tahun ini ga ada beban banget. Tidur bisa bebas berjam-jam karena ga ada kerjaan dan tugas kuliah juga ga ada. Tinggal pintar-pintar bagi waktu supaya ga terlena, jadi lebih sering tadarus deh

    ReplyDelete
  24. Aku penasaran nih mba belajar hand lettering. Dari pemula gitu bisa ya mba, tutorialnya gampang kah mendapatkannya?

    ReplyDelete
  25. Hand letteringnya lucu Maaak. Gara-gara virus Corona ini kita jadi diem di rumah terus tapi juga jadi kreatif dan bounding dengan keluarga makin baik, ya.Stock fotoku mulai menipis nih, mikir keras foto-foto apalagi yang kreatif selama di rumah hihi

    ReplyDelete
  26. wah bener banget, bahwa PSBB bisa membantu untuk lebih meningkatkan kuantitas beribadah di rumah :') semoga semua sehat selalu yaa

    ReplyDelete
  27. Surabaya memang sudah masuk zona merah ya, Mbak. Makanya kota terdekat yaitu Gresik dan Sidoarjo juga harus memeperketat langkah pencegahan. Dan saya juga mengandalkan Halodoc untuk mencari info-info kesehatan, Mbak. Jadi walau di rumah, tetap update info seputar kesehatan.

    ReplyDelete
  28. Iya nggak boleh panik ya walau situasi bagini, lakukan kegiatan yang disenangi biar rileks, dan rajin pantau info kesehatan di HaloDoc

    ReplyDelete
  29. Banyak kegiatan positif yang bisa diesplore selama dirumah ya kak. Kedekatan dengan anak dan juga suami jadi hal yang jarang bisa dirasakan saat pandemi. dengan begini semua ada hikmahnya.
    BTW Halodoc juga ngebantu banget untuk konsultasi online kalo ada masalah kesehatan dan bisa dapet obat juga kan ya

    ReplyDelete
  30. Aku dah cobain nih cek info ttg Covid di Halodoc.. komplit euy.. bisa cek diri kita sendiri tergolong resiko tinggi ato nggak

    ReplyDelete
  31. Oh ya nggak kepikiran buat baca komik online mba. Mau nyoba ah biar mengurangi stress

    ReplyDelete
  32. Bisa bngt itu. Semua bisa di coba hal baru n pastinya positif ya. Baca artikel kesehatan itu jg menarik

    ReplyDelete
  33. Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan walau di rumah aja.
    Kalau mamak di bulan Ramadhan ini, untuk urusan dapur aja lumayan menyita waktu, yang bikin puyeng ide memasaknya. Hand lattering-nya rapi dan tjantik, kak.
    Di masa pandemi ini untungnya berbagai aplikasi online seperti Halodoc sangat membantu utk rujukan informasi ya.

    ReplyDelete
  34. Halodoc ini juga andalanku untuk segala informasi seputar kesehatan, termasuk urusan obat2an.

    ReplyDelete
  35. Wah, mak Ria jago hand lettering ternyata. Aku baru tau. Lihat foto anak2 lagi main air sian-siang gini, rasanya kok seger banget yaa

    ReplyDelete
  36. Ternyata banyak hal positif yang bisa kita lakukan di rumah untuk menambah kualitas hidup ya mba. Tetap bersyukur dalam keadaan apapun dapat mengurangi rasa stress..

    ReplyDelete
  37. Tingkah stres ketika di rumah aja, memang terkadang menghampiri ya mbak, oleh karena itu kita memang harus bijak menyikapinya. Berbicara tentang aplikasi Halodoc, apliaksi ini sangat membantu banget ditengah pandemi seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  38. Sekarang ini emang kudu pintar-pintarnya kita ya Mbak, melindungi diri dan keluarga dari si covid dan dampaknya. Terutama juga untuk urusan mental. Duhhh Aku juga sempet di awal2 itu setres

    ReplyDelete
  39. Udah 2 bulan sejak di rumah aja dan ga kemana-mana, bener-bener bikin bosan dan gabut. Pengen nyoba hand lettering kayak Kakak, tapi aku tidak ahli hehe.

    ReplyDelete
  40. Aku sering baca artikel kesehata di Halodoc, jauh sebelum pandemi ini.
    Tipsnya oke nih, memang kudu cari kegiatan agar tidak stres di tengah pandemi

    ReplyDelete
  41. Kita memang harus lebih kreatif untuk menciptakan suasana di rumah yang menyenangkan. Supaya terhindar dari rasa bosan apalagi stres

    ReplyDelete
  42. Fiturnya Halodoc membantu banget nih mbak di saat seperti sekarang ini. Layanannya juga oke

    ReplyDelete
  43. Ri, mau tanya doonk..
    Kalau ambil foto anak-anak memang sengaja gak pakai efek bokeh?
    Ini foto aseli yaa...?
    Gapake proses editing?

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. Selain tambah ibadah Ada bnyak hoby ya mba salah satunya Kegiatan photography bisa foto kegiatan anak2

    ReplyDelete
  46. Foto anak2nya yg lagi bermain air dapet banget ekspresinya, mereka happy banget ya. Foto human interest ini termasuk yg suka saya lihat. Tak mudah menangkap ekspresi seseorang dalam jepretan kamera

    ReplyDelete
  47. Mendengar berbagai berita mengenai covid kita pasti tak bisa mengelak akan terjadi beban di pikiran juga rasa khawatir
    Dan dampaknya bisa nyebabin stres padahal itu akan melemahkan imunitas, yang pada akhirnya akan membuat tubuh mudah jatuh sakit

    ReplyDelete
  48. Selama #DiRumahAja saya juga lebih banyak belajar hal baru Mbak. Meskipun kadang harus rebutan waktu sama jam belajar anak. Tapi masih bersyukur, setidaknya masih sempat. Sehat selalu ya, keep positive!

    ReplyDelete
  49. Mantap tipsnya..
    Bisa diterapkan ni,
    Biar nggak stres saat di rumah saja

    ReplyDelete
  50. Di kondisi pandemi kayak sekarang, terasa banget beruntungnya ada aplikasi seperti Halodoc gini. Jadi kalau nggak perlu-perlu amat nggak usah langsung ke faskes. Kalaupun ke faskes, nggak perlu ngantre lama-lama.

    ReplyDelete
  51. Saya juga mulai kenal komik online sejak di rumah aja, lumayan buat hiburan

    ReplyDelete
  52. Belum pernah coba handlettering sama baca komik online... Mau baca komik ah, handlettering soalnya engga bisa, hihihi...

    ReplyDelete
  53. Yakin nih cuma komik ajah,gimana dengan drakornya?? Tetap lanjut atau udah bosen??

    ReplyDelete
  54. Kuantitas ibadah itu perlu banget karena bisa diimbangin dengan muhasabah diri sehingga lebih plong

    ReplyDelete
  55. Mau tidur baca webtoon, bangun tidur baca webtoon, sambil sahur baca webtoon, astaghfirullah aku wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  56. Saya tertarik dg hand lettering Mbak. Ga berbakat sih, tapi kalo liat hasil punya orang2 kok rasanya pengen nyoba bikin juga.

    ReplyDelete
  57. Point 1 harus banget. ibadah dan doa kekuatan yg membuat hati tenang

    ReplyDelete
  58. Emang butuh daftar kegiatan ekstra ya buat mengisi waktu luang saat di rumah aja. Belum saatnya jalan-jalan sih. Kalau nggak enak badan pun ,belum berani ke rumah sakit. Untung ada aplikasi Halodoc ya. Membantu banget.

    ReplyDelete
  59. mengabadikan aktivitas anak di rumah udah jadi hobiku banget mbaaak, apa apaa dikit aja dia aku foto, pagi bobok aja aku foto hehehe

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature