Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Mesin EDC GoPay Bantu Pembeli yang Enggan Bawa Uang Cash

| on
Friday, January 10, 2020

Kemajuan teknologi didasarkan bagaimana membuatnya cocok sehingga Anda tidak menyadarinya, hingga menjadi bagian keseharian dalam hidup – Bill Gates


Iya betul, kalau kita mengatakan sekarang jamannya semua serba menggunakan teknologi. Sesuai dengan kalimat yang disampaikan oleh Bill Gates, hampir dari kita semua, sudah menjadikan teknologi sebagai bagian dalam kehidupan kita. 

Bahkan beberapa dari kita sudah candu menggunakan teknologi. Tanpa memandang usia.

Saya sebagai guru bimbingan dan konseling, sering menjadikan games online sebagai contoh candu dalam penggunaan teknologi. Padahal, saya sendiri sebagai seorang konsumen juga selalu mencari cara memesan tiket bioskop secara online dan tergoyahkan dengan mesin EDC Gopay saat makan di luar rumah. Ibu saya, sekarang suka mendengarkan ceramah agama lewat Youtube, terutama saat menjelang tidur malam. Kedua anak saya pun sama, juga suka menggunakan Youtube Kids kalau sudah bosan beraktifitas fisik.

Teknologi bukan lagi ‘seolah menjadi bagian dalam kehidupan kita’. Tapi teknologi ‘sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita’. 

Bagi saya, teknologi itu punya dua fungsi. (1) menjadi sarana untuk menyenangkan diri, dan (2) menjadi alat untuk memudahkan hidup.

Main games online dan menonton Youtube adalah contoh dari teknologi sebagai sarana untuk menyenangkan diri. Sedangkan membayar melalui mesin EDC Gopay, adalah contoh teknologi sebagai alat untuk memudahkan hidup.



Saat liburan sekolah di akhir Desember 2019 lalu, saya ada jadwal piket di sekolah. Karena jam piket lebih pendek ketimbang jam mengajar, artinya saya punya beberapa jam sebelum saya menjemput anak saya di rumah ibu. Main dulu ke Icon Mall (salah satu mall di Gresik) buat cari beberapa skincare yang sudah hampir habis. 

Cari skincare selesai dan bahagia karena dapat banyak diskon akhir tahun, saya memutuskan untuk keliling dulu cari cemilan karena lapar. Ternyata, sekadar berburu diskon akhir tahun saja, membuat perut mudah kroncongan karena otak harus diajak berfikir apakah diskonannya worth it atau nggak *abaikan cerita yang ini*.

Di lantai dasar mall, banyak tenant makanan yang bisa jadi pilihan. Jalan pelan-pelan untuk melihat apa yang menarik. Sempat berhenti di salah satu toko roti favorit anak-anak, tapi ngga jadi beli karena uang cash saya habis setelah beli skincare tadi. Meskipun di ponsel saya ada saldo Gopay dan ada kartu ATM, saya ingat kalau toko roti ini nggak menerima transaksi moneyless. Ya sudah, beralih ke tenant yang lain.

Saat berkeliling, tiba-tiba saya berhenti di salah satu tenant roti yang ternyata penjaganya itu murid saya dulu. Yang membuat saya tertarik adalah, dia kerja setelah lulus SMA. Padahal, dia dulu sering datang ke ruang BK untuk konsultasi tentang pilihan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. 

Mesin EDC SPOTS yang praktis sekali

Saya lihat ada mesin EDC di atas meja. Yes, saya bisa pesan tanpa keluarkan uang cash! Setelah memesan dua menu karena, saya ajak dia ngobrol karena kebetulan belum ada pembeli yang lain. Ternyata dia memang sengaja menunda dulu masuk kuliah karena masalah biaya. Dia kerja dulu untuk mengumpulkan biaya masuk kuliah di tahun ini. Setelah pesanan saya selesai, saya keluarkan ponsel dan dompet untuk membayar.

‘“Pakai Gopay bisa nggak?” tanya saya setelah saya tahu kalau ternyata mesin EDC itu adalah mesin SPOTS yang nggak ada tombolnya sama sekali. Kalau mesin EDC SPOTS seperti ini, pembayarannya pasti dengan cara scan kode QR

“Bisa, Bu.” jawab dia sambil mengambil mesin SPOTS yang ada di atas meja. 


Mesin EDC Gopay SPOTS yang Memudahkan Transaksi Moneyless


Banyak dari kita yang memilih moneyless tanpa perlu membawa banyak uang cash yang mempertebal dompet. Tinggal tap tap gesek atau scan, transaksi beres. Record rapi pula, karena laporan transaksi sudah tercantum rinci di ibanking atau di aplikasi moneyless. Contohnya saja, kemudahan saya saat memesan GoJek untuk menjemput anak pulang sekolah. 

Sejauh ini ada dua cara yang bisa kita lakukan saat melakukan pembayaran dengan scan kode QR melalui aplikasi GoJek. Yang pertama yaitu melakukan scan kode QR yang sudah dicetak di kertas oleh pemilik usaha. Cara kedua adalah dengan melakukan scan kode QR di mesin SPOTS. 

Mesin SPOTS sendiri ini sifatnya multifungsi, karena bisa dipakai untuk melakukan banyak hal. Apa saja sih yang bisa kalian lakukan kalau kalian memiliki mesin SPOTS ini?


Mesin EDC SPOTS Menerima Pembayaran Go-Food 


Saat saya habiskan pesanan saya di tenant sambil membalas beberapa pesan dari teman, ada beberapa driver GoJek yang datang memesan Go-Food. Saya perhatikan, mereka tinggal bilang pesanan siapa dan memesan apa. Sedangkan pesanannya sudah hampir siap. Ternyata murid saya sedari tadi berkutik dengan bahan makanan, untuk menyiapkan pesanan para driver yang tertera di mesin EDC GoPay. 

Driver Gojek bertransaksi dengan menggunakan mesin EDC SPOTS

Artinya begini, kalau kalian punya mesin SPOTS, mesin ini akan memberikan laporan kalau ada pesanan melalui Go-Food. Sambil menunggu driver datang, kalian bisa siapkan pesanannya. Jadi saat driver sudah datang, pesanan kalian sudah siap atau tinggal finishing saja. Hm, kalau seperti ini, bakal memberikan nilai bagus buat usaha kalian karena kecepatan penyelesaian pesanan.


Mesin SPOTS Bisa Untuk Pembayaran dengan Menggunakan GoPay


Seperti transaksi saya di meja kasir, mesin SPOTS ini sendiri bisa dipakai untuk membantu pembayaran dengan menggunakan GoPay. Kalian tinggal memberikan kode QR yang nanti akan dimunculkan di mesin SPOTS kepada pelanggan, dan viola! Dana kalian sudah masuk ke akun GoJek kalian, setelah pelanggan melakukan scan kode QR.

Scan kode QR yang muncul di mesin EDC SPOTS

Muncul total transaksi dan lokasi kita bertransaksi

Oh iya, saya dengar info nih, kalau mesin SPOTS ini ternyata juga mesin EDC dengan kartu debit. Tenant atau toko yang menggunakan mesin SPOTS, akan menerima pembayaran dengan menggunakan kartu debiit. Wah ... pelanggan bakal makin nyaman dengan pilihan pembayaran ya! Berfaedah sekali untuk kalian yang memiliki pelanggan yang ingin membayar secara moneyless dan nggak bawa uang cash dan sedang tidak memiliki atau membawa aplikasi GoJek.


Mesin EDC SPOTS Bisa Langsung Cetak Resi


Mesin SPOTS sendiri sudah dilengkapi dengan mesin untuk mencetak resi di dalamnya. Jadi saat transaksi selesai, resi akan langsung tercetak. Nggak butuh mesin tambahan lagi untuk mencetak resi. Lebih praktis!


Mesin EDC SPOTS Mengirim Laporan Transaksi Harian 


Kalau kalian menggunakan mesin EDC GoPay, kalian sudah nggak perlu lagi mencatat laporan penghasilan usaha kalian secara manual. Karena SPOTS akan mengirim secara rinci semua transaksi melalui email setiap hari. Nggak hanya itu saja, kalian juga bisa memantau perkembangan omzet kalian melalui aplikasi. Hm, mudah sekali bukan?

.
.

Saya pikir, apa yang dikatakan Bill Gates itu benar. Bahwa teknologi itu dibuat cocok untuk kehidupan kita, sampai-sampai kita sendiri nggak sadar kalau ternyata teknologi itu sudah membantu melakukan banyak hal dalam aktifitas kita. Termasuk cara menggunakan mesin EDC SPOTS yang mudah, merupakan teknologi yang dibuat untuk membantu usaha kalian.
69 comments on "Mesin EDC GoPay Bantu Pembeli yang Enggan Bawa Uang Cash"
  1. Simple ya Pakai Spots, terutama untuk pedagang. Daftarnya pun mudah, cara penggunaannya gak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, bagi pedagang memudahkan dan menguntungkan juga, bagi pembeli pun memudahkan. Benar-benar membantu, baik bagi pedagang maupun pembeli

      Delete
    2. Setuju, mesin EDC SPOTS sangat membantu UMKM
      Salah satunya dalam hal pembukuan

      Delete
    3. Penggunaan yg ngga ribet ini lho yg banyak dicari sama pelaku UMKM ya..

      Delete
  2. Aku nunggu tukang sayur langgananku di pasar untuk memakai mesin EDC Spots ini. Supaya aku gak usah bawa-bawa uang lagi. Berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren lho mbak, tukang sayur pakainya mesin EDC Spots

      Delete
  3. Jadi notifnya udah keterima sebelum driver datang, ya? Asik nih ga usah nunggu lama segala, ya. Ya driver ya yang pesen bisa cepet nerima. Aku juga udah berkurang banyak pake cash. Cuma harus bisa ngerem aja, nentuin mana yang perlu sama yang mau. Biar ga cepet abis saldo rekening hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ngga pakai cash ya gini ini, harus bener2 atur pengeluaran. Krn celah buat bocor alus

      Delete
  4. Semoga muridnya nanti segera bisa kuliah seperti yang dicita-citakan ya Mbak
    Oh ya tentang mesin EDC SPOTS Gopay ini membantu sekali berarti baik bagi pelaku usaha juga konsumennya. Praktis dan ekonomis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin.. semoga dia bisa segera kuliah ya, mbak

      Delete
  5. keren banget ini terobosannya, teknologi jadi bikin hidup lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknologi dibuat mmg untuk memudahkan ya, mbak

      Delete
  6. makin banyak perangkat berbasis teknologi yang mempermudah kehidupan kita. Kalau tiap tenant pakai EDC SPOTS ini makin memudahkan ya dalam proses pembayaran, jadi nggak ada lagi yang udah nengok dan pengen beli, tapi batal karena nggak bawa uang cash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal sedia akun Gojek dan Gopaynya terisi saldo, amannnnn

      Delete
  7. Wah Mba Mesin EDC spots ini membantu sekali ya. Bisa bayar tanpa tunai juga. Jadi kalau kita nggak bawa uang tunai atau dompetnya ketinggalan, jadi nggak usah khawatir lagi ya dan bagi pengusahanya juga lebih mudah untuk pembukuannya ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mesin EDC Gopay ini, cocok banget buatya pengusaha kok mbak, baik skala kwcil atau skala besar

      Delete
  8. Sekarang bayar-bayar belanja atau jajan makin mudah ya pakai SPOTS, mesin EDC GoPay, aku udah nyobain baik pakai GoPay maupun Kartu Debit, tapi sayangnya belum semua merchant familiar dengan pembayaran pakai Kartu Debit, sebagian besar masih menggunakan GoPay atau menggunakannya sebagai alat Poin Of Sale yang membantu pencatatan keuangan atau transaksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener itu. Ngga banyak yg familier sama penggunaan debit. Padahalt tinggal gesek atau tinggal memasukkan di slotnya

      Delete
  9. Waah.. Banyak banget ya mba keunggulan dari EDC SPOTS ini. Sebagai generasi cashless aku jadi terbantu banget. Penting nih buat yang mau buka usaha terutama kuliner tinggal beli SPOTS buat memudahkan pembayaran dan terima laporan keuangan harian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama buat pengusaha, mesin EDC ini membantu bangetttt

      Delete
  10. Wah, transaksinya jadi lebih rapih ya mak karena dikirim ke e banking? bagus banget nih sdc spots. Tapi emang saya udah sempet liat di beberapa tenant edc spots ini, memang memudahkan dan multifungsi juga

    ReplyDelete
  11. Beruntungnya kita yang bisa hidup di era yang teknologinya sangat membantu aktivitas kita sehari-hari ya ...
    Misalnya saja dengan mesin EDC, kita bisa bayar tanpa ribet dengan uang cash dan juga bermanfaat bagi penjual karena ada laporan transaksinya. Praktis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh mbak.. praktis banget.. kayaknya skr gak bawa dompet bukan lagi big problem ya.. haha.. asal bawa hp dan semua dompet online gendut..

      Delete
  12. Pantesan sekarang tuh kalau gofood suka cepet banget sampainya. Ternyata ada EDC spots, yaa. Benar-benar efisien jadinya. Nice info, makasih yaaa.

    ReplyDelete
  13. satu mesin punya manfaat banyak ya mbak. membantu banget untuk kemudahan transaksi pembeli maupun pelaku usaha. di Bengkulu juga dah banyak nih yang pake SPOTS. harganya juga terjangkau

    ReplyDelete
  14. Saya termasuk yang jarang bawa cash. Kalaupun bawa, paling cuma sedikit. Soalnya suka bececeran di mana-mana. Mending memang bayar pakai kartu. SPOTS ini membantu banget karena saya tinggal bayar pakai debit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin EDC ini pun sebetuonya bukan sesuatu yang aneh. Apalagi buat yang suka bayar pakai debit. Tetapi, yang bikin saya senang, SPOTS ini cocok untuk pengusaha UMKM.

      Delete
  15. Asyik banget ya sekarang merchanty2 sudah pakai mesin edc gopay soalnya sekarang serba cashless males bawa cash, kadang lupa bawa dompet juga tapi yang pasti hp gak pernah ketinggalan

    ReplyDelete
  16. Sip lah, jadi pas njajan gitu ga khawatir ya bayar-bayar meski uand di dompet udah menipis ;) Tambah sip lagi karena ternyata bisa juga digunakan untuk kartu debit.

    ReplyDelete
  17. Kalau teknologi udah mudah kaya gini, kudu lebih bijak juga ya Mbak. Jangan gara-gara chasless, eh jadi beli ini itu. Tapi sekali-kali jajan, bolehlah. Mudah lagi kalau ada mesin kasir kaya Spots ini

    ReplyDelete
  18. Aku juga ikutan happy adanya keberadaan mesin edc gopay ini jadinya kalau belanja lebih mudah dan asik.. Bayar pake gopay

    ReplyDelete
  19. Paling seneng kalau banyak merchant yang udah pakai EDC kayak gini, jadi ga bawa uang ga masalah hehe selama saldo Gopay on hehe.

    ReplyDelete
  20. Perlahan uang cash sudah berkurang peredarannya ya Mbak. Suka tidak suka semua orang sekarang harus beralih menggunakan teknologi. Sisi positifnya dari cashless seperti ini kita jadi nggak khawatir bawa uang banyak. Spots ini juga terobosan yang luar biasa.

    ReplyDelete
  21. Lebih banyak pilihan ya kalau pakek SPOTS. Gak cuma buat transaksi dengan QR Code, tapi bisa main di debit juga. Akus eringnya pakek debit sih, jadi butuh banget alat pembayaran seperti ini.

    ReplyDelete
  22. Bener bnget yakk Mesin EDC Gopay ini bikin praktis bisa e-digital Juga kartu Debit/kredit buat pngguna Juga jd gmpng hitung cashflow nya

    ReplyDelete
  23. Karen ya Gopay. Udah bisa dipakai di mana2. Bikin kita gak perlu bawa uang banyak ke mana. Tinggal banyakin aja saldonya.

    ReplyDelete
  24. Tuh yaa...EDC Gopay makin mempermudah sang pemilik usaha dan pembeli.
    Dengan harga sewa terjangkau, gak ragu lagi pakai SPOTS untuk membantu usaha UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ya mbak. EDC GOpay turut memajukan UMKM dengan fasilitas dan keindahannya.

      Delete
  25. Era teknologi yang semakin maju semakin memudahkan pula kegiatan kita sehari-hari bahkan untuk urusan bayar membayar, dan yang terpenting jgn sampai hp ketinggalan.

    ReplyDelete
  26. Sekarang ala-ala serba dimudahkan ya mbak. Teknologi memang sudah seharusnya mendukung kemajuan zaman dengan memanfaatkannya untuk kemaslahatan.
    Makasih sharing nya

    ReplyDelete
  27. Sepakat, teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan kita.
    Dan dalam hal ini adanya EDC Gopay mempermudah custimer melakukan pembayaran pastinya membawah dampak usaha bisa cepat berkembang.

    ReplyDelete
  28. Kemudahan bertransaksi semakin banyak ya mbak. Nggak perlu kawatir kalo pas nggak bawa uang tunai ^^

    ReplyDelete
  29. Mesin EDC Gopay Spots memudahkan transaksi pembayaran.
    Mana ada beragam pembayaran selain tunai. Semua mengikuti perubahan digital ya.

    ReplyDelete
  30. Lama kelamaan kita ngga pegang uang ya?
    Gaji,honor/fee masuk ke rekening bank bahkan ada yang langsung masuk e-wallet
    Dari e-wallet kita membayar semua tagihan, termasuk jajan dan transportasi
    Mungkin berikutnya bayar angkot pakai e-wallet ya?
    :D

    ReplyDelete
  31. sekarang saya lebih memilih isi aplikasi pembayaran seperti GoPay ini, daripada harus bawa cash kemana-mana, lebih praktisss dan gak kececer kemana-mana uangnya, terus kalau bayar juga bisa pas gak lebih gak kurang detail angkanya

    ReplyDelete
  32. Baru tahu ada mesin EDC dari Gopay. Sip lah...Apalagi bias untuk kartu debit juga. Kan solusi kalua dompet cekak, dan saldo juga menipis.

    ReplyDelete
  33. Enak banget nih, ke mall gak perlu bawa dompet berisi uang Cash. Lebih aman juga kan. Apalagi Gopay udah luas banget jaringannya di banyak kota.

    ReplyDelete
  34. Jadi sekarang kemana aja klo dompet ketinggalan gak perlu risau ya Kak. Bisa bayar via hape. Betapa mudah fasilitas hidup sekarang ini.

    ReplyDelete
  35. gegara ada ewallet, saya tuh sering banget kemana-mana gak bawa dompet. soalnya lebih praktis sih ya, kan ponsel selalu terbawa. baru ngeh kalau pas beli makanan di mall, alat yg dipakai tuh spots

    ReplyDelete
  36. SPOTS ini membantu banyak pengusaha kecil menengah ya...jadi gampang pembayarannya sekaligus pencatatan transaksinya..

    ReplyDelete
  37. ini dapat memudahkan pedagang dalam bertransaksi, lebih cepat dan efisien :)

    ReplyDelete
  38. Saya suka pakai gopay juga, selain bayar unt ojol juga belanja, seneng kl dapat cashback hehe

    ReplyDelete
  39. Iya di daerahku sudah mulai banyak yg menggunakan ini. Ga takut ga bawa duit, bisa bayar pake mesin ini.

    ReplyDelete
  40. Wah, bagus dong ya. Bisa cepet banget pesanan kita nyampenya. Hemat waktu dan efisien. Tapi terutama buat yang punya usaha lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  41. Trend cashless, jadi memang tiap warung yg berjulan menggunakan jejaring tertentu dan dapat dipesan secara online harus punya mesin kasir SPOT ini.
    Memudahkan. Dan ternyata punya nilai tambahan yaitu "trust"

    ReplyDelete
  42. Aku juga pernah bayar makanan pakai QR Scan mesin EDC. Enak ya praktis :) Yang penting ada saldo aja hihihihi. Biaya administrasinya 4.500 kalau ga salah ya cukup terjangkau lah. Makin dimanja aja hidup ini :)

    ReplyDelete
  43. Spots ini emang memudahkan generasi cashless kayak saya ini. Yang males banget bawa uang cash kemana-mana. Hehe.

    ReplyDelete
  44. Mesin edc ini memang membantu sekali buat yang lupa bawa cash. Selama hp masih di tangan, aman deh

    ReplyDelete
  45. Nggak cuma di mall. Jajan di kaki lima juga sudah pake SPOTS

    ReplyDelete
  46. Abis jalan sore Adikku minta jajan seblak untung AQ pnya gopay cus deh nyaman

    ReplyDelete
  47. Makin lama orang makin pengen segala serba praktis. Uang aja udah males bawa2 cash. Semua pake e money. Entah gopay, ovo, dana dan sebangsanya atau justru debit sekalian. EDC pastinya funsional banget di jaman kita hidup sekarang. Makanya semua mesti melek teknologi.

    ReplyDelete
  48. Sukaaa aku bisa belanja tanpa harus bawa uang tunai atau kartu. Di satu sisi, bawa uang banyak-banyak tuh rawan kecopetan. Di sisi lain, aku tuh punya banyak kartu yang suka keselip-keselip gitu. Kan malu udah gigit rotinya eh nggak bisa bayar, hahaha ...

    ReplyDelete
  49. EDC Gopay dari SPOTS ya?
    Adanay EDC ini nurut aku membantu kedua belah pihak.
    Pemilik bisnis dan pembeli karena kemudahan bertransaksi menjadi salah satu faktor orang mmebeli.

    ReplyDelete
  50. Teknologi sekarang sudah canggih banget ya Mbak. Salah satunya dengan hadirnya mesin ECD Gopay ini transaksi jadi mudah gitu. Bisa dilakukan tanpa uang cash, yang penting selalu bawa smartphone. Bahkan sampai ada ungkapan lebih baik lupa bawa dompet daripada kupa bawa smartphone.

    ReplyDelete
  51. Dulu saya menghindari segala hal yang berbau online, urusan bank, pembayaran dll. Sekarang sejak ada dompet digital rasanya sudah tidak lagi khawatir. Spots nggak hanya praktis dan cashless tapi juga lengkap dan cepat sampai pada cetak resi saat itu juga.thanks mbak info bermanfaat banget

    ReplyDelete
  52. setuju aku mba sama ini : teknologi itu punya dua fungsi. (1) menjadi sarana untuk menyenangkan diri, dan (2) menjadi alat untuk memudahkan hidup.
    Waah baru tahu kalau mesin EDC SPOTS ini enggak ada tombolnya sama sekali. Kukira ada tombolnya. Asyik ya dengan EDC Spots ini mau jualan apa pun jadi mudah, cashless enggak repot soal uang kembalian dan juga ada bukti cetak pembeliannya. Keren :)

    ReplyDelete
  53. Aku juga udah jarang banget bawa-bawa uang cash, Mba. Tapi teteup sih, menuruti pesan ibuku untuk selalu membekali dompet setidaknya dengan cash 200 ribu rupiah. Takut kenapa-napa di jalan, manakala si mesin EDC apa pun sedang error. Kudu lari ke cash juga. Hihi. Tapi biasanya, si 200 rb ini lumayan lama bertahan, karena apa-apa pake cashless!

    Btw, ini mesin EDC SPOTS seru juga, ya? Setiap pedagang sudah harus mengupayakan untuk memilikinya deh, agar pembeli happy, pedagangnya juga senang kan?

    ReplyDelete
  54. memang mesin ini serba bisa dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  55. Pakai EDC SPOTS mah emang lebih praktis ya, no ribet ribet club. Apa lagi buat emak-emak yang punya bayi usil suka ngambil uang emaknya pas mau bayar. Haha.

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature