Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Biaya NIPT Test Bagi Ibu Hamil

| on
Minggu, Januari 08, 2023
Tes NIPT


Memiliki anak yang sehat sejak dalam kandungan adalah harapan semua pasangan yang sudah menikah. Segala cara pasti dilakukan untuk mewujudkan harapan itu. Mulai dari menjaga kesehatan fisik dan mental ibu, memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam perut, serta melakukan beberapa macam tes untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin.

Salah satu tes yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengetahui kesehatan janinnya adalah NIPT test. Apa itu NIPT test? Hasil apakah yang bisa didapat setelah melakukan NIPT test? Dan berapa biaya NIPT test yang harus dikeluarkan?


NIPT Test


Sekarang ini, inovasi di dunia kedokteran semakin baik dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Dalam dunia kesehatan ibu dan anak pun begitu. Salah satunya adalah NIPT test atau Non-Invassive Pre Natal Test.

Tes NIPT ini merupakan salah satu tes yang sangat penting bagi ibu hamil, karena mampu mendeteksi jika ada kelainan yang ada pada janin saat mereka tumbuh dalam kandungan. Cara kerja tes NIPT ini adalah dengan cara mendeteksi kelainan genetik yang muncul pada janin sejak dini. Yang perlu diketahui oleh ibu hamil dan keluarga adalah bahwa kelainan genetik pada janin disebabkan oleh perubahan gen atau kromosom janin, yang mana kelainan ini bisa beragam bentuknya.

Dan untuk mendeteksi munculnya kelainan genetik sejak awal, maka dibutuhkan pula pemeriksaan genetik. Nah, tes NIPT ini adalah salah satu solusi yang bisa diambil bagi calon ibu dan ayah.


NIPT Test Bagi Ibu Hamil


Setiap orang yang memiliki kelainan tertentu dan beresiko sebagai pembawa gen, anjurannya adalah melakukan tes NIPT. Ada beberapa golongan ibu hamil yang membutuhkan tes NIPT, yaitu :
  1. Seorang ibu yang hamil di usia 35 tahun atau lebih, atau hamil di bawah usia 21 tahun
  2. Seorang ibu yang pernah melahirkan anak dengan kelainan bawaan genetik
  3. Seorang ibu atau pasangannya yang memiliki kelainan genetik
  4. Seorang ibu atau pasangan yang memiliki keluarga dekat dengan kelainan kromosom

Berbeda dengan tes lainnya yang dilakukan oleh ibu hamil, tes NIPT bisa dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu. Keakuratan yang tinggi (beberapa sumber mengatakan sekitar 97-99%) membuat tes ini mampu mendeteksi sejak awal adanya kelainan bawaan pada janin.

Biaya NIPT Test


Biaya NIPT Test


Seperti yang sudah disebutkan di awal tentang keunggulan tes NIPT, tentunya banyak yang khawatir dengan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti tes ini. Di Indonesia sendiri, biaya NIPT test berkisar antara 5-10 juta rupiah, tergantung pada paket yang ditawarkan. Tapi, jika melihat manfaat yang didapat, jumlah biaya tersebut masihlah terbilang wajar.

Sudah banyak rumah sakit yang menyediakan tes NIPT, tentunya dengan biaya yang beragam. Yang perlu diketahui adalah, bahwa tes NIPT ini sifatnya sangat personal karena menyangkut kesehatan diri, keluarga dan persiapan mental bagi calon ayah dan ibu. Itulah mengapa, sebelum melakukan tes NIPT, calon ibu dan ayah bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Selain ke dokter kandungan, konsultasi bisa juga dilakukan besama dokter TanyaDNA selama satu jam secara gratis. TanyaDNA juga menyediakan tes NIPT dengan biaya yang cukup terjangkau tergantung pada paket yang akan diambil. Menggunakan teknologi sequencing yang bisa membaca DNA secara akurat, maka kesehatan diri bisa dideteksi sejak dini. Jika ingin mengikuti tes NIPT, bisa datang langsung ke kantor TanyaDNA di Genomic Hub, Jalan Sultan Agung No. 29, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Waktu kerja adalah dari jam 08.30 – 17.30 WIB.

Dengan melakukan tes NIPT, calon ibu dan ayah bisa mempersiapkan diri sejak awal jika janin yang dikandungnya memiliki kelainan bawaan genetik. Mulai dari mempersiapkan kondisi mental untuk mengasuh bayi dengan kelainan tersebut, mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh, serta menyusun rencana lanjutan pasca kelahiran.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature