Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Peran Penting Kemampuan Kognitif Remaja dan Cara Meningkatkannya

| on
Kamis, November 02, 2023
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja

Sebagai orang tua, mengetahui peran dari fungsi kognitif remaja sangatlah penting. Dengan begitu, orang tua bisa menentukan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan supaya kemampuan kognitif remaja bisa berkembang dengan baik.

Ada beberapa peran dari fungsi kognitif remaja yang penting bagi mereka, yang bisa mereka gunakan untuk mengembangkan kemampuan, bakat, dan minat mereka di masa depan.

  • Meningkatkan Perhatian Remaja
Bertambahnya usia remaja, maka semakin banyak pula yang menjadi perhatian mereka, terutama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya yang semakin kompleks. Kemampuan kognitif pada remaja inilah yang nantinya akan membantu mereka untuk memilah perhatian mana yang perlu menjadi prioritas, dan mana yang harus diabaikan.

  • Daya Ingat Remaja
Kemampuan kognitif remaja berperan dalam penyimpanan memorinya. Jika remaja memiliki fokus yang sangat baik, maka daya ingatnya akan semakin besar. Itulah mengapa, sejak anak-anak perlu pembiasaan konsentrasi sehingga membantu dia saat remaja nanti.

  • Kemampuan Berbahasa Remaja
Kemampuan kognitif remaja tidak hanya berhubungan dengan bervariatifnya kosa kata, tapi juga berhubungan dengan pengenalan dan pemaknaan simbol-simbol, serta kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

  • Kemampuan Merasa dan Mengenali
Peran kognitif remaja selanjutnya berhubungan dengan kemampuan merasa dan mengenali clue yang tersebar di lingkungannya. Pada saat anak-anak, kemampuan ini hanya terbatas pada membandingkan beberapa benda, tetapi berbeda untuk remaja yang mana mulai melibatkan emosinya.


Melihat banyaknya manfaat yang dihasilkan dari kemampuan kognitif yang baik bagi remaja. Itulah mengapa, perlu rangsangan yang baik pula untuk mereka. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif remaja.
  1. Mengenalkan permainan yang bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam memecahkan masalah, mencari jalan keluar, serta berkompetisi.
  2. Mengajak remaja berbincang-bincang tentang kejadian yang sehat ramai dibicarakan banyak orang sekarang ini, atau kejadian-kejadian yang tidak pernah dia alami (what if?)
  3. Memberi remaja buku bacaan yang memicu kemampuan berfikirnya. Bisa berupa buku-buku pengetahuan yang memiliki isi yang menarik perhatian.
  4. Mengenalkan remaja pada buku-buku fiksi yang menenangkan. Karena buku-buku fiksi yang isinya menenangkan, akan membantu emosinya juga tenang. Sehingga dengan emosi yang tenang, dia bisa menerima stimulus dari orang tua yang berguna untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif remaja.

Demikian pentingnya kemampuan kognitif remaja dan bagaimana orang tua bisa membantu remaja untuk menjadi lebih baik, terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya.
Semoga membantu!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature