Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja Melalui Permainan (Game) Online

| on
Rabu, September 27, 2023
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja


Tahap kognitif remaja tentu saja berbeda dengan anak-anak. Bukan hanya digunakan untuk berpikir, kemampuan kognitif remaja juga digunakan untuk melengkapi tahapan selanjutnya, yaitu bernalar. Dua aktifitas otak inilah yang membedakan perkembangan kognitif remaja dan anak-anak.

Berbeda dengan anak-anak, remaja memiliki kemampuan kognitif yang lebih kompleks. Otak tidak hanya digunakan untuk menemukan jawaban dari persoalan yang konkret, tapi lebih kompleks dan detail daripada itu. Untuk tahapan yang lebih lanjut, berkembangnya kemampuan kognitif remaja bisa membantu dirinya saat berteman dan menjalin hubungan dengan orang lain untuk masa depannya.


Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja untuk Masa Depannya


Melihat betapa pentingnya peran kognitif bagi remaja, orang tua diharapkan mampu memfasilitasi sehingga kemampuan kognitif remaja bisa berkembang dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif remaja.
  1. Menciptakan lingkungan yang sehat untuk membantu remaja bebas menyampaikan ide dan pemikirannya, tanpa merasa dihakimi, namun tetap dalam konteks pengawasan.
  2. Sering mengajak remaja berdiskusi untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang dialaminya, maupun masalah-masalah aktual yang terjadi di lingkungannya.
  3. Mengarahkan remaja untuk bisa mengambil keputusan yang matang, dengan mempertimbangkan segala kemungkinan dan akibat yang ditimbulkan.
  4. Membantu remaja mengenal dan memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukannya, sebagai bentuk pertanggungjawaban pribadi.
  5. Memperkenalkan remaja pada permainan-permainan yang mengasah kemampuan berpikirnya, sebagai bentuk refreshing.
  6. Mendorong remaja untuk berpikir dan merancang masa depannya, serta membantu remaja menentukan langkah-langkah efektif untuk mewujudkannya.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja Melalui Permainan 


Permainan Online Untuk Remaja

Mengenal berbagai jenis permainan ternyata memiliki banyak manfaat bagi remaja. Bermain tidak hanya membantu menyegarkan kembali otak dan emosi yang selalu digunakan setiap hari, tetapi juga membantu mengasah kemampuan kognitif remaja. Manfaat inilah yang seringkali luput disadari oleh para orang tua, dan oleh remaja itu sendiri.

Ada berbagai macam permainan baik secara offline maupun online untuk meningkatkan kemampuan kognitif remaja. Banyak permainan offline yang tidak hanya melibatkan fungsi otak saja, tapi juga fungsi tubuh secara keseluruhan, sehingga kemampuan motorik juga berpengaruh. Seperti permainan dalam ice breaking, permainan berkelompok, maupun permainan yang bersifat mengasah otak dan adventure.

Sedangkan permainan online akan lebih banyak ‘menguras otak’ karena remaja banyak diajak bermain permainan untuk memecahkan masalah, mencari solusi, berpikir kreatif, dan merancang strategi.


Meningkatkan Kemampuan Kognitif Remaja Melalui Permainan (Game) Online


Sebagai remaja jaman now, tentu saja sudah pasti mereka mengenal permainan (game) online yang banyak dimainkan oleh seusianya. Namun, sebagai orang tua jaman now, kita juga perlu tahu apakah permainan (game) online yang dimainkan oleh mereka aman atau tidak, bermanfaat untuk peningkatan kemampuan kognitif remaja atau tidak.

Dengan demikian, orang tua jaman now juga perlu tahu situs permainan (game) online terpercaya dan jenis-jenis permainannya. Ada beberapa permainan yang bisa dimainkan oleh remaja (juga oleh orang tua!), yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya.


Solitaire


Permainan Solitaire


Solitaire merupakan permainan yang dimainkan oleh satu pemain yang bisa dimainkan di komputer maupun ponsel, yang menggunakan 52 kartu standart. Tujuan permainan solitaire ini untuk menciptakan tumpukan kartu sesuai dengan jenisnya, yang dimulai dari kartu As sampai kartu King.

Terkadang, bermain solitaire ini membuat gemas karena tidak selalu remaja bisa menyelesaikan permainan ini dengan sukses. Tapi disitulah yang membuat menarik, karena remaja dipaksa untuk berpikir kartu mana yang harus dipindahkan supaya tumpukan kartu bisa terbentuk.



Farm Town Video Games


Farm Town Solitaire.org


Farm Town Video Games merupakan salah satu time management games yang melatih kecepatan berpikir, ketepatan pengambilan keputusan, dan melatih kedisiplinan dalam mengatur waktu.

Permainan (game) online ini bisa dimainkan di waktu senggangnya untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif remaja. Cara bermainnya sederhana, remaja hanya perlu menanam tumbuhan pangan dan memelihara hewan ternak, kemudian menjualnya dalam bentuk bahan mentah maupun bahan olah siap jadi. Terlihat mudah, namun diperlukan kecepatan bergerak dan berpikir supaya semua hasil panen bisa terjual dan target harian bisa terpenuhi.


Candy Fiesta


Candy Fiesta


Candy Fiesta merupakan online match 3 video games yang mengasyikkan. Selain menarik karena permainan ini penuh warna, permainan ini juga relatif mudah diselesaikan. Remaja hanya perlu menggunakan ketepatan dalam memilih strategi, karena ada batasan jumlah dalam memindahkan candy yang sama.

Cara bermainnya sederhana. Remaja hanya perlu memindahkan minimal tiga candy dengan warna yang sama sampai bisa mencapai skor yang sudah ditentukan untuk bisa naik ke level selanjutnya.


Custom Post Signature

Custom Post  Signature