Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

SINOPSIS DAN REVIEW FILM CINDERELLA (2021) : DEBUT CAMILA CABELLO DI DUNIA ACTING

| on
Sabtu, Juli 02, 2022

Sinopsis dan Review Film Cinderella (2021) : Debut Camila Cabello di Dunia Acting


Halo pembaca Mama Arkananta,

Berapa diantara kalian yang masa kecilnya tumbuh dengan dongeng tentang dunia Putri dan istana yang gemerlapan? Saya salah satunya, yang dulu percaya bahwa menjadi seorang Putri pasti nantinya akan hidup bahagia selamanya dengan seorang Pangeran. Salah satu cerita yang kerap saya dengarkan adalah Cinderella.




Masih lekat diingatan, Cinderella bercerita tentang seorang perempuan yang tinggal dengan ibu tiri dan kedua saudara tirinya setelah kedua orang tua kandungnya meninggal. Hidupnya berubah ketika seorang Pangeran mengadakan sebuah pesta dansa di istana kerajaan, dan Cinderella menghadiri pesta itu dengan bantuan seorang Ibu Peri. Ini adalah dongeng klasik yang banyak kita dengarkan selama ini. Sehingga selalu melekat bahwa Cinderella berhubungan dengan Ibu tiri, sepatu kaca, Ibu Peri, lonceng tengah malam, dan Pangeran tampan.


SINOPSIS FILM CINDERELLA (2021)


Berbeda dengan dongeng klasik Cinderella, film ini tidak berpusat pada Cinderella yang terpuruk hidupnya karena tinggal dengan Ibu Tiri yang jahat. Cinderella (Camila Cabello) pada film ini merupakan seorang gadis yang memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang fashion designer. Keinginannya terhalang oleh budaya kerajaan yang tidak memperbolehkan seorang perempuan untuk menyuarakan isi hati, keinginan dan minatnya di depan publik.

Hingga suatu hari, dia dipertemukan oleh Pangeran Robert (Nicholas Galitzine) yang menyamar menjadi rakyat biasa dan mereka saling bertukar pikiran tentang aturan-aturan kerajaan yang mengikat serta passion yang ingin mereka wujudkan. Dari pertemuan tidak sengaja itulah, pangeran Robert meminta kepada ayahnya, Raja Rowan (Pierce Brosnan), untuk mengadakan pesta dansa yang dihadiri seluruh perempuan yang belum menikah di kerajaan itu.


Layaknya cerita klasik lainnya, Cinderella tidak diizinkan Ibu Tirinya (Idina Menzel) menghadiri pesta dansa. Dan dengan bantuan Ibu Peri bernama Fab G's (Billy Porter), akhirnya dia berhasil datang ke pesta dansa, dan beberapa hal tidak terduga terjadi. Termasuk kejadian menarik yang membuat Cinderella akhirnya bisa mewujudkan mimpinya sebagai seorang fashion designer.


BACA JUGA :

ALASAN MENGAPA FILM CINDERELLA (2021) MENARIK UNTUK DITONTON


Saat pertama kali melihat poster film ini lewat di Twitter, saya tidak tertarik karena sepertinya ceritanya akan sama saja. Tapi karena beberapa hari ini saya butuh pengalihan sebentar dari drama Korea My Liberation Notes, akhirnya saya memutuskan untuk nonton film ini. Dan saya enggak menyesal dong menghabiskan dua jam lebih menonton film musikal yang ceritanya tidak menye-menye ini.


Camila Cabello Debut di Dunia Acting


Selama ini, kita kenal Camila dengan suaranya yang berat tapi halus dan mampu mencapai nada-nada tinggi. Dan di film Cinderella (2021), penyanyi lagu Senorita dan Havana ini mampu membuktikan ke kalian kalau dia juga menjalankan perannya dengan baik sesuai script. Mana Camila keliatan cantik banget, dia tahu pasti cara menjaga kesehatan kulit.


Memang, genre film yang dia ambil tidak jauh dari pekerjaan utamanya sebagai penyanyi, yaitu genre musikal. Tapi, Camila bisa ber-acting mulus sebagai wanita muda yang suatu saat berada di kondisi menyedihkan, atau kadang memiliki semangat yang berapi-api, atau beberapa kali mengusik emosi saat dia memilih passion-nya daripada cintanya. Perubahan-perubahan alur cerita yang menarik ini, bisa dibawakan Camila dengan baik. Saya sampai kagum lho.


Cerita Klasik Dikemas Lebih Modern


Dalam film ini, secara garis besarnya memiliki alur cerita yang mirip dengan dongeng klasiknya. Hanya saja, Kay Cannon yang menyutradarai dan menjadi penulis naskah film ini, memberikan kesegaran-kesegaran yang menampilkan perbedaan dengan film kolosal kerajaan lainnya.

Oke, saya sedikit spoiler ya. Mau lanjut baca silakan, mau berhenti di sini, juga enggak masalah.

Kesegaran yang berbeda tampak di lingkungan pangeran Robert. Di beberapa film atau series Kerajaan, ada aturan-aturan kaku yang tidak bisa diganggu, seperti cara berbicara pangeran ke raja. Tapi di film ini, aturan-aturan seperti itu seolah dikaburkan supaya penonton tidak tegang dengan suasana kerajaan, dan pesan penulisnya bisa sampai ke penonton.

Yang menarik, adalah scene saat sepatu kaca lepas dari kaki Cinderella. Dengan sub alur yang lebih modern, scene kabur dari kerajaan ini seolah menunjukkan kepada dunia bahwa Cinderella ingin membela dirinya sendiri, bukan Cinderella yang pasrah karena sepatunya terlepas dari kaki.


Kalian Boleh Memiliki Passion dan Mewujudkannya


Yang berbeda dari film Cinderella (2021) dengan dongeng klasik Cinderella adalah di film ini digambarkan dengan jelas sekali bahwa Cinderella memiliki minat yang besar di bidang fashion dan ingin memiliki butik sendiri. Dia berani menempuh jalan yang belum pernah dilakukan perempuan lain pada jamannya, dan menerima ejekan karena pilihannya itu. Bahkan menariknya, alasan dia datang ke pesta dansa bukanlah untuk bertemu pangeran tampan, tapi karena ingin memasarkan bakatnya ke para wanita bangsawan.


Tidak hanya Cinderella, putri Gwen yang merupakan adik dari pangeran Robert pun, juga memiliki ide-ide cemerlang dan minat yang tinggi pada pemerintahan. Tapi dia terhalang oleh aturan bahwa wanita tidak boleh bersuara di dalam kerajaan. Namun, putri Gwen pantang menyerah, dan hal baik malah terjadi padanya. Plot twist banget!

Dari kisah di film ini, Cinderella dan putri Gwen memberitahu bahwa : 
Tidak apa-apa kok memiliki minat dan passion di bidang tertentu. Kalian juga diperbolehkan untuk mewujudkannya asalkan memiliki rencana yang matang, dengan skill yang terasah baik.


Semua Pemain Bisa Menyanyi dan Bermusik


Namanya juga film musikal, semua pemain inti pasti bisa menyanyi dan bermusik. Eits, tunggu dulu. Di film ini, bahkan orang yang lalu lalang di pasar saja, bisa bernyanyi dengan indah lho! Bahkan, mereka bisa menari mob dengan indah dan kompak. Ah, kelihatan ramai sekali deh nonton film ini. Karena seringnya scene menyanyi, menari dan bermain musik, saya sampai lupa kalau kisah klasik tentang Cinderella yang mengiri masa pertumbuhan saya itu, sebenarnya memiliki kisah yang gelap.

Yang membuat saya tertarik adalah pasukan khusus kerajaan yang memiliki tugas untuk memberikan pengumuman ke rakyat. Cara mereka memberikan pengumuman tuh, dengan membawakannya menjadi sebuah lagu, dengan alat musik khas grup drum band modern, dengan assesoris kostum yang modern pula.

.
Secara keseluruhan, saya puas nonton film ini. Alurnya jelas, beberapa scene menarik, pesan ke saya sebagai penonton tuh sampai banget, dan terhibur sama lagu-lagu yang dibawakan oleh para pemain. Yang membuat saya memberi nilai 3,5/5 itu adalah adanya beberapa hole di beberapa cerita karena tidak dijelaskan ending ceritanya bagaimana. Contohnya, seperti alasan mengapa Cinderella tidak diijinkan pergi ke pesta dansa dan bagaimana dia mengatasi masalah ini.

Dengan nilai ini, film ini bisa kalian tonton di weekend nanti sebagai tontonan yang santai setelah seminggu berkutat dengan kerjaan. Happy watching!
36 komentar on "SINOPSIS DAN REVIEW FILM CINDERELLA (2021) : DEBUT CAMILA CABELLO DI DUNIA ACTING"
  1. Pastinya penikmat film gak bosan ya mengikuti alur cerita, karena disuguhi juga nyanyian/lagu yang muncul di beberapa setting. Keren nih pasti.

    BalasHapus
  2. wah film nya camila ya, bagus gak ya? aku kalau film musikal kurang gitu suka sih. tapi ini camila yang main, jadi penasaran. cerita cinderella sendiri menurut saya tidak pernah membosankan meskipun sudah ada banyak film bertema sama.

    BalasHapus
  3. Waktu kecil sampai sekarang suka banget sama Disney Cinderella... Mupeng banget pengen nonton ini kak, karena sepertinya ceritanya mirip dengan versi animasinya

    BalasHapus
  4. sepintas tadi saya pikir film "Bukan Cinderella" nya Fuji yang habis2an dikupas reviewer karena aktor/aktris dan ide kisahnya enggak banget
    Ternyata ini sih bagus, malah Mbak Ria ngasih nilai 3,5/5
    Wajib nonton ini mah

    BalasHapus
  5. Seru banget kayaknya. Emang sih Cinderella adalah cerita klasik. Tapi kalau dikemas secara modern juga menarik. Apalagi jenis dramanya adalah drama musikal. Kebayang aku gimana serunya.

    BalasHapus
  6. Aih menarik juga ceritanya.. agak kaget karena ada Idina Menzel yang waktu itu mengisi di Frozen 2, btw ini bakalan jadi menarik buat mengisi waktu luang ya. Apalagi pembawaannya juga tidak terlalu kaku seperti di film/series kerajaan biasa

    BalasHapus
  7. Wah belum.nonton aku ..kebayang penuh dengan musik dan lagu keren karena ada Camilla Cabelo.
    Suka jika versi Cinderella l3bih modern dikemas disesuaikan dengan zaman.
    Ah jadi penasaran dengan plot twist dan endingnya.

    BalasHapus
  8. Cerita klasik yang dipoles dengan nuanasa kekinian ya Mbak. Bikin acara menonton kita tidak monoton. Meski sudah banyak film yang mengangkat tema Cinderella, ternyata sampai saat ini pun tema ini tetap menarik untuk dibahas. Hanya saja dengan sudut pandang dan entertainment side yang berbeda. Nonton ah. Apalagi ini ada Pierce Brosnan, salah seorang aktor favorit saya.

    BalasHapus
  9. Dulu suka banget baca cerita mengenai Cinderella karena menghayal deh jadi putri cantik dan mendapatkan pangeran impian hihi.... zaman SD emang seru dongeng. Baru tahu ada film Cinderella versi modern abis baca ini.

    BalasHapus
  10. Kisah Cinderella emang g pernah bosan untuk ditonton ulang ya mbak
    Banyak film mengangkat kisah ini
    Ini yg terbaru ya mbak, Cinderella di abad modern ya

    BalasHapus
  11. Kalau yg versi Camila Cabello jadi Cinderella Aku belum nonton mba... Boleh Juga nih ya... lihat versi orangnya

    Baru yg kartunnya itupun gàk bosen2 dilihat lagi klo Ada d tv

    BalasHapus
  12. Cantiknya Camila jadi Cinderella nya. Bakal menarik sih ini, apalagi suaranya Camila itu khas.
    Penisirin sama aktingnya doi

    BalasHapus
  13. Nah baru mau nanya apa bedanya dengan film-film Cinderella versi lainnya. Ternyata musikal ya, kebayang sepanjang film kebanyakan nyanyi, nari, its oke apalagi suaranya pada merdu, pasti tetep asik nontonnya, kaya film musikal lainnya yang aku juga suka

    BalasHapus
  14. Cinderela ini mengingatkan dongeng masa kecil ya mbak. Banyak kisah yang bisa dipetik dari kisah ini. Penasaran sama actingnya jadi pengen nonton.

    BalasHapus
  15. sepertinya cerita cinderella versi ini jadi lebih fresh dan cerita yang ringan ya. nanti aku coba cek di netflix, kalau tadi lihat posternya dia baru ada di prime ya.

    BalasHapus
  16. Cinderella memang kisah klasik yang selalu menarik diremake oleh berbagai negara. Keistimewaannya, bisa menyesuaikan sesuai zaman di mana Cinderella hidup.

    Adegan cinderella yag fave tentu aja saat mencoba sepatu yang dicari oleh sang pengeran dan ternyata malah Cinderella punya pasangannya.
    So sweet yaah..

    BalasHapus
  17. Camila cantik banget ya :') mau jadi peran apapun, cocok~

    BalasHapus
  18. film ini bisa ditonton dimana ya? aku ketinggalan banget, padahal sering banget lihat previewnya di medsos lho. ah jadi pengen nonton

    BalasHapus
  19. Wah jadi pengen nyari filmnya. Walau ini temanya bukan ttg ibu tiri yang jahat gmn2 gtu tapi lebih ke soal mengejar cita2 mbak Cinderella ini ya mbak?
    Aku baru tau Camila ini penyanyi, searching di YT suaranya cakeep :D

    BalasHapus
  20. Beberapa waktu lalu, ngobrol random sama sepupu saya : sebenernya berapa sih ukuran kaki Cinderela, masa dari gadis-gadis sekerajaan cuma di kaki dia dong sepatunya bisa pas hahahah. Lah namanya juga sepatu magic ahahaha. Dongeng kok dipikirin serius yaa.. :D Etapi, dari paparan b Ria di atas, dongeng Cinderela yang banyak dikritik para feminis ini jadi lebih modern dan menunjukkan girl power yaaa. Bukan lagi Cinderela yang bahagianya karena merid dengan si pangeran (ini mah bonus :)

    BalasHapus
  21. Aku baca review ini sambil auto nyanyi Havanaaa havanaaaa 😆😆😆

    Debut doi di dunia akting warbiyasaaak

    Daku jd kepo mupeng lihat juga mbaaa

    BalasHapus
  22. WAh penasaran nih, saya belum nonton. Kayaknya seru ya nihnonton Cinderella yang sudah di remake gini.

    BalasHapus
  23. Liat foto Nicholas Galitzine dalam poster, entah kenapa auto kayak liat Robert Pattinson :D

    Cerita klasik dikemas modern, menyesuaikan zaman. Biasanya jadi lebih mudah untuk masuk ke dalam cerita. Baca ulasan ini aku jadi pengen nonton juga. Keliatannya menarik.

    BalasHapus
  24. Pengen nonton nih
    Cerita Cinderella selalu menarik untuk dinikmati
    Apalagi ini debut Camila Cabello di dunia akting ya mbak

    BalasHapus
  25. Wah film sepanjang zaman ini ya dengan berbagai versinya. Selalu suka dengan jalan cerita model begini, walau klise tapi suka aja. Jadi penasaran versi yang ini... Makasih reviewnya...

    BalasHapus
  26. Aku suka drama musikal, jadi siap masukkan Cinderella ke list tontonan. Waktu lihat ini kupikir ya kaya cerita dongeng biasa. Ternyata ada passion yang dikejar

    BalasHapus
  27. Waah bagus seruu yaa cinderella versi baru, bikin pengen nonton.
    Cinderella film.masa kecil saya, ketika nonton bbrp kali imaginasi saya waktu itu tertarik dengan baju putih mekruk(mengembang)

    BalasHapus
  28. ini Cinderella kekinian yang berjuang menjalankan passion. Eh ketemu pangeran yang setipe. Modern banget yah dan ga menye-menye tersiksa tiada berdaya. Good film!

    BalasHapus
  29. Harus masuk list tontonan weekend nanti nih, mbak Ria.
    Apalagi ada Om Pierce Brosnan yang jadi ayah pangeran, gak sabar jadinya. Aku sampai setua ini masih suka nonton film ala cinderella, kayaknya beberapa tahun lalu juga ada kan ya versi modern. Etapi yang ini malah lebih modern, terutama pilihan karir para putri bangsawan yang ikut dijadikan setting cerita

    BalasHapus
  30. aku udah nonton ini meskipun pas realese kan pandemi ya jadi kayaknya kurang happening di Indonesia. padahal pesannya bagus

    BalasHapus
  31. Bersama karakter dari Cinderella 2021, kita diajak untuk tidak takut bermimpi dan mewujudkannya. Kebayang anak muda zaman sekarang aja gitu, sangat bersemangat.

    Kagum sama penulis naskah Cinderella 2021 yang relate sama kondisi anak muda zaman jigeum.

    BalasHapus
  32. Film Cinderella ini ada berbagai versi ya dari yang kartun sampai yang minutia yang main. Penasaran sama yang versi ini. Apalagi filmnya musical jadi gak bosenin adegannya

    BalasHapus
  33. Keren juga ya Camila Cabello bisa main film. Kekuatan actingnya udah kelihatan sih dari beberapa video clip lagu yang dibawakannya selama ini. Penghayatannya luar biasa ketika menjadi model dari video clipnya sendiri. Suka deh lihat Camila, kelihatan enerjik dan ceria selalu. Mau juga doongg nonton Cinderella versi yang ini.

    BalasHapus
  34. Wah, lebih menarik cerita yang ini ya mbak.. Lebih kekinian dan dinamis... Cinderella punya passion yang ingin diperjuangkan untuk diwujudkan... Seru pasti..

    BalasHapus
  35. Ini bisa diliat di Netflix nggak ya mbak? Penasaran Camilla main film. Pas nyanyi aja keren gitu apalagi ini drama musikal. Apakah sekeren saat nyanyi

    BalasHapus
  36. Untung saja karakter utamanya tidak dibikin berkulit gelap seperti yang sedan rame dalam beberapa bulan belakangan ini.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature