Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

| on
Selasa, Maret 29, 2022
Halo pembaca Mama Arkananta,

Beberapa teman pernah curhat tentang masalah kulit yang mereka hadapi dan meminta bantuan saya untuk mencari tahu produk apa yang bisa mereka pakai supaya masalah kulitnya bisa terselesaikan. Saya bukan seorang dokter kulit, jadi saya hanya memberikan beberapa saran dasar supaya mereka lebih memperhatikan kembali kesehatan kulitnya. Saran dasar ini juga bisa membantu mereka mengetahui bahwa kesehatan kulit itu tidak hanya selesai dengan cara pemberian produk saja.


Mengatasi Masalah Kulit


Saran ini sudah saya lakukan, jadi saya tidak ragu menyampaikan ke mereka. Saya hanya meminta mereka konsisten untuk melakukannya, karena saran ini hanyalah tentang pembiasaan. Apa saja itu?


Minum Air Putih yang Cukup untuk Menjaga Kesehatan Kulit


Kita semua tahu bahwa dengan minum air putih yang cukup akan membantu kesehatan tubuh, seperti menjaga metabolisme tubuh tetap baik, menjaga stamina tubuh, mencegah ginjal rusak, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan minum air putih yang cukup, kesehatan kulit akan terjaga dengan baik karena kulit terhindar dari dehidrasi, sehingga kulit akan selalu berada dalam kondisi lembab. Minumlah air putih setelah bangun tidur sebanyak satu gelas, saat beraktifitas di siang hari, dan sebelum tidur. Untuk mengindari lupa, saya biasanya kemana-mana membawa tumbler ukuran sedang (750ml) dan mengisi ulang saat tumbler sudah habis isinya. Oh iya, saya juga tidak pernah minum air putih dingin untuk menghindari sakit kepala mendadak (brain freeze).


Baca juga :


Menjaga Kesehatan Kulit dengan Tidak Begadang


Tidak tidur terlalu malam menjadi salah satu cara supaya kesehatan kulit terjaga dengan baik. Karena dengan tidak begadang, maka kulit akan tampak selalu segar, tidak terlihat kusam, tidak tampak lelah dan terhindar dari kantung mata yang menyebalkan.

Mungkin beberapa dari kalian susah untuk memulai tidur awal, tapi jika kalian mau memaksakan diri untuk tidur lebih cepat dengan tujuan supaya badan menjadi lebih sehat, InsyaAllah tujuan kalian bisa tercapai kok. Jika kalian masih beralasan begadang untuk menyelesaikan tugas-tugas yang belum terselesaikan, berarti kalian butuh mencari cara mengatur jadwal dan aktifitas harian kalian supaya lebih efektif dan efisien.


Cara Menjaga Kesehatan Kulit


Olahraga Teratur


Hindarilah malas bergerak (mager) dan mulailah berolah raga dengan teratur, merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak artikel yang menyebutkan bahwa mengeluarkan keringat melalui olah raga ternyata berfungsi menjaga kualitas dan tekstur kulit sehingga kulit selalu tampak lebih sehat. Mengapa begitu? Jangan lupa, bahwa keringat juga yang membantu melepas racun, kotoran yang ada di kulit, dan membantu pelepasan sel kulit mati.


Melakukan Basic Skincare untuk Kesehatan Kulit


Saya selalu menyampaikan ke teman-teman, sebelum mencoba produk-produk skincare, sebaiknya mereka melakukan basic skincare dengan baik. Basic skincare antara lain membersihkan, melembabkan dan melindungi wajah dari sinar matahari. Detail basic skincare, bisa kalian baca lengkap di sini ya!

Dengan melakukan basic skincare yang baik, maka kulit akan siap menerima produk skincare yang ditujukan untuk mengatasi masalah kulit. Istilahnya, penggunaan produk skincare jadi tidak sia-sia dan kalian bisa mengambil manfaatnya. Selain itu, basic skincare membantu sekali saat kalian akan menggunakan make up karena make up akan menempel dengan sempurna.


Minum Vitamin dengan Teratur


Cara menjaga kesehatan kulit dari dalam adalah minum vitamin dengan teratur. Vitamin yang saya minum rutin adalah :
(1) Vitamin B complex untuk mencegah penuaan dini, membantu produksi kolagen, serta membantu menjaga kelembaban kulit,
(2) Vitamin C untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sebagai antioksidan, dan membantu mencerahkan kulit,
(3) Vitamin D untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan, dan mencegah penuaan dini.
34 komentar on "Cara Menjaga Kesehatan Kulit"
  1. Kulit oh kulit yang sulit banget ngerawatnya, dikasih ini itu kadang gak cocok, tapi kalau kena ini itu dikit kadang rusak. Haus hati-hati dan ekstra merawatnya, apalagi memperhatikan asupan nutrisi buat kulit itu penting.

    BalasHapus
  2. selalu menjaga kebersihan buat kesehatan kita jg

    BalasHapus
  3. Ini jadi PR banget buatku yang sering mengalami masalah kulit yang nggak mudah mengatasinya. Entah jerawat, kulit kering hingga eksim yang gak sembuh-sembuh padahal sudah melakukan berbagai pengobatan dan usaha. Berkurang parahnya sih iya, tapi belum sampai ke tahap sembuh total. Harus tekun dan ulet dalam mengatasinya nih. Begadang yang masih sering.. :)

    BalasHapus
  4. Jangan sampai deh ya lalai menjaga dan merawat kesehatan kulit, karena risikonya lumayan merugikan. Dan itu mesti dilakukan sejak dini, jangan sampai terlambat. Tips di atas sudah lengkap dan cukup jitu, tinggal dipraktekkan.

    BalasHapus
  5. emang agak ribet sih dilakukan, tapi percayalah apa yang kita lakukan dengan rutin hasilnya tidak bisa dikhianati

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, sepakat banget ini. Hal mendasar yang memang benar bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama karena saya juga berhasil mempraktekkannya dan bisa tetap sehat di usia jelang setengah abad.
    Vitaminnya malah hampir jadi wajib diminum, jadi sekarang setiap bulan wajib masuk daftar belanja bulanan. Alhamdulillah

    BalasHapus
  7. Kesehatan kulit penting untuk dijaga yaa. Sayangnya kadang masih ada yang suka mengabaikan ini atau ada juga yang dipaksa keadaan hingga melakukan hal yang dapat merusak kulit, salah satu contohnya begadang

    BalasHapus
  8. Air putih dan basic skincare andalanku. Tapi air putih kerasa loh, aku sebelum hamil kan jarang minum air putih. Selepas hamil jadi doyan minum, emang kulit jadi lebih lembab dan kenyal. Sukaaa!

    BalasHapus
  9. aku merasakan banget sih mba kalau menjaga kulit dari memperbaiki gaya hidup itu sangat pengaruh. kayaknya lebih pengaruh itu deh ketimbang skincare dll.. nah kalau gaya hidup dah ok lalu ditunjang oleh skincare, bakal lebih sehat lagi yaa kulit wajah kita

    BalasHapus
  10. Yang paling berpengaruh ke saya itu adalah begadang. 1 hari saja kurang tidur, maka mulai ada tanda-tanda jerawat akan muncul. Lupa pakai sunscreen juga membuat flek wajah saya bersemi kembali. Memang harus rajin dan telaten dalam merawat kulit.

    BalasHapus
  11. Apalagi belakangan ini cuaca makin acakadut ya mbaa, efek climate change
    bisa lho habis panas kenthang2, ehh mendadak ujan deresss banget!
    Ya ampunnn kudu dilakukan nih tips utk menjaga kesehatan kulit.

    BalasHapus
  12. Sama halnya dengan wajah ya kesehatan kulitpun harus dijaga,setuju aku.Selama ini yang aku lakukan juga sama dengan yang disampaikan kakak di tulisan ini banyak minum air putih,olahraga cukup istirahat.Hanya untuk minum vitamin aku masih bolong-bolong alias suka lupa

    BalasHapus
  13. Di usia sekarang ini aku merasa dulu telat jaga kulitku huhuhu...Sering abai baik merawat dari dalam maupun dari luar. Benar sekali tips di sini. Termasuk rutin minum Vitamin B complex untuk mencegah penuaan dini, membantu produksi kolagen, serta membantu menjaga kelembaban kulit, itu penting sekali

    BalasHapus
  14. Menjaga kesehatan kulit memang penting apalagi klu udah muncul tanda masalah kulit, aq pribadi rutin minum air putih jg yg sesuai standar

    BalasHapus
  15. Senada dengan komennya Nabilla di atas, miliki gaya hidup yang baik dulu, baru ditunjang skincare, hasilnya memang lebih sehat ke kulit. Sehat yang nyata.

    BalasHapus
  16. Intinya mah.. selama kita hidup menjaga kebiasaan yang baik-baik, pakai bahan pabrikan dalam jumlah sewajarnya, maka ujung-ujungnya kulitnya juga bakalan bagus sendiri ya, Ria..

    BalasHapus
  17. Minum vitamin juga penting ya untuk cegah penuaan dini. Karena bantu regenerasi sel tubuh. juga banyak minum air putih nih penting

    BalasHapus
  18. SunScreen kita samaan loh, aku suka banget pakai itu. Setuju banget, selain menjaga kesehatan kulit dengan skincare harus ditambah asupan ya. Aku pun semenjak pandemi nih jadi rajin konsumsi vitamin.

    BalasHapus
  19. Aslinya itu dari hal-hal yang sehari-hari kita lakukan dan konsumsi ya, biar kulit cerah dan bagus. Buat saya yang masih susah untuk dijalankan ialah minum vitamin dengan teratur.

    BalasHapus
  20. Nah aku sekarang agak mulai mengurangi begadang Mak, semenjak usia memasuki kepala 4+, palingan kalo sesuai kebutuhan aja.
    Penting banget ya menjaga kesehatan kulit tentunya dengan berbagai faktor yang bisa menimbulkan nods flek mampir di wajah kalo pas bgadang hahaha.

    BalasHapus
  21. Menjaga kesehatan kulit penting banget..dan sebenarnya mudah juga ya.. tidur cukup..olahraga..gak stress.. dan hal yang enak lainnya.. Kalo perlu minum vitamin..

    BalasHapus
  22. Ingin memiliki kulit sehat perlu di rawat dari dalam dan dari luar apalagi usia yang tidak muda lagi. Vitamin suplemen perlu kadang kita dalam sehari makan makanan yang tidak cukup bergizi sehingga butuh asupan suplemen ya.

    BalasHapus
  23. Andalanku banyak minum air putih dan juga double cleansing plus pelembab. Sekarang ta tambah sunscreen mbak

    BalasHapus
  24. benar mbak, menjaga kesehatan kulit dari dalam juga penting ya mbak, selain penggunaan skincare. Salah satunya minum vitamin B komplek.

    BalasHapus
  25. Iya makan buah dan sayuran serta tidur cukup itu pengaruh banget untuk kulit sehat, rajin minum vitamin B Kompleks juga penting ya say..

    BalasHapus
  26. Tersadar aku jarang banget melakukan hal ini, makanya kulitku kering dan kusam. Huhuu...olahraga.
    Aku jarang banget olahraga, palingan cuma jemur baju di lantai atas. Dududuuu~

    Kudu banyakin berteman sama Jeno biar rajin olahraga dan jangan lupa konsumsi vitamin B Complex yang dibutuhkan untuk menjaga kulit lebih sehat dan terlihat muda selalu.

    BalasHapus
  27. Wah iya, penting banget ya menjaga kesehatan kulit
    Nggak hanya tentang memilih produk perawatan kulit yang tepat
    Tapi juga bergabung dengan gaya hidup yang kita lakukan

    BalasHapus
  28. Waa merawat kondisi kulit yg paling penting adalah sudah konsisten di basic skincare nya ya mbaaa. Aku masih suka moody di basic skincare, sering lupa untuk pakai sunscreen, padahal ini penting bgt

    BalasHapus
  29. wah makasih udah diingatkan, mbak. Bulan puasa ini makin jarang minum padahal berefek ke kesehatan kulit. Aku juga pakai lotion kalau kulit udah mulai kering.

    BalasHapus
  30. Kalau aku lebih ke makanan, apalagi kalo kena makanan yang berlemak kayak gorengan pasti langsung muncul. Untungnya sekarang udah diobati, udah treatment jadi harus rajin jaga dari dalamnya. Makasih sharngnya Zuh

    BalasHapus
  31. Pola hidup memang sangat mempengaruhi kesehatan kulit, terutama kebiasaan untuk konsumsi air putih yang cukup. Jangan lupa, tambahkan vitamin juga ya untuk selalu menjaga kesehatan kulit kita.

    BalasHapus
  32. Wah jadi rajin merawat kulit sedari sekarang ya mba, kebayang kalau kurang minum air putih, kulit jadi dehidrasi ya.

    BalasHapus
  33. Salfok sama sunscren dan pelembabnya. Sama kayak punyaku. Azarine sama dear me beauty. Wkwkwk. Cocok pakai keduanya. Btw minum air putih itu penting ya. Tapi aku jarang minum air putih. Sukanya teh, kopi. Nah lo.

    BalasHapus
  34. Soal begadang beneran ngefek euy buat kesehatan kulit. Semalam aja kurang tidur mata panda muncul, kulit jadi kusem, jelek deh pokoknya. Jadi kudu jaga tidur

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature