Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Memberi Permainan Montessori untuk Mengisi Waktu Liburan Anak

| on
Minggu, Juli 11, 2021

Metode Montessori

Meskipun generasi sekarang ini sangat susah dipisahkan dari gadget, sebagai orang tua ada baiknya kita selalu cari cara untuk memberikan mereka sejenak jeda untuk beraktifitas tanpa screen time. Karena melakukan aktifitas yang memutar otak, menggerakkan badan, dan menggunakan seluruh panca indra, akan memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak kita.

Apakah mudah? Tentu tidak mudah.

Karena memang tampilan game, acara, dan video yang ada di layar televisi maupun ponsel itu sebenarnya menarik sekali untuk dilihat dan selalu membuat penasaran. Bahkan untuk kedua anak saya, Arya dan Fatin. Fatin yang baru berusia lima tahun saja, sudah mulai belajar merayu kalau dia ingin menghabiskan waktu dengan televisi atau ponsel.

Saya sadar betul, gadget sebenarnya memberikan manfaat yang besar untuk manusia, bahkan untuk anak-anak sekali pun. Dan akhirnya, mau tidak mau, saya manfaat gadget untuk mengisi waktu luang mereka, tetapi tetap memanfaatkan penggunaan otak, tubuh dan panca indra mereka.

Bagaimana caranya?


Memberi Permainan Montessori untuk Anak


Metode Montessori untuk Tumbuh Kembang Anak


Montessori adalah salah satu metode belajar untuk anak yang menekankan pada pengalaman sensori anak untuk belajar tentang lingkungan mereka. Metode montessori banyak diberikan dalam bentuk permainan, dengan harapan anak tidak mudah cranky dan materi bisa tercapai dengan baik. Karena metodenya menekankan pada sensori anak, maka permainan-permainan yang diberikan ke anak menggunakan satu atau lebih dari panca indra.

Metode montessori ini memberikan manfaat yang besar untuk tumbuh kembang anak, karena metode ini menekankan lima bidang utama dalam keseharian anak. Yaitu, kemampuan berbahasa, konsep matematika, budaya, sensorik, dan kehidupan sehari-hari.


Manfaat Montessori


Manfaat Montessori untuk Anak


Lima bidang yang disasar oleh metode ini memberikan manfaat yang besar untuk anak, seperti:
- Anak menjadi lebih mandiri
- Melatih kemampuan motorik anak
- Melatih anak untuk berfikir kritis
- Mengembangkan kreatifitas
- Melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik
- Melatih anak untuk mencari jalan keluar


Memanfaatkan Teknologi Dalam Montessori


Dalam kondisi sekarang ini, teknologi sebenarnya bisa membantu proses tumbuh kembang anak. Asalkan sesuai dengan porsinya.

Kebetulan, saya ditawari untuk mengikuti kelas montessori untuk anak usia 3-6 tahun. Kok kebetulan sekali, tanggal pelaksanaannya tuh barengan dengan waktu liburan sekolah. Saya pikir-pikir, kelas ini pastilah cocok untuk Fatin yang usianya sudah lima tahun.

Setelah ngobrol dengan penyedia layanannya, ternyata saya dapat informasi kalau kelas ini diadakan di rumah dengan menggunakan fasilitas Zoom. Hm, sempat saya ingin mundur karena ternyata tidak ada tatap muka dan Fatin nanti ujung-ujungnya bakalan menggunakan ponsel atau laptop untuk bermain di kelas ini.

Tapi, memikirkan kalau manfaatnya besar untuk Fatin kelak, akhirnya saya ambil kelas ini dengan bacaan Bismillah. Iya betul, dalam kondisi seperti ini, kita sebagai orang tua tidak bisa memaksakan sesuatu yang ideal pada kondisi yang tidak ideal. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan kondisinya. Asalkan tadi sih ya, pelaksanaannya tetap diawasi oleh orang dewasa.


Kreasa


Kelas Montessori dari Kreasa


Sekolah Kreatif Bernama Kreasa


Saya tahu tentang Kreasa saat membaca beberapa artikel yang membahas tentang aktifitas anak di masa pandemi. Saat itu, saya ingin mencari aktifitas yang bisa dilakukan oleh Arya dan Fatin di masa liburan sekolah tapi yang tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Kreasa adalah sekolah kreatif berbasis online yang menyediakan berbagai program menyenangkan untuk anak-anak. Kreasa memberikan pilihan program dengan menggunakan kurikulum non formal dengan materi yang komprehensif sesuai dengan tumbuh kembang anak. Tujuannya sederhana, supaya bakat, minat dan kreativitas anak bisa berkembang dengan baik.

Tagline mereka tuh sederhana, yaitu “Where kids creativity will be born”. Tapi di balik tagline yang sederhana ini, mereka memberikan harapan supaya anak-anak Indonesia bisa menjadi anak-anak yang kreatif, inovatif, serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

Program Kreasa


Program-Program dari Kreasa


Saat ini, Kreasa menawarkan tiga belas program menarik yang bisa dipilih oleh orang tua dan anak. Program-program dari Kreasa ini bisa dipilih dengan melihat usia, kemampuan dan minat anak. Program di Kreasa yang bisa dipilih antara lain: amination, design, comic, steam, writing, montessori, baking, tahfidz, arabic, english, french, public speaking, dan waste management.

Yang menarik dari program-program yang ditawarkan oleh Kreasa ini adalah dalam satu kelas hanya terdiri dari 5-10 anak saja. Jumlah anak yang sedikit membuat anak-anak lebih konsentrasi dalam menerima materi. Sedangkan pelaksanaannya, menggunakan Zoom sebagai perangkat online meeting.

Sedangkan fasilitas secara keseluruhan, peserta kelas nantinya akan menerima video recording setiap sesi, video ilustrasi saat kelas berlangsung, tergabung dalam grup Whatsapp, modul dalam bentuk PDF, sertifikat setelah program selesai, progress report setelah mengikuti keseluruhan program, dan dokumentasi hasil pembelajaran.


Review Setelah Mengikuti Program di Kreasa


Review Program Montessori


Fatin mengikuti program montessori yang diadakan sebanyak delapan kali pertemuan setiap hari Senin dan Kamis pukul 09.00-10.00, mulai tanggal 10 Juni 2021 – 5 Juli 2021.

Alhamdulillah, tidak perlu bujuk rayu untuk mengajak Fatin di kelas ini. Saya tinggal bilang kalau dia nanti akan sekolah tapi pelaksanaannya online menggunakan Zoom, dan bertemu gurunya yang bernama Kakak Mira dan beberapa teman-temannya untuk bermain bersama.


Kelas montessori


Saat mengikuti kelas montessori ini, Fatin tidak sering cranky. Karena selama satu jam pertemuan, ada banyak hal menarik yang dia dapatkan. Seperti bertemu teman-teman baru, pengajar yang masih muda dan ramah, serta pengalaman bermain yang menyenangkan. Ada dua aktifitas yang selalu ditunggu-tunggu oleh Fatin, yaitu ketika melihat video ilustrasi pembelajaran dan saat melakukan permainan montessori.

Sebagai orang tua, saya merasa kelas montessori di Kreasa ini memiliki banyak kelebihan dan bisa dipilih sebagai alternatif pembelajaran di luar kegiatan sekolah anak. Kenapa?

1. Kelas ini memasukkan kegiatan keberagamaan dalam sesinya
Jadi, sebelum kelas montessori ini berlangsung, pengajar selalu mengajak anak-anak untuk berdoa terlebih dahulu supaya kegiatan hari itu berjalan lancar. Bukan hanya itu saja, pengajar selalu membetulkan jika ada yang kurang betul, seperti cara anak mengangkat tangan saat berdoa atau posisi duduk anak saat berdoa.

2. Melibatkan anak untuk menyadari aktifitas sehari-hari
Sebelum kelas dimulai, pengajar akan bertanya terlebih dahulu aktifitas anak sebelum mengikuti kelas di Kreasa. Seperti bangun tidur jam berapa, apakah sudah makan atau belum, atau apakah sudah siap mengikuti kelas pada hari itu.

3. Pemberian materi yang selaras dengan kehidupan anak
Untuk anak-anak usia 3-6 tahun, materi-materi yang diberikan masih sederhana sekali, seperti pengenalan hewan, tumbuhan dan angka. Tetapi, pemberian materi ini dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari anak. Sehingga anak mengetahui pengertian dari materi yang diberikan oleh pengajar dan bisa mengambil manfaatnya.



4. Memunculkan semangat dalam diri anak
Pada kelas montessori ini, sesi bermain memang mampu menarik perhatian Fatin. Dia sangat excited sekali saat pengajar mengajak bermain dan berkreasi. Dia semangat saat diajak membeli bahan untuk kelas berikutnya, saat berkreasi, saat diajak berfoto bersama, dan menunjukkan hasil berkreasinya ke anggota keluarga yang lain

5. Mengajarkan kemandirian berpikir pada anak
Pernah suatu hari saya lupa membeli double tape sebagai kelengkapan belajar. Tapi Fatin mengusulkan menggunakan lem kertas yang berupa stick karena medianya menggunakan kertas origami. Selain itu, Fatin juga tidak mudah meminta bantuan saat mengerjakan tugas berkreasinya. Dia mau berusaha sendiri saat menggunting, melipat, menggambar atau menulis. Karena pengajar memberikan panduan step by step saat memasuki sesi bermain.


Manfaat bergabung di Kreasa


6. Pemberian contoh langsung saat mengenalkan perilaku baik
Budaya yang baik, salah satunya diawali dengan perilaku yang baik pula. Dalam kelas montessori, pengajar memberikan arahan supaya anak mengenal cara berbudaya yang baik dan sesuai dengan norma. Salah satunya adalah mengajak anak untuk memeluk orang tua dan mengucapkan terima kasih karena sudah mendampingi mereka sejak awal sampai sesi tersebut berakhir.
.
.
Secara keseluruhan, saya bersyukur sekali sudah diajak bergabung dalam program montessori di Kreasa ini. Karena banyak sekali manfaat yang bisa saya dan Fatin ambil setelah mengikuti kelas ini sejak awal sampai akhir. Kelas montessori ini sangat cocok jika kalian ingin mengajak anak-anak kalian bermain sambil belajar di sela-sela aktifitas liburan atau saat PJJ sudah berlangsung nantinya.

Salam kreasi!
27 komentar on "Memberi Permainan Montessori untuk Mengisi Waktu Liburan Anak"
  1. Kreatif ya Bun, bisa dicoba nih ikutin anak kelas montessori pasti si kecil gak bosan dan semangat.

    BalasHapus
  2. wah ini sangat keren ya, kemampuan anak diasah dengan emlakukan ini

    BalasHapus
  3. Liburan namun tetap edukatif. Layak dicoba :)

    BalasHapus
  4. Program kreativitas dari Kreasa ini bagus banget untuk meningkatkan kualitas motorik anak2 kita ya mbak. Ga membosankan karena bervariasi juga :) Program montessori memang udah dikenal sangat besar manfaatnya memacu kemandirian anak.

    BalasHapus
  5. happy banget sih ini anak-anak diberikan permainan montessori untuk mengisi waktu terutama saat liburan

    BalasHapus
  6. Kelas Kreasa ini ada yang untuk anak diatas 6 tahun nggak mbak? Kayaknya menarik tuh untuk kegiatan anakku. Selama ini dia cuma rutin ikut kelas gambar sih, pengennya bs ikut kelas yang lebih variatif

    BalasHapus
  7. Banyak permainan montessori yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama anak. Jadi inget, aku kalau ngedumel anak main hape itu udah cerewetnya minta ampuuun. Kalau diajak kegiatan gini kan, setidaknya meredakan mata mereka dari screen hp ya.

    BalasHapus
  8. Duh kasian kakak Fatin yaaaa .. karena pandemi, ruang geraknya jadi terbatas
    Iya aku dulu waktu di McD punya STAR yang sambilan ngajar di Montessori Pondok Indah, so fun banget cara ngajarnya

    Metode Montessori ini sendiri konon diperkenalkan sama Dr. Maria Montessori pada awal tahun 1900an

    Sahabatku kepala sekolah PAUD dan TK juga, memang konsepnya mengajarkan anak dengan prinsip : bahwa lebih baik murid-murid bisa mengantri daripada pandai berhitung tetapi tidak bisa mengantri. hihi...

    BalasHapus
  9. So sweet banget, setelah mendampingi anak-anak trus dapat pelukan dan ucapan terima kasih. Hal sederhana, tapi bisa menggetarkan jiwa.

    Aduh, kok jadi tertarik juga nih belajar bareng Kreasa. Ada batasan usianya ngga, Mak?

    BalasHapus
  10. Nah ini yg dibutuhkan parents jaman now.
    Montessori ini pas bangeett, karena kan sekarang banyak buibu yg mendadak jadi guru.
    walhasil butuh panduan yg komprehensif seperti ini yaaa

    BalasHapus
  11. Lucu banget kodoknya mbak, jadinya kayak beneran yaa, meski kerajinan dari kertas origami. Benar mbak, permainan montessori anak jadi kreatif ya. Selain itu motoriknya juga jadi terlatih. Bahannya juga bisa dipakai yang ada di rumah saja.

    BalasHapus
  12. Fatin udah gede ya... makin pinter dan kreatif nih belajar bareng Kreasa ya.. Sukak deh lihat ada sarana buat belajar anak-anak dengan cara menyenangkan gini..

    BalasHapus
  13. Asik banget kelasnya. Kalau kegiatannya seperti itu, anak-anak juga bakal betah meskipun selalu di rumah. Lumayan deh mengurangi drama saat di rumah

    BalasHapus
  14. Kalau cari sekolah jaman dulu tuh syaratnya banyak, mulai dari jarak, fasilitas, metode sampai pergaulan yang ada di sekolah. Berhubung sekarang sekolah online, ada yang menyarankan cari sekolah yang sudah siap dengan segala metode pembelajaran online. Karena mau tidak mau, anak akan melakukannya secara online, tidak menggunakan fasilitas di sekolah atau bergaul dengan temannya di sekolah. Beruntung ada sekolah dengan metode montessori yang siap online seperti kreasa yaa.. Seneng lihat fatin menikmati masa belajarnya

    BalasHapus
  15. Waaah jadi tertarik ikut program ini buat anakku yang 5 tahun. Tapi kayaknya waktunya bentrok dengan jam sekolah dia. Dia jg sekolah pakai zoom sih. Ntar aku pelajari lagi deh program montessory ini seperti apa.

    BalasHapus
  16. montessori menjadi salah satu metode belajar yang menyenangkan bagi anak anak ya mbak
    bisa menstimulasi semua aspek kecerdasan anak

    BalasHapus
  17. Seru ya, dengan pemanfaatan yamg tepat teknologi sangat membantu dan memudahkan. Anak juga jadi tahu ilmu bisa didapat dari mana saja. Termasuk lewat media online.

    BalasHapus
  18. Montessori memang banyak manfaatnya ya mbak. Kalo skolah montessori di jogja itu biayanya lumayan lho. Hehe. Soalnya secara konsep dan prinsip memang bagus buat anak

    BalasHapus
  19. Bagus ya Kreasa ini sekolah online yang menyenangkan materi pelajarannya mengajak anak melakukan kebiasaan baik juga anak jadi semangat belajar

    BalasHapus
  20. Sejak tau tentang pendidikan montessori saya tertarik untuk memberikannya pada anak. Soalnya manfaatnya banyak dan anak bisa senang belajar karena metodenya menyenangkan, ya ...

    BalasHapus
  21. Wah seru banget deh tuh anak main Montessori. Selain memang seru juga pastinya meningkatkan motorik halus anak ya. Duh, jadi inget bungsuku deh. Motorik halusnya kurang bagus nih. Kurang latihan Montessori nih ya kayaknya.

    BalasHapus
  22. Wah, seru keliatannya aktivitas kelasnya. Lucu-lucu hasil craft yang dibikin Fatin. Btw, Kreasa ada kelas untuk anak yang lebih besar juga, mbak?

    BalasHapus
  23. Wah, menarik banget ini kelas montessori di Kreasa. Kapan hanri aku sempat browsing Kelas kelas di Kreasa, lumayan banyak pilihannya ya. Itu lucu banget kataknya zuh ^^

    BalasHapus
  24. wah, ini cocok dengan si Atifah, ia suka model belajar kayak gini, mungkin bisa diikutinya dengan baik, terima kasih ulasannya ya mak, semoga anaknya sehat dan makin pintar belajarnya

    BalasHapus
  25. Bisa bagus semua hasilnya itu mba. Ako to walaupun nonton YT tetep ga rapih. Akhire anak anak ngisi liburannya dengan main srpeda hehehe

    BalasHapus
  26. Masya Allah kreatif banget nih emaknya, pastinya happy selalu anaknya di rumah ya biar makin pinter

    BalasHapus
  27. Menarik idenya dan beneran bisa jadi hiburan buat anak-anak. Aku sekarang sedang menemani anak kedua yang baru kelas 1 dan terasa banget dia butuh hiburan di masa peralihan dari TK ke SD. Kata dia sekolah SD sudah nggak fun lagi, mau balik TK aja yang bisa seseruan, hehe. Iya, TK-nya dulu kan cenderung menerapkan metode montesori begini.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature