Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Manfaat Susu Bubuk untuk Membantu Anak Lebih Tinggi, Tangguh dan Tanggap

| on
Sabtu, November 28, 2020
Manfaat Minum Susu

Sejak beberapa tahun belakangan ini, pemerintah Indonesia sedang gencar sekali mengedukasi rakyatnya tentang stunting serta dampaknya pada kehidupan anak. Beberapa kali hadir dalam pertemuan-pertemuan yang membahas tentang tumbuh kembang anak, saya sendiri mengambil kesimpulan bahwa stunting adalah kondisi dimana anak mengalami kekurangan gizi yang sudah dialami sejak masa pertumbuhan awal, yaitu sejak dia masih ada di dalam kandungan

Saya sendiri memahami teori ini. Itulah mengapa, saya memperhatikan sekali asupan makanan dan minuman yang saya konsumsi. Memang beberapa kali luput karena beberapa alasan, tapi tidak sampai berlebihan. Alhamdulillah, Arya dan Fatin lahir dalam kondisi sehat. 


Edukasi tentang Stunting 


Kemudian yang menjadi PR di kemudian hari adalah pemberian asupan makanan dan minuman setelah mereka lahir. Setelah ngobrol panjang dengan Mama mertua tentang stunting dan dampaknya pada kehidupan anak, saya jadi agak strict untuk masalah makanan dan minuman yang harus saya berikan ke mereka. Mama mertua seorang perawat, jadi beliau sering saya mintai pendapat soal kesehatan. 

Sampai usia hampir dua tahun, saya memberi mereka berdua ASI eksklusif dan makanan-makanan yang InsyaAllah sudah saya perhatikan asupan gizinya. Tapi selepas minum ASI, saya mulai mencobakan beberapa merek susu UHT karena keduanya lebih suka minuman cair. Salah satu merek susu UHT yang sering sekali diminum oleh Arya dan Fatin adalah Indomilk. 

Baca juga :


Aktivitas Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak 


Beberapa kali saya berbincang dengan teman kantor tentang aktivitas anak-anak kami. Dari perbincangan itu, saya menarik satu garis lurus, yaitu beri anak aktivitas yang membuat mereka menjadi anak yang tinggi, tangguh, tanggap. Dengan merujuk beberapa saran, akhirnya saya ikutkan Arya ekstrakulikuler renang di sekolahnya. 

Seperti yang kita tahu, renang sendiri banyak memiliki manfaat untuk anak-anak. Untuk Arya, renang menjadikan dia lebih kuat, tidak mudah sakit, dan meningkatkan selera makan dan minum susu

Susu Bubuk Untuk Anak


Sayangnya, karena pandemi korona ini, aktivitas renangnya terhenti. Saya pikir, selera makan dan minum susunya akan ikut berubah. Ternyata tidak. Alhamdulillah, Arya tetap makan banyak dan minum susu. Bahkan badannya menjadi gemuk karena di awal-awal pandemi, dia jarang olah raga. Sekarang, sepak bola saat sore kerap kali dia lakukan bersama teman-temannya yang notabene juga anak-anak tetangga saya. 


Susu Bubuk Untuk Tumbuh Kembang Anak 


Karena melihat aktivitas minum susu ternyata berpengaruh pada tumbuh kembang anak, saya tetap memasukkan susu ke dalam salah satu asupan gizi kedua anak saya. Selain susu UHT yang sering mereka minum, saya terus mencari susu bubuk untuk anak yang memiliki rasa yang disukai mereka. 

Kemudian, beberapa waktu yang lalu, saya mencobakan Indomilk Susu Bubuk. Yang namanya masih tahap mencoba, sengaja saya tidak membeli kemasan kardus atau kemasan ukuran besar, tapi saya membeli kemasan sachet. Untungnya, Indomilk Susu Bubuk ini tersedia dalam kemasan sachet untuk sekali minum. 

Mengapa memilih produk Indomilk? 

Indomilk Susu Bubuk

Karena keluarga kami terbiasa mengkonsumsi produk Indomilk. Suami saya selalu menyediakan Indomilk Kental Manis karena anak-anak suka makan roti tawar dengan kental manis di atasnya. Mereka juga suka susu cair Indomilk, baik yang UHT dengan kemasan kotak maupun susu cair kemasan botol. 

Karena terbiasa dengan produk Indomilk, saya jadi tidak ragu untuk memberi Indomilk Susu Bubuk untuk menunjang aktivitas Arya sehari-hari. Alhamdulillah, Arya suka! Kata dia, rasanya enak. Sempat ragu Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa tahun, tapi karena usia Arya sudah sembilan tahun dan tubuhnya tidak menunjukkan tanda penolakan, akhirnya saya mantap memberi susu ini setiap hari. 


Indomilk Susu Bubuk 


Selain rasanya yang enak, manfaat susu bubuk Indomilk ini ternyata banyak sekali untuk membentuk anak menjadi pribadi yang tinggi, tangguh, tanggap. Bagaimana penjelasan mudahnya? 


Kandungan Dalam Indomilk Susu Bubuk 


Dalam satu sachet Indomilk Susu Bubuk, terkandung Optinutri yang terdiri dari kalsium, protein dan omega 3. Kita tahu sendiri kalau kalsium akan membantu pertumbuhan tulang anak, membantu anak memiliki tulang yang kuat, dan membantu pertumbuhan tinggi badan pada anak. 

Karena aktivitas berenang Arya terhenti untuk sementara waktu dan dia tidak memiliki kegiatan olah raga yang membantunya menjadi lebih tinggi, akhirnya minum Indomilk Susu Bubuk ini menjadi salah satu alternatif untuk membantu pertumbuhan tulangnya

Sedangkan protein itu sendiri, memiliki banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah protein bekerja untuk membuat antibodi untuk menjaga kekebalan tubuh, dan membawa oksigen melalui darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh supaya fungsi-fungsi alat vital dalam tubuh bekerja dengan baik. 

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa protein akan membantu anak memiliki tubuh yang kuat dan sehat, sehingga membantu mereka menjadi pribadi yang tangguh untuk menghadapi tantangan

Kemudian omega 3. Kita sudah memahami bahwa omega 3 dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan pada anak. Sehingga, dengan mengkonsumsi omega 3 secara rutin, akan membantu anak dalam menerima pelajaran dan menyerapnya dengan baik

Kalau melihat manfaat susu bubuk yang sebanyak ini, saya jadi tidak ragu lagi untuk memberi Indomilk Susu Bubuk setiap hari. 


Tinggi, Tangguh, Tanggap


Konsumsi Indomilk Susu Bubuk Setiap Hari 


Meskipun awalnya sempat bingung Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa tahun, melihat Arya suka, saya jadi tidak ragu untuk memberi susu ini setiap hari. Setelah googling, akhirnya saya jadi tahu kalau susu bubuk ini bisa diberikan kepada anak usia lima sampai dua belas tahun. Alhamdulillah, jadi tidak khawatir soal usia aman untuk anak saat mengkonsumsi Indomilk Susu Bubuk. 

Susu bubuk untuk anak ini tersedia dalam dua varian rasa, coklat dan full cream. Arya sendiri lebih suka yang coklat, mungkin karena rasanya lebih gurih daripada yang full cream. Tapi setelah saya ingat-ingat lagi, sepanjang saya memberi susu untuk dia, memang dia lebih sering mengkonsumsi susu dengan rasa coklat. 

Selain tersedia dalam kemasan kardus dengan varian berat 400g dan 800g, juga tersedia kemasan sachet dengan varian coklat 37g dan full cream 27g. Kalau untuk anak yang mudah bosan dengan satu varian rasa, kemasan sachet ini membantu sekali untuk ibu-ibu supaya tidak bingung menghabiskan sisa susu. Bisa bergantian memberikan varian rasa supaya anak tidak bosan. 

Kalau kemasan sachet ini, bisa dibeli dengan harga Rp.3000,-/sachet, atau dengan harga Rp.25.500,-/renteng dengan isi 10 sachet. Ekonomis sekali sebenarnya. Dan mencarinya juga mudah kok, karena Indomilk Susu Bubuk ini tersedia toko-toko kelontong atau di toko-toko yang menjual makanan grosir. 


Dengan melihat banyaknya manfaat yang terkandung dalam Indomilk Susu Bubuk, serta harga yang terjangkau dan dua varian rasa yang enak, saya jadi tidak ragu lagi untuk memberikan susu bubuk ini kepada Arya setiap hari. Apalagi dia suka dan semangat saat minum susu ini. 

Selama tubuh anak tidak menolak dan tetap memberikan reaksi aman, tidak ada salahnya untuk mencobakan susu ini pada anak-anak kita. Selamat minum susu.
25 komentar on "Manfaat Susu Bubuk untuk Membantu Anak Lebih Tinggi, Tangguh dan Tanggap"
  1. Salah satu usaha untuk mencegah stunting dengan memberikan indomilk susu bubuk ini, ya

    BalasHapus
  2. merek ini sdh lama ya pastinya berkualitas

    BalasHapus
  3. Anakku bungsu kakyknya cocok nih, Mbak minum Indomilk yang bubuk ini. Dia malas olahraga setelah Taekwondo libur lama. Malas gerak jadinya, jadi tubuhnya agak kurang tinggi. Makasih yo infonya....

    BalasHapus
  4. Seneng banget liat anak-anak sehat yaa, Ria.
    Jadi tumbuh kembang optimal itu bisa didukung dari konsumsi susu bubuk Indomilk secara rutin, seperti Arya.

    Semangaatt, Arya..

    BalasHapus
  5. Baru tau ada susu bubuknya. Btw buat roti gitu selain yg kental manis biasanya aku taburin susu bubuk. Ini kayaknya enak buat itu.

    BalasHapus
  6. Wah, ini susunya Aqla... Tapi dia masih yang uht. Bulan ini kayaknya sudah bisa minum yang versi bubuk,baru jelang 5 tahun beberapa hari lagi😁.

    BalasHapus


  7. Brand Indomilk udah lejen banget dari dulu ya mba .. jaman kita masih kecil hehehe.. identik dengan SKM nya.

    Alhamdulillah kalau sudah ada susu bubuknya.. pasti lebih sehat dan baik buat anak. Tetap sehat ya mas Arya !

    BalasHapus
  8. Enak banget ya sekarang menyediakan minuman bernutrisi dengan jauuuh lebih mudah, anak anak juga bisa latihan bikin susu sendiri ini

    BalasHapus
  9. Anak2 kudu terpenuhi nutrisinya dengan baik ya Mba
    Karena memang momentum tumbuh kembang anak ini periode yg krusial banget
    Alhamdulillah ada Indomilk ya

    BalasHapus
  10. Aku juga suka susu Indomilk soale gak terlalu eneg buat aku yang bukan penggemar susu 🤭

    BalasHapus
  11. Waah kalau susu bubuk coklat sih kayaknya gakada deh anak2 yang nolah heheh...
    apalagi digadoin langsung #ups...jd inget zaman kecil

    BalasHapus
  12. sedih kalau lihat anak - anak korban stunting.. masri kita lawan dan pastikan gizi terbaik untuk anak - anak

    BalasHapus
  13. Susu Indomilk yg sachet ini terjangkau banget ya, bisa beli dimana saja dan kapan saja pas lagi di jalan misalnya.

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu Indomilk Susu Bubuk ada yang sachet. Ekonomis jadinya. Mana nutrisinya juga oke. Jadi pas banget buat nambah gizi anak biar tumbuh kembangnya maksimal

    BalasHapus
  15. sepintar klo cuma lihat gambarnya, aku kira bahas susu kental manis indomilk
    eh ternyata bahas susu bubuknya
    aku baru tahu klo susu bubuknya ada kemasam sachetnya juga

    BalasHapus
  16. Pengen beli indomilk sachet juga deh lebih gampang bikinnya ya, bocah bisa bikin sendiri terus takarannya pasti pas...

    BalasHapus
  17. Arya wajahnya fotogenic banget siih...
    Jadi pengen ikutan minum susu bubuk Indomilk niih...tante biar selalu semangat kaya Arya.

    BalasHapus
  18. Iya bener mba, saat memilih susu pertumbuhan untuk anak harus yang bisa mendorong tumbuh kembang anak dengan baik ya... dna senangnya sekarang susu pertumbuhan buat anak bisa tersedia dengan mudah di warung ya, jadi bisa dibeli kapanpun butuh

    BalasHapus
  19. Aku biasa kalau sachetan gini kupake bikin kue xD
    Cuma minum susu di masa perkembangan anak penting banget emang. Apalagi otaknya kudu nyerap banyak nutrisi

    BalasHapus
  20. ank aku juga minum susu indomilk bubuk nih mak, ternyata ada sachetnya yaaaa.. Kayanya lebih simpel bikinnya kalo sachet, ga perlu nuang nuang atau naker sendok ya.. hihi

    BalasHapus
  21. Baru tau nih kalau ada yang sachetan, lebih praktis yaaa.. Anak jadi bisa bikin sendiri karena tinggal sobek dan tuang, udah pas takarannya untuk sekali minum.

    BalasHapus
  22. Semoga tumbuh kembangnya semakin lancar dan juga bertambah cerdas yaa. Aku jadi inget dulu memang rajin dibuatkan susu dari jenis susu bubuk

    BalasHapus
  23. Wah ternyata manfaatnya banyak banget ya dari susu indomilk bubuk. Udah gitu harganya juga pas di kantong. Nggak salah kalau indomilk ini jadi susu andalan keluarga.

    BalasHapus
  24. Anakku tiga-tiganya minum susu ini mak..karena memang butuh buat pertumbuhannya. Apalagi mereka suka rasanya yang varian cokelat, harganya juga ramah banget di kantong

    BalasHapus
  25. Anak-anakku juga aku sediain Indomilk Susu Bubuk sachet di rumah, Mbak. Aku suka kemasan sachet karena udah ngga repot dengan takarannya. Anakku yang sulung pun jadi lebih mudah untuk bikin sendiri susu kesukaannya.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature