Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Resep Sayap Ayam Saos Teriyaki Hanya Dengan 6 Bahan

| on
Saturday, August 29, 2020

Assalamu’alaikum. 
Masak apa hari ini? 

Ini adalah pertanyaan yang buat saya bingung. Karena, saya bukan tipe perempuan yang pintar memasak dan tidak banyak kemampuan saya dalam memasak. Yang saya masak ya itu-itu saja. Semoga saja suami dan anak-anak tidak bosan >_< 

Lalu suami ajak saya nonton acara televisi yang judulnya Jamie Quick And Easy Food. Memasak hanya dengan 5 bahan saja. Kesannya mudah kan? Memang iya. Buat saya yang tidak banyak memiliki kemampuan memasak, acara televisi ini seperti sebuah pencerahan dari surga. Hahaha. 

Hanya saja, beberapa resep dari Jamie memang tidak bisa saya aplikasikan karena bahannya hanya ada di Amerika sana. Tapi, beberapa sudah saya olah dengan bahan pengganti yang mudah didapat di abang jual sayur. 

Salah satunya resep membuat lauk dengan bahan utama sayap ayam. Lama memasaknya sekitar 30-40 menit, tergantung pada banyaknya sayap ayam yang kita masak. Sebenarnya, Jamie memasak ayamnya dengan menggunakan minyak wijen yang keluar secara alami dari biji wijen yang kita tumis. Tapi karena cara ini tidak berhasil untuk saya, akhirnya saya menggunakan minyak wijen yang saya punya di dapur. 





Bahan: 


  • 10 potong sayap ayam 
  • 5 batang daun bawang 
  • 2 sendok makan biji wijen 
  • 4 buah lombok besar (jika ingin lebih pedas, bisa ditambah jumlahnya) 
  • 6 sendok makan saus teriyaki 
  • 5 sendok makan minyak wijen 


Cara Memasak: 

  • Cuci bersih sayap ayam, sisihkan. 
  • Cacah halus daun bawang. Bagi dua, untuk dimasak bersama sayap ayam dan untuk taburan setelah masakan sudah siap saji.

  • Belah lombok besar untuk mengambil bijinya, lalu potong dengan ukuran sedang. 
  • Tumis biji wijen hingga menguning keemasan dengan menggunakan api kecil. Jika sudah menguning, sisihkan. 
  • Gunakan wajan anti lengket yang bisa menampung seluruh ayam dengan baik. 

  • Beri minyak wijen, dan masukkan sayap ayam satu per satu sampai wajan terisi seluruhnya. Gunakan api sedang. 
  • Masak sayap ayam sampai setidaknya warnanya menjadi lebih pucat. Sesekali bolak-balik sayap ayam supaya tidak gosong. 
  • Jika sayap ayam sudah berubah warna, beri saos tiram. Bolak-balik sebentar sampai saos merata pada seluruh permukaan sayap ayam. 

  • Diamkan sebentar dengan mengecilkan apinya. 
  • Beri air panas ke dalam wajan, sampai sayap ayam terendam semua. Besarkan api sampai ukuran sedang. 
  • Masukkan lombok besar dan potongan daun bawang ke dalam wajan. 

  • Tunggu sampai air benar-benar berkurang. Sesekali aduk-aduk sayap ayam supaya air bisa menyerap dengan rata. 
  • Jika air sudah berkurang dan sudah mengeluarkan desisan, itu artinya sayap ayam sudah matang. 
  • Hidangkan di atas piring. Jangan lupakan sisa kuah yang sudah mengental yang ada di wajan ya. Tuang di atas sayap ayam yang sudah dihidangkan tadi. Ini yang bikin enak banget dan bikin ngiler. 
  • Taburi biji wijen dan daun bawang. Ayam sudah siap untuk disantap.

28 comments on "Resep Sayap Ayam Saos Teriyaki Hanya Dengan 6 Bahan"
  1. Uenak iki...
    Cucok buat sarapan dan bekal sekolah.Masaknya cepet tur dijamin anak2 doyan lan ngentokno sego semagic com

    ReplyDelete
  2. ya Allah ngences iki, aku suka ayam teriyaki

    ReplyDelete
  3. Sekarang resep simple lagi marak di YouTube. Tapi aku kok tetep males turun ke dapur ya, haha..

    Lihat masakan ayam tampaknya enak, tapi di rumah orang-orangnya males makan ayam. Tiap ada ayam, jarang kemakan. Enakan makan lauk yang gak tulang-tulangan kayak perkedel, dadar jagung, tahu tempe

    Eh, mbak sampean nek masak kok cek niat men sampe nggoreng wijen segala. Bumbunya juga lengkap ada minyak wijen, saori. Gak mesisan nyetok bawang putih bubuk? 😂. Baru tau aku ada bawang putih bubukan.. Cek praktise ya orang-orang sekarang..

    ReplyDelete
  4. Tengkiu resepnya Mbak, saya jadi kangen tante saya dong setelah baca ini, jadi ingat dulu masakan kebangsaan tante saya mirip ini, bedanya dia pakai saus Inggris, jadi masakannya ayam saus Inggris mulu.
    Tapi memang enak dan praktis sih :D

    Saya jadi pengen berkunjung dan minta resepnya deh, pengen mengulang makan masakan kayak gitu.

    Etapi sama teriyaki enakan mana ya?

    Kalau saya pakai kecap aja sih Mbak, kadang ya cuman kecap bawang putih, merica bubuk dan bawang bombay, sungguh praktis tapi bacanya : malas hahaha.

    Oh iya, saya juga kangen masakan pedas euy, udah lama, yang namanya cabe itu nggak pernah masuk masakan, saking saya masak buat dimakan semua orang termasuk si adik kecil :D

    ReplyDelete
  5. sayap ayam is a lyfe! alias favoritku mbak hahaha, suka krikitin tulangnya padahal kan dagingnya cuman sedikit. Dan liatnya ditaburi wijen dan daun bawang bikin ngiler

    ReplyDelete
  6. Aku kayaknya mau coba ini jugak ah mbaaaa
    skill memasakku juga ngisin-ngisini banget wkwkwkw
    jadi demen goreng frozen food aja, duuhhh

    ReplyDelete
  7. wah, hanya 5 bahan saja, simpel sekali resep si Jamie..dan Mba Ria akali minyak wijen yang keluar secara alami dari biji wijen yang ditumis dengan minyak wijen biasa plus wijennya. Keren banget idenya. Bisa ditiru nih, penampakannya menggoda. Dan ini sering ada di resto lho menunya..mending pandemi gini bikin sendiri ya kan

    ReplyDelete
  8. Heya gak pakai bawang-bawangan ya. Gampil ini mah, cuma malesnya mungkin hahahaha. Next bisa dieksekusi pakai bagian ayam yang lainnya

    ReplyDelete
  9. Duh, bikin ngiler banget deh!
    Memang kalau ngelihat resep kok kayak yang gampang yah tinggal jleb-jleb doang, tapi ketika dipraktekkan suka jauh dari harapan hahaha (malah tsurhat)

    ReplyDelete
  10. hahaha..saya nih penggemar resep-resep simple di cookpad maupun youtube. Lihat resep, kalau terasa ribet langsung cari versi simpelnya hahaha...

    ReplyDelete
  11. hihi, saori andelanku...saus tiram, saus teriyaki, saus asam manis untuk fuyunghai, lada hitam...anti gagal deh :) di akhir tambahin minyak wijen dan wijen...wah tambah wangi tuh

    ReplyDelete
  12. Wah ini resep andalan keluargaku. Jadinya aku selalu sedia deh Saos Teriyaki ini. Gak hanya ayam, daging sapi pun aku masak dengan bumbu Teriyaki ini. Multifungsi deh. Dan keluarga juga suka.

    ReplyDelete
  13. Praktis ya... Jadi pingin bikin juga ayam teriyaki buat makan nanti siang...

    ReplyDelete
  14. mbaa makasih banyak lho, aku jadi ada ide buat bikin ayam teriyaki siang ini hihi bikinnya mudah tinggal cemplung-cemplung haha

    ReplyDelete
  15. Sayap ayam teriyaki. Pasti ini yummy banget. Sering masak ayam, tapi aku gak pernah masak teriyaki. Apa perlu kucoba ini besok pas weekend. Bahan-bahannya juga enggak banyak, dan mudah semuanya.

    ReplyDelete
  16. Adududu sayappp.. Bagian yang sering aku beli Zuh. Enak banget ayam teriyaki, dinikmati pake nasi anget, ugh mwaknyuss

    ReplyDelete
  17. Bumbunya andalanku banget, hehehe. Aku juga paling gak ahli masak-masak, makanya selalu punya minyak wijen dan kawan-kawannya. Macam saus teriyaki atau saus tiram. Pokok ada bumbu-bumbu itu mah, rasa masakan aman dengan usaha minimal.

    ReplyDelete
  18. Hari ini ga masaaak, tadi ada kiriman sei sapiii , ohh cuma goreng2 mendoan ajaa buat temennya.
    Ahhh mauu atulah ayam teriyaki anti gagalnya hahaa
    Aku butuh olahan resep ayam yang biasanya di goreng, opor, pepes, bakar, hahhahaa

    ReplyDelete
  19. Wijen ini memberikan aroma yang khusus ya pada masakan. Boleh juga nih idenya untuk mengolah sayap ayam. Selama ini taunya ya hanya digoreng dan dibacem aja.

    ReplyDelete
  20. Aku pernah nyoba saos teriyaki ini. Tapi waktu itu di rumah keabisan minyak wijen. Jadilah rasanya kurang maksimal. Heu. Liat resep ini jd pengen masak deh

    ReplyDelete
  21. dulu saya kira bumbu ygmengental itu karena dikasih tepung kanji, kayak kalo bikin cap cay. ternyata dari saos teriyakinya sendiri toh. dan dikasih air hingga menyusut, saya kira gak pake. wkwkw. berarti selama ini saya salah masaknya

    ReplyDelete
  22. Aromanya kecium sampai sini Mam,e eheheh mau dong dikirimi wakakak
    jadi pengen praktik di rumah ada ayam, ikut resepnya ah

    ReplyDelete
  23. Hari ini di rumah menyediakan pepes ayam, Mbak. Baru beberapa hari yang lalu memasak ayam dengan kecap. Bedanya saya gak pakai wijen. kalau pakai wijen pasti tambah enak ya...

    ReplyDelete
  24. Hadeuh jd pengen deh bikin. Soalnya bosen ayam digoreng mulu haha. Kebetulan bahan2nya ada nih di rumah, eh kecuali wijen. Nyari di mana ya wijen? Udah jarang ke supermarket soalnya hehe

    ReplyDelete
  25. wohoo kalau mau dan sedikit kreatif di dapur sebenarnya menu-menu sederhana tapi citarasa resto itu bisa banget ya mba dibuat di rumah... hmm yammmi...

    ReplyDelete
  26. Sayap ayam ini bisa diganti fillet kali yaa...
    Anakku paling muales krokot-krokot. Maunya potong, masuk mulut.
    Huhuu~

    Enakk iki, Ri...
    Cocok untuk makan sekeluarga, kan anak-anak takut pedes yaa..
    ((padahal mamak suka sambel pooolll))

    ReplyDelete
  27. Aku juga beberapa kali bikin ginian. Praktis dan disukai anak-anak yang pasti. Jadi pilihan favorit akhirnya

    ReplyDelete
  28. Duh jadi ingin masak teriyaki juga deh, thanks yah resepnya.

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature