Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Lokasi Wisata Impian Untuk Solo Trip

| on
Sunday, August 23, 2020

Kalau saya ditanya ingin kemana saja? Saya akan jawab, banyak! Ya karena tidak terhitung jumlah tempat yang ingin saya datangi. Tapi kalau ditanya ulang dengan pertanyaan, “Kalau solo trip, kamu ingin kemana?” 

Selama ini, saya tidak pernah melakukan solo trip dalam jangka waktu lama untuk bersenang-senang. Maklum, sejak kecil saya ada batasan untuk keluar dari zona nyaman dan ada pengawasan orang tua. Kemana-mana ya perlu dikawal. Baru benar-benar boleh main-main ke rumah teman yang beda kota sendirian, ketika sudah masuk SMA. Itupun setelah melewati bujuk rayu dan meninggalkan nomer telepon rumah teman yang saya kunjungi. 

Itulah kenapa, saya selalu penasaran dengan solo trip. Banyak pertanyaan dalam benak saya tentang keinginan melakukan solo trip. Apakah saya mampu mengatur emosi saya sendiri saat saya solo trip? Apakah saya kuat berjalan sendiri mendatangi lokasi wisata satu ke lokasi wisata yang lainnya? Apakah saya mampu mengatur rencana perjalanan saya sendiri tanpa harus memikirkan keluarga di rumah yang saya tinggal? Apakah saya mampu menantang diri saya sendiri untuk tidak mudah mengeluh, saat mengalami kesulitan ketika perjalanan menuju lokasi wisata? Dan banyak pertanyaan-pertanyaan yang lain yang melintas bebas di kepala. 



Lalu ingin kemana kalau solo trip? Keliling Indonesia! Iya, keliling Indonesia! 

Saya pernah membaca sebuah quote di salah satu blog dengan niche jalan-jalan. Saya lupa milik siapa. Si penulis berkata kira-kira begini: 

Tuntaskan tempat wisata di Indonesia, barulah keliling dunia. Nanti kalian akan menyadari, bahwa wisata di Indonesia tidak kalah menarik dengan wisata yang ada di luar negeri. 

Quote ini menempel jelas di otak saya. Meskipun entah kapan saya bisa mengelilingi Indonesia untuk mendatangi lokasi-lokasi wisata yang melegenda, tapi setidaknya, saya sudah menanamkan doa dalam perjalanan impian saya ini. 

Kalau saya diberi kesempatan solo trip dalam jangka waktu dekat, lokasi mana saja yang ingin saya datangi? 



SEMARANG 


Ada panggilan yang entah dari mana untuk datang ke kota yang satu ini. Saya ingat betul, ketika perjalanan menuju ke Yogyakarta 8 tahun lalu untuk mengantar siswa-siswa saya study tour. Singgah di sebuah masjid di Semarang, dekat dengan Simpang Lima. 

Beranjak dari sholat subuh, bis yang kami naiki, berjalan pelan melintasi Simpang Lima. Gambaran perjalanan ini, begitu indah karena siluet matahari yang menimpa ujung langit, terekam jelas meskipun mata saya sayup-sayup masih mengantuk. 

Dalam hati saya berkata, okey, suatu saat saya ingin keliling Semarang. 
(Begitu mudahnya saya jatuh cinta dengan siluet matahari) 



ACEH


Lebih tepatnya, saya ingin merasakan mendatangi tempat yang memiliki peraturan berbeda ketimbang tempat lain yang ada di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan keislaman. Bukan saya penasaran dengan aturan-aturan yang ada di sana, tapi lebih penasaran pada suasana yang ada di sana ketika aturan-aturan keislaman diterapkan di masyarakat Aceh. 

Ada beberapa tradisi di Aceh yang membuat saya penasaran. Seperti tradisi Kopi Subuh, yaitu tradisi minum kopi selepas sholat subuh di warung-warung kopi yang tersebar di penjuru Aceh. Apakah tradisi ini diperbolehkan untuk perempuan? Nah ini, saya penasaran sama jawabannya. 

Selain itu, ingin tahu tari saman dari tempat asalnya. Yang langsung ditampilkan di Serambi Mekkah, dan ditarikan langsung oleh rakyat Aceh. Pernah sekali nonton tari saman di sebuah pertunjukan yang diadakan oleh salah satu perusahaan swasta di Gresik. Tapi jumlah penarinya tidak terlalu banyak. Itupun sudah bikin saya melongo karena mereka kompak sekali. 



PULAU KOMODO 


Ngapain ke sini? Ya lihat komodo lah. Penasaran, seberapa besar dan berbahayanya binatang yang dikatakan sebagai kerabat dinosaurus ini. Lebih tepatnya, bagaimana mengambil angle yang tepat berfoto dengan komodo, yang larinya saja melesat secepat itu dan ada larangan untuk mendekat. Receh ya? Tapi memang iya, dari dulu saya penasaran ingin ke sini. Kalau membawa anak kecil, sepertinya tidak memungkinkan. Jadi ya, kemon solo trip saja *ting ting 



RAJA AMPAT 


Ada yang bilang, main-mainlah ke Raja Ampat kalau ingin tahu surganya Indonesia. Ada saudara saya yang sudah pernah ke Raja Ampat. Dia cerita, ke sana memang lebih nyaman kalau bersama rombongan. Karena kenyamanan itulah, saya jadi penasaran rasanya solo trip ke sana. Tapi ya apa mungkin? Entahlah, Hahaha. Kan belum saya coba juga. 

.


Tapi kalau urusan menghalu, ada perjalanan impian yang sampai sekarang ingin saya lakukan. Datang ke konser idol Korea favorit saya, EXO. Karena dalam satu rangkaian tour, mereka akan mendatangi satu kota ke kota yang lain, satu negara ke negara yang lain, pasti seru kalau diikuti semuanya. Seru iya, tapi duit harus setebal duitnya Sultan Arab. Wkwkwkw. Kehaluan akut ini muncul karena tahun kemarin gagal total nonton konser mereka di Jakarta karena kalah war ticket *kraaaiii*. 

Oke, oke, back to reality. Kalian punya perjalanan impian ke mana? 


5 comments on "Lokasi Wisata Impian Untuk Solo Trip"
  1. wkwkwkwk war tiket iling Her Private Life tibak'e, ancen yo...fangirling iki kudu seterong wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Semoga diijabah.ketemu geup exo ne.Suk yen sido ketemu.Foto njur dipigura sing gudhe .ojo lali dilaminating yen udan ben gak tembus lan rusak foto karo grup exo.

    ReplyDelete
  3. Sama banget Mbak Ria, impian saya tuh bsia keliling Indonesia :D
    Pengen sih ke luar negeri, tapi lebih pengen keliling Indonesia dulu, banyak hal yang bisa di liat di sini, bahkan keliling Jawa Timur aja kece, apalagi keliling pulau-pulau di Indonesia ini:)

    ReplyDelete
  4. memang jalan2 itu menyenangkan apalagi ke tempat yang belum pernah

    ReplyDelete
  5. Aamiin, semoga keinginan solo travelingnya dapat terlaksana. Seru lho. Walaupun masih seumit, banyak manfaat solo traveling yg saya rasakan spt yg saya tulis di sini http://mydairynote.blogspot.com/2019/03/7-alasan-solo-traveling.html

    Salam kenal ya!

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature